Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal Pilihan Ganda Ulangan Harian, UTS, dan US Teks Berita Revisi Terbaru (Bag. 1)

ilmubindo.com Kali ini admin akan bagikan kepada rekan-rekan guru contoh soal Ulangan Harian, UTS, dan US Teks Berita Revisi Terbaru.
Contoh Soal Pilihan Ganda Ulangan Harian, UTS, dan US Teks Berita Revisi Terbaru (Bag. 1)
Teks berita berikut untuk soal nomor 1-4.
Beritadewata.com, Denpasar-Public Relation Embassy Of Sweden, Amreta Sidik, mengatakan setiap tahun pemerintah Swedia memberikan beasiswa sebanyak 275 beasiswa untuk seluruh dunia termasuk Indonesia. Tahun ini di Indonesia masuk dalam delapan negara prioritas untuk mendapatkan beasiswa.
"Seratus beasiswa yang dialokasikan untuk delapan negara prioritas termasuk Indonesia. Peluang mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan S2 ke Swedia sangat terbuka. Tahun ini sebanyak dua puluh mahasiswa Indonesia mendapatkan beasiswa ke Swedia," ujar Amreta saat melakukan Kampus Tour di Universitas Udayana, Kamis, (10/11/2016).
Dijelaskan Amreta bahwa untuk menyosialisasikan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Swedia ini, pihaknya melakukan Pameran Perguruan Tinggi Eropa. Pameran tahun ini diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya. Pameran tersebut diikuti oleh dua belas universitas terkemuka di Swedia. Selain melakukan pameran, mereka melakukan Kampus Tour di berbagai kota, seperti Surabaya di kampus Erlangga, Yogyakarta di Universitas Gadjah Mada, Bandung di Institut Teknologi Bandung, dan di Bali di Universitas Udayana, yang diikuti sembilan kampus ternama di Swedia.
"Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan Pendidikan Tinggi yang ada di Swedia, cara bersekolah di Swedia, kampus-kampus unggulan yang ada di Swedia, dan sekaligus mempromosikan beasiswa yang diberikan Pemerintah Swedia," jelasnya.

1. Infomasi pokok yang terdapat dalam lead atau teras teks berita tersebut ....
A. Public Relation Embassy Of Sweden, Amreta Sidik, memberikan beasiswa kepada para mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kuliah di Swedia.
B. Setiap tahun Pemerintah Swedia memberikan beasiswa sebanyak 275 beasiswa untuk mahasiswa di seluruh dunia termasuk Indonesia.
C. Pemerintah Swedia bekerja sama dengan Amreta Sidik untuk memberikan beasiswa sebanyak 275 beasiswa untuk seluruh mahasiswa Indonesia.
D. Indonesia termasuk negara yang masuk dalam delapan negara prioritas untuk mendapatkan beasiswa dari public Relation Embassy Of Swedan.

2. Unsur why dalam teks berita tersebut terdapat pada pernyataan ....
A. Peluang mahasiswa Indonesia untuk belajar S2 ke Swedia sangat terbuka dan tahun ini sebanyak dua puluh mahasiswa Indonesia mendapatkan beasiswa.
B. Amreta dan pihaknya melakukan Pameran Perguruan Tinggi Eropa untuk menyosialisasikan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Swedia.
C. Pameran tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Pendidikan Tinggi di Swedia dan kampus-kampus unggulan yang ada di Swedia.
D. Public Relation Embassy Of Sweden, Amreta Sidik, melakukan Kampus Tour di Universitas Udayana pada Kamis, 10 November 2016.

3. Pernyataan yang sesuai teks berita tersebut adalah ....
A. Pameran Perguruan Tinggi Eropa tahun ini diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta dan Surabaya.
B. Pameran Perguruan Tinggi Eropa tahun ini menampilkan sembilan universitas Gadjah Mada pada Kamis, 10 November 2016.
C. Amreta melakukan Kampus Tour di Universitas Gadjah Mada pada Kamis, 10 November 2016.
D. Tahun ini Indonesia masuk dalam dua puluh negara prioritas untuk mendapatkan beasiswa.

 4. Ringkasan teks berita tersebut adalah ....
A. Public relation Embassy Of Sweden, Amreta Sidik, bekerjasama dengan Pemerintah Swedia. Mereka bekerja sama memberikan 275 beasiswa untuk seluruh mahasiswa di dunia termasuk Indonesia. Seratus beasiswa dialokasikan untuk delapan negara prioritas termasuk Indonesia. Tahun ini Indonesia masuk dalam delapan negara prioritas untuk mendapatkan beasiswa.
B. Public relation Embassy Of Sweden, Amreta, melakukan Kampus Tour di Universitas Udayana pada Kamis, 10 November 2016. Amreta menyosialisasikan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Swedia di kota-kota besar di Indonesia, seperti Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya. Amreta juga mengunjungi beberapa kampus di kota-kota tersebut untuk memberikan sosialisasi beasiswa dari Swedia.
C. Mahasiswa Indonesia tahun ini memiliki peluang untuk melanjutkan S2 ke Swedia. Sebanyak 275 mahasiswa Indonesia mendapatkan beasiswa S2 ke Swedia. Public relation Embassy Of Sweden, Amreta Sidik, menyerahkan langsung beasiswa tersebut kepada mahasiswa di Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Udayana. Penyerahan itu dilaksanakan pada Kamis, 10 November 2016.
D. Tahun ini sebanyak dua puluh mahasiswa Indonesia mendapatkan beasiswa ke Swedia. Sosialisasi beasiswa dilakukan dengan melaksanakan Pameran Perguruan Tinggi Eropa dan Kampus Tour berbagai kota di Indonesia. Kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan pendidikan tinggi Swedia, kampus-kampus unggulan yang ada di Swedia, dan ajang promosi beasiswa diberikan Pemerintah Swedia.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Pilihan Ganda Ulangan Harian, UTS, dan US Teks Berita Revisi Terbaru (Bag. 1)