Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Pengertian Membaca Intensif dan Contoh Soal Menentukan Gagasan Utama dalam Teks

ilmubindo.com_ Membaca intensif adalah membaca sebuah teks bacaan secara mendalam untuk memperoleh pemahaman mengenai isi teks bacaan tersebut. Agar dapat memahami isi teks bacaan, kamu perlu mencari gagasan utama yang terdapat dalam teks bacaan tersebut. Gagasan utama adalah pikiran utama yang dikembangkan sehingga menjadi teks bacaan. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok atau pikiran utama.

Bacalah secara intensif teks berikut!
Melon di Oklahoma
 
Apakah melon termasuk buah-buahan atau sayur-mayur? Pertanyaan ini mengundang perdebatan di antara anggota senat di AS. Perdebatan itu muncul ketika negara bagian Oklahoma ingin menetapkan melon sebagai sayur resmi negara “menemani” stroberi yang telah ditetapkan sebagai buah resmi negara.

Pengertian Membaca Intensif dan Contoh Soal Menentukan Gagasan Utama dalam Teks
Senator Don Barrington mengatakan bahwa melon berasal dari keluarga mentimun dan labu sehingga digolongkan sebagai sayur-mayur. Namun, Senator Nancy Riley mengatakan bahwa berdasarkan kamus yang dia miliki, melon digolongkan sebagai buah-buahan. Setelah melalui perdebatan panjang, akhirnya para senator sepakat bahwa melon dapat digolongkan sebagai sayuran sekaligus buah-buahan. Kesepakatan itu pada akhirnya memuluskan jalan bagi melon untuk dapat menjadi sayur resmi negara. Diharapkan status melon sebagai sayur resmi negara segera ditetapkan.

Penemuan Perangkap Hama Kelapa

Pengertian Membaca Intensif dan Contoh Soal Menentukan Gagasan Utama dalam Teks
Balai Penelitian Kelapa (Balitka) Sulawesi Utara menemukan teknologi sederhana penangkal serangan hama sexava yang menyerang pohon kelapa. Teknologi sistem perangkap itu diharapkan dapat menekan lima puluh persen dari serangan hama itu. Kepala Balitka Sulut, Hengky Novarianto, di Manado, Rabu (18/4), mengatakan bahwa perangkap sexava tipe balitka dipasang pada batang kelapa sehingga dapat menangkap jenis sexava nimfa dan imago yang lewat pada batang. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemasangan perangkap selama satu bulan dapat menangkap rata-rata 3 nimfa/pohon dan 0,04 imago/pohon. “Diperkirakan paling lambat dalam enam bulan populasi hama dapat dikendalikan ke tingkat yang aman,” kata Hengky. Dengan teknologi ini, penggunaan insektisida oleh sebagian besar petani di daerah itu dapat ditiadakan. Diketahui bahwa insektisida memiliki efek samping negatif bagi lingkungan. Beberapa waktu lalu hama menyerang ribuan tanaman kelapa di Kabupaten Jailolo, Maluku Utara. Permasalahan itu tidak hanya terjadi di Maluku Utara, tetapi juga secara periodik terjadi di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Setelah membaca teks pertama, gagasan utama apa yang kamu temukan?
  2. Informasi apa yang kamu dapat setelah membaca teks pertama?
  3. Mengapa melon menjadi bahan perdebatan anggota Senat AS?
  4. Setelah menemukan pikiran utama pada teks pertama, temukan pikiran penjelasnya!
  5. Apakah isi teks kedua?
  6. Siapakah penemu perangkap hama kelapa?
  7. Siapakah Hengky Novarianto?
  8. Apakah penemuan itu berdasarkan penelitian? Penelitian apakah itu?
  9. Sebutkan informasi yang kamu dapatkan dari teks kedua tersebut!
  10. Temukan gagasan utama dari teks kedua!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Membaca Intensif dan Contoh Soal Menentukan Gagasan Utama dalam Teks