Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks - UNBK SMP 2020



ilmubindo.com_ Teks merupakan wacana tertulis yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Teks atau bacaan terdiri atas beberapa paragraf. Paragraf merupakan gabungan beberapa kalimat. Kalimat-kalimat tersebut saling berhubungan. Kalimat-kalimat tersebut juga memiliki gagasan atau ide yang sama. Tidak semua gabungan kalimat dapat disebut sebagai paragraf. Gabungan kalimat yang dibuat secara acak-acakan bukanlah paragraf. Untuk dapat menjadi paragraf, kalimat-kalimat harus kalian susun sehingga menjadi padu.

Di dalam sebuah paragraf biasanya terdapat satu gagasan utama atau ide pokok. Ide pokok atau gagasan utama lazimnya terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama biasanya terdapat di awal, tengah, atau akhir paragraf. Misalnya, jika kalimat topik berada pada kalimat terakhir, maka kalimat sebelumnya merupakan kalimat penjelas. Untuk menentukan gagasan utama, kamu terlebih dahulu harus menemukan kalimat topik atau kalimat utamanya.
Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Untuk memudahkan menyimpulkan paragraf, kamu harus mencari ide pokok tiap-tiap paragraf. Kemudian, kamu merangkai ide pokok tersebut. Selanjutnya, kamu meringkas ide tersebut menjadi satu kalimat.

Contoh Soal UN:
1. Bacalah paragraf berikut!
Trusmi merupakan desa yang dijuluki sebagai sentra batik Cirebonan. Hampir semua orang mengenal batik, bahkan masyarakat Tiongkok sangat menyukai motif-motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih lima kilometer ke arah barat Kota Cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal dapat ditemukan di desa tersebut. Motifnya pun sangat beragam, ada mahkota, mega mendung, dan motif-motif pesisiran lainnya.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Berbagai motif batik Cirebon
B. Produk batik rumahan dan pabrikan
C. Trusmi sebagai sentra batik Cirebon
D. Kegemaran orang Cina akan motif batik

Pembahasan:  
Paragraf tersebut membahas Desa Trusmi yang merupakan sentra batik khas Cirebon. Masyarakat dari berbagai daerah menyukai berbagai motif batik yang berasal dari desa ini. Pernyataan tersebut terletak di awal paragraf yang juga merupakan kalimat topik atau kalimat utama. Gagasan utama dapat ditemukan dalam kalimat utama. 

Jawaban: C
2. Bacalah paragraf berikut!
1) Pulau Lombok saat ini telah menjadi salah satu ikon wisata Indonesia. 2) Keindahan Pulau Lombok tiada duanya di Indonesia. 3) Sebagai salah satu pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pulau Lombok memiliki beragam kelebihan. 4) Keramahan masyarakat Sasak, keindahan pantai yang berpasir sangat putih, terumbu karang, dan kekayaan hayati yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri bagi Pulau Lombok. 5) Kemegahan Gunung Rinjani serta keunikan budaya Sasak banyak mengundang decak kagum wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Kalimat 1) mengandung gagasan pokok dalam paragraf tersebut. Kalimat yang mengandung gagasan pokok merupakan kalimat utama. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B, C, dan D merupakan kalimat penjelas dalam paragraf tersebut.

Jawaban: A

3. Bacalah paragraf berikut!
Diare merupakan salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Anggapan seperti itulah yang membuat beberapa orang menyepelekan diare. Mereka beranggapan bahwa diare merupakan hal wajar dan tidak perlu pengobatan secara khusus. Padahal, diare dapat membawa dampak yang menakutkan. Bahkan, diare juga dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya, terutama pada anak-anak. Korban jiwa dapat berjatuhan jika wabah diare tidak segera ditangani. Jadi, tidak ada salahnya jika kita melakukan usaha pencegahan mulai dari sekarang.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Diare merupakan penyakit yang dapat membawa kematian
B. Penyakit diare tidak boleh dianggap sepele kerana penyakit ini dapat mematikan.
C. Banyak yang menyepelekan penyakit diare dengan membiarkan penyakit diare. 
D. Dampak yang diakibatkan penyakit diare

Pembahasan:
Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian yang ada sebelumnya. Simpulan dapat diketahui dengan mencari kalimat utama dari paragraf tersebut. Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah pada pilihan jawaban B. Pilihan jawaban B mewakili isi bacaan tersebut.

Jawaban: B

4. Bacalah paragraf berikut!
Jamur memiliki sifat menetralkan racun dan zat-zat radio aktif di dalam tanah. Jamur dapat mencegah penyakit darah tinggi, menurunkan kolesterol darah, dan menambah vitalitas. Selain itu, kandungan lentinon dan retinan dalam jamur bermanfaat untuk mencegah tumor atau kanker. Berbagai manfaat tersebut membuktikan bahwa jamur mempunyai banyak khasiat.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. cara menetralkan racun
B. teknik pengolahan jamur
C. kandungan di dalam jamur
D. berbagai khasiat jamur

Pembahasan:
Paragraf tersebut membahas berbagai khasiat jamur bagi kesehatan. Pernyataab tersebut terdapat di akhir paragraf sebagai simpulan kalimat-kalimat sebelumnya. Oleh karena itu, gagasan utama paragraf tersebut terletak di akhir paragraf.

Jawaban: D

5. Bacalah paragraf laporan berikut!
1) Salah satu ekosistem di Indonesia yang masih terjaga adalah kawasan Gunung Kidul. 2) Di daerah itu sungai di bawah tanah airnya melimpah. 3) Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitopplankton. 4) Fitopplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai angka ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Kalimat 1) mengandung gagasan pokok dalam paragraf tersebut. Kalimat yang mengandung gagasan pokok merupakan kalimat utama. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B, C, dan D merupakan kalimat penjelas dalam paragraf tersebut.

Jawaban: A

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia. Semoga soal-soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya yang yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini bermanfaat buat kalian semua. Selamat belajar dan semoga apa yang cita-citakan dapat tercapai dengan baik. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks - UNBK SMP 2020

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template