Contoh Soal Menilai Keunggulan/Kelemahan Teks - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_ Sebuah karya sastra, nonsastra, film, maupun drama dapat dinilai. Penilaian karya tersebut berdasarkan keunggulan atau kelemahannya. Kegiatan menilai keunggulan atau kelemahan adalah bagian dari resensi. Resensi adalah tulisan berisi ulasan, pertimbangan, atau pembicaraan suatu karya (sastra, nonsastra, film, atau drama). Resensi bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang sebuah karya sastra patut mendapat sambutan atau tidak. Resensi buku identuik dengan bedah buku, tinjauan buku, dan timbangan buku.

Contoh Soal Menilai Keunggulan/Kelemahan Teks - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

Ragam bahasa yang digunakan dalam meresensi buku harus komunikatif dan menarik. Penulisan resensi bertujuan untuk memberikan rangsangan kepada pembaca agar membaca atau memiliki buku tertentu. Simpulan resensi biasanya berusaha menyakinkan pembaca agar membaca buku yang diulas. Resensi buku berisi hal-hal berikut.
  1. Identitas buku (judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal halaman).
  2. Sinopsis, unsur ekstrinsik, intrinsik (untuk buku fiksi), dan gambaran isi buku (untuk buku nonfiksi)
  3. Nilai buku (kelebihan dan kelemahan buku)
  4. Keterbacaan atau kecocokan pembacanya.
Contoh Soal UN:
1. Bacalah identitas buku berikut!
Judul : Bertanam jagung Unggul
Penulis : Ir. Purwono, M.S & Rudi Hartono, S.P.
Jenis : nonfiksi
Penerbit : Agro Media
Cetakan Tahun : Cetakan I Tahun 2012
Jumlah halaman : 67 halaman
Ukuran buku : 16 x 20 cm
Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah ....
A. Ir.  Purwono, M.S. lahir di Surabaya, 12 Mei 1967.  Ia seorang penyuluh pertanian di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Berkat kemampuan dan keuletannya mempelajari varietas jagung unggul, ia dikenal sebagai ahli tanaman jagung. Bersama rekannya sesama penyuluh, Rudi Hartono, S.P. ia berkolaborasi menerbitkan buku yang berjudul Bertanam Jagung Unggul ini.
B. Menurut saya buku Bertanam Jagung Unggul ini memiliki kelebihan pada petunjuk-petunjuk praktis yang memudahkan pembaca, khususnya mahasiswa dalam mempelajari cara bertanam jagung. Bahasa sederhana dan ringkas memudahkan juga para petani jagung untuk menerapkan berbagai teknik bertanam jagung unggul.
C. Menurut saya kekurangan dalam buku ini dalam menyediakan gambar-gambar pendukung. Terkadang ada petunjuk yang sulit dipraktikkan karena ketiadaan gambar pendukung. Gambar-gambar sangat penting dalam jenis buku seperti ini.
D. Penemuan jagung varietas unggul ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para petani jagung. Dengan sedikit biaya perawatan, keuntungan besar siap diraih. Melalui metode dan teknik praktis dalam buku ini siapa pun dapat mencoba bertanam jagung jenis unggul ini.

Pembahasan: 
Keunggulan buku merupakan kelebihan buku yang diresensi. Paragraf yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada pilihan jawaban B. Pilihan jawaban A merupakan keterangan tentang pengarang. Pilihan jawaban C merupakan kelemahan buku. Pilihan jawaban D merupakan sinopsis buku.

Jawaban: B

2. Bacalah identitas buku berikut!
Judul : Dahsyatnya Hypnopparenting
Editor : Yoan Destarina
Jenis  : Nonfiksi
Penerbit : Penebar Plus+
Cetakan Tahun : Cetakan I Tahun 2010
Jumlah Halaman : 120 halaman
Paragraf yang menyatakan kelemahan buku adalah ....
A. Kesuksesan berangkat dari keluarga. Dari keluargalah seorang dibentuk karakternya. Namun dalam perjalanannya, banyak orang tua yang menemui berbagai kesulitan dalam mendidik anak. Anak malas belajar, tidak suka makan, kurang percaya diri, anak yang nakal, dan masih banyak lagi. Hypnoperenting adalah salah satu solusi bagi para orang tua yang menemui kesulitan tersebut.
B. Orang tua menjadi pelaku penting dalam Hypnoparenting ini. Dalam praktiknya, hypnoparenting adalah proses sugestif dengan menanamkan kalimat-kalimat yang bersifat positif, sebagai contoh, "kamu pintar dan rajin. Kamu senang belajar dan selalu mengerjakan tugas dengan baik."
C. Ditulis dengan bahasa yang lugas nan santai dan berorientasi ke dalam keluarga, buku ini sangat cocok dibaca oleh kalangan remaja. Kalimat-kalimat sugestif yang ada pada buku ini sangat bermanfaat dan dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
D. Banyak desain gambar animasi terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditunjukkan untuk dibaca orang tua. Selain itu, terdapat banyak istilah bahasa asing yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua.

Pembahasan: 
Kelemahan buku terdapat pada pilihan jawaban D. Perhatikan kata kunci kekurangan dalam pargraf tersebut. Pilihan jawaban A merupakan pendahuluan. Pilihan jawaban B merupakan sinopsis. Pilihan jawaban C merupakan keterbacaan atau kecocokan pembacanya.

Jawaban: D

3. Cermatilah teks laporan berikut!
1) Ekosistem di Indonesia, yang masih terjaga salah satunya adalah, kawasan Gunung Kidul. 2) Di daeraj itu sungai di bawah tanah, airnya melimpah. 3) Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar, dan fitoplankton. 4) Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik. 5) Hewan-hewan melata atau reptil, seperti ular, kadal, dan tokek masih berkeliaran.

Kelemahan teks laporan di atas adalah penggunaan tanda baca koma pada kalimat nomor ....
A. 1) dan 2)
B. 2 ) dan 3)
C. 3) dan 3)
D. 4) dan 5)

Pembahasan:
Tanda koma digunakan antara lain jika terdapat rincian lebih dari dua dan memisahkan anak kalimat dengan induk kalimatnya. Tidak terdapat dua hal tersebut pada kalimat nomor 1 dan 2.

Jawaban: A

4. Cermatilah teks ulasan berikut!
1) Sepertinya, Guntur Soeharjanto memang senggaja kembali memberikan sentuhan film sukses tersebut pada Assalamualaikum Beijing. 2) Mulai dari gaya narasi hingga gaya traveling dengan membawa kamera yang sangat identik dengan film 99 Cahaya di Langit Eropa. 3) Mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai tempat wisata seperti misalnya Beijing dan Tiongkok yang sangat indah sekali. 4) Anda seperti diajak untuk merasakan serunya mengunjungi tempat wisata di sana. 5) Yang pasti hal itu akan menggugah Anda untuk jalan-jalan ke Beijing.

Ketidakefektifan teks ulasan di atas terdapat pada nomor ....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)

Pembahasan: 
Ada penggunaaan kata yang berlebihan sehingga tidak efektif, yaitu seperti misalnya, sangat indah sekali.

Jawaban: C

5. Cermatilah teks prosedur berikut!
Tas Cantik dari Kerdus
Untuk memanfaatkan kerdus bekas menjadi barang yang bermanfaat, berikut adalah alat dan bahan serta beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan. Siapkanlah alat-alat dan bahan-bahan berikut.
1. Kerdus bekas
2. Tali rafia
3. Plastik transparan putih
4. Kertas kado
5. Jarum kasur
6. Lem
7. Gunting
8. Tali untuk pegangan tas

Setelah itu, ikutilah langkahp-langkah pembuatan tas cantik berikut.
Pertama, gunting kerdus sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, dalam contoh ini tas yang dibuat berbentuk persegi panjang. Ke dua, setelah digunting, bungkus sekeliling dinding kerdus bagian luar dengan kertas kado sampai rapi. Ke tiga, lalu bungkus kembali dengan menggunakan plastik transparan putih agar lebih awet dan tahan lama. Ke empat, jahit semua sisi kerdus dengan menggunakan tali rafia dan jarum kasur. Ke lima, setelah semua sisi dijahit masing-masing sisi kemudian dijadikan satu dengan cara dijahit juga. Ke enam, beri lubang untuk pegangan kemudian beri tali. Ke tujuh, jadilah tas cantik dari kerdur bekas.

Kelemahan teks prosedur tersebut adalah ....
A. penggunaan langkah-langkah
B. penggunaan ejaan salah
C. tidak adanya judul
D. tidak adanya tujuan

Pembahasan:
Ada penggunaan ejaan yang salah misalnya kerdus yang benar kardus, ke dua, ke tiga, ke empat, dan seterusnya penulisannya dirangkai.

Jawaban: B

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal menilai keunggulan dan kelemahan teks dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh soal UN terbaru bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL