Contoh Soal Menentukan Informasi Tersurat Teks - UNBK SMP/MTs 2020

ilmubindo.com_ Teks mengandung informasi baik tersurat maupun tersirat. Makna tersurat adalah makna tertulis, eksplisit, atau tampak jelas dalam teks bacaan. Dapat pula dikatakan bahwa makna tersurat adalah makna yang secara langsung dinyatakan dalam teks bacaan. Kamu dapat menentukan informasi tersurat dalam teks biografi, informasi tersurat tersebut dapat ditemukan pada keistimewaan tokoh dan sifat atau sikap yang dapat di teladani dari tokoh tersebut.

Contoh Soal Menentukan Informasi Tersurat Teks - UNBK SMP/MTs 2020
www.ilmubindo.com

Contoh Soal UN:
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Ahmad Tohari lahir tanggal 13 Juni 1948 di Tinggarjaya, Kecematan Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah. Ahmad Tohari berasal dari keluarga santri. Ayahnya seorang kiai dan ibunya pedagang kain. Dari segi ekonomi, kehidupan keluarga Ahmad Tohari tidak kekurangan. Namun, lingkungan masyarakat di sekitarnya mengalami kelaparan.

Ahmad Tohari adalah seorang sastrawan yang terkenal sebagai pengarang trilogi Ronggeng Dukuh Paruk (1982), Lintang Kemukus Dinihari (1985), dan Jentera Bianglala (1986). Karya-karyanya mendapat penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Melalui novel Bekisar Merah, Ahmad Tohari meraih Hadiah Sastra ASEAN tahun 1995.

Ahmad Tohari menikah tahun 1970 dengan Siti Syamsiyah. Istrinya bekerja sebagai guru SD. Ahmad Tohari sangat menyayangi anak-anaknya. Dalam mendidik anak-anaknya, Ahmad Tohari menanamkan pendidikan keagamaan sejak dini. Menurutnya, agama merupakan satu-satunya laku utama mewujudkan kecintaan manusia kepada Tuhan dan manusianya. Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk salat berjamaah dan dia sebagai imamnya.

1. Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. penulis novel yang terkenal dengan karya triloginya.
B. penulis novel yang berasal dari keluarga santri
C. pemimpin redaktur majalah Merdeka Jakarta
D. sastrawan yang tanggap terhadap bencana kelaparan

Pembahasan:  
Biografi berisi paparan kehidupan tokoh sejak kecil sampai tua berikut jasa, karya, dan segala kegiatan baik yang berhasil dilaksanakannya. Ahmad Tohari merupakan sastrawan yang dikenal karena hasil-hasil karya sastranya yang berupa novel. Di antara novel-novelnya, yang terkenal adalah trilogi Ronggeng Dukuh Paruk, Lintang Kemukus Dinihari, dan Jentera Bianglala. Oleh karena itu, keistimewaan dari Ahmad Tohari adalah beliau merupakan penulis yang terkenal dengan karya triloginya.

Jawaban: A 
2. Hal menarik dari tokoh yang dapat diteladani adalah ....
A. Memberikan penghargaan kepada karya anak-anaknya
B. Menjadi imam saat salat berjamaah dengan anak-anaknya
C. Memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif
D. Mengajak keluarganya untuk mengaji secara rutin
Pembahasan: 
Keteladanan yang ditunjukkan oleh tokoh tersurat dalam cuplikan biografi tersebut, yaitu Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk salat berjamaah dan dia sebagai imamnya. Jadi, jawaban yang sesuai dengan teks biografi tersebut adalah B.

Jawaban: B

3.Bacalah teks biografi berikut!
Douwes Dekker dilahirkan pada tanggal 18 Oktober 1879 di Kota Pasuruan. Douwes Dekker terlahir dari keluarga berada. Douwes Dekker merupakan lulusan Gymnasium Koning Willem III School. Selepas lulus dari sekolah itu, ia diterima bekerja di perkebunan kopi di wilayah Malang, Jawa Timur. Di perkebunan itu ia melihat para pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena oleh para pengawas kebun. Tindakan semena-mena tersebut mendapat perlawanan dari Douwes Dekker. Ia sering membela pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena. Akibat tindakannya ini, ia cenderung dimusuhim oleh para pengawas kebun lain.

Sifat yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. kurang bergaul karena dari keluarga berada
B. menjalankan dengan baik pekerjaan di perkebunan kopi
C. membela pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena
D. bermusahan dengan para pengawas kebun kopi

Pembahasan:
Teks biografi tersebut membahas perjalanan hidup tokoh Douwes Dekker. Douwes Dekker bekerja di sebuah perkebunan kopi. Di perkebunan tersebut , Douwes Dekker membela pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena. Jadi, sifat yang dapat di teladani dari tokoh Douwes Dekker terdapat pada pilihan jawaban C.

Jawaban: C

4. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Hal yang paling berarti bagi orang tua adalah ketika bayinya belajar berinteraksi dengan orang terdekat atau orang lain. Saat ia beranjak menjadi batita/balita paling tidak ada lima gerakan tangan yang kalau bisa di lakukan dengan benar sudah bisa membuat orang tuanya dan orang disekelilingnya bahagia dan sangat bangga.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Orang tua yang kurang bahagia jika bayinya dapat berinteraksi dengan orang lain melalui lima gerakan tangan
B. Orang tua merasa bahagia jika bayinya dapat berinteraksi dengan orang lain melalui lima gerakan tangan
C. Lima gerakan tangan bayi akan membuat orang tuanya merasa bahagia dan bangga
D. Bayi yang berinteraksi dengan orang lain akan membuat orang tuanya merasa bahagia dan bangga

Pembahasan:
Jawaban B tepat karena mengandung informasi tersurat yang terdapat pada kutipan tersebut.

Jawaban: B

5. Bacalah kutipan teks ulasan berikut!
Keunggulan novel yang berjudul Surat Kecil untuk Tuhan dapat memberikan inspirasi  dan pembelajaran bagi pembaca ketika menghadapi ujian yang diberikan oleh Tuhan, kita harus sabar dan tabah seperti yang dialami oleh Keke dalam novel tersebut.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Novel berjudul Surat Kecil untuk Tuhan merupakan novel inspiratif untuk pembacanya supaya selalu berhati-hati dalam kehidupan
B. Novel berjudul Surat Kecil untuk Tuhan merupakan kisah nyata yang dialami tokoh ketika mendapatkan ujian dari Tuhan untuk tetap tabah dan sabar
C. Novel berjudul Surat Kecil untuk Tuhan dapat memberikan pembelajaran bagi pembacanya agar sabar dan tabah ketika mendapatkan ujian dari Tuhan
D. Novel berjudul Surat Kecil untuk Tuhan merupakan kisah kehidupan tokohnya yang tabah dan sabar ketika mendapatkan ujian dari Tuhan

Pembahasan:
Jawaban C merupakan informasi tersurat yang terdapat pada kutipan tersebut.

Jawaban: C

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Menentukan Informasi Tersurat Teks dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih jelas tentang contoh soal atau tipe soal yang akan keluar nantinya di ujian nasional tahun ini. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini membantu kalian memeroleh nilai terbaik UN tahun ini. Sukses selalu buat kalian semua.

BUKA SOAL