Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan UN/UNBK SMP/MTs 2018 Keunggulan dan Kelemahan Karya Sastra dan Nonsastra

ilmubindo.com_ Sebuah karya sastra, nonsastra, film, maupun drama dapat dinilai. Penilaian karya tersebut berdasarkan keunggulan atau kelemahannya. Kegiatan menilai keunggulan atau kelemahan adalah bagian dari resensi. Resensi adalah tulisan berisi ulasan, pertimbangan, atau pembicaraan suatu karya (sastra, nonsastra, film, atau drama). Resensi bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang sebuah karya sastra patut mendapat sambutan atau tidak. Resensi buku identuik dengan bedah buku, tinjauan buku, dan timbangan buku.

Ragam bahasa yang digunakan dalam meresensi buku harus komunikatif dan menarik. Penulisan resensi bertujuan untuk memberikan rangsangan kepada pembaca agar membaca atau memiliki buku tertentu. Simpulan resensi biasanya berusaha menyakinkan pembaca agar membaca buku yang diulas. Resensi buku berisi hal-hal berikut.
  1. Identitas buku (judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal halaman).
  2. Sinopsis, unsur ekstrinsik, intrinsik (untuk buku fiksi), dan gambaran isi buku (untuk buku nonfiksi)
  3. Nilai buku (kelebihan dan kelemahan buku)
  4. Keterbacaan atau kecocokan pembacanya.
www.ilmubindo.com

Contoh Soal Tipe UN/UNBK dan Pembahasan
1. Bacalah identitas buku berikut!
Judul                  : Bertanam jagung Unggul
Penulis               : Ir. Purwono, M.S.
                            Rudi Hartono, S.P.
Jenis                   : nonfiksi
Penerbit              : Agro Media
Cetakan Tahun   : Cetakan I Tahun 2012
Jumlah halaman : 67 halaman
Ukuran buku      : 16 x 20 cm
Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah ....
A. Ir.  Purwono, M.S. lahir di Surabaya, 12 Mei 1967.  Ia seorang penyuluh pertanian di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Berkat kemampuan dan keuletannya mempelajari varietas jagung unggul, ia dikenal sebagai ahli tanaman jagung. Bersama rekannya sesama penyuluh, Rudi Hartono, S.P. ia berkolaborasi menerbitkan buku yang berjudul Bertanam Jagung Unggul ini.
B. Menurut saya buku Bertanam Jagung Unggul ini memiliki kelebihan pada petunjuk-petunjuk praktis yang memudahkan pembaca, khususnya mahasiswa dalam mempelajari cara bertanam jagung. Bahasa sederhana dan ringkas memudahkan juga para petani jagung untuk menerapkan berbagai teknik bertanam jagung unggul.
C. Menurut saya kekurangan dalam buku ini dalam menyediakan gambar-gambar pendukung. Terkadang ada petunjuk yang sulit dipraktikkan karena ketiadaan gambar pendukung. Gambar-gambar sangat penting dalam jenis buku seperti ini.
D. Penemuan jagung varietas unggul ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para petani jagung. Dengan sedikit biaya perawatan, keuntungan besar siap diraih. Melalui metode dan teknik praktis dalam buku ini siapa pun dapat mencoba bertanam jagung jenis unggul ini.

Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Keunggulan buku merupakan kelebihan buku yang diresensi. Paragraf yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada pilihan jawaban B. Pilihan jawaban A merupakan keterangan tentang pengarang. Pilihan jawaban C merupakan kelemahan buku. Pilihan jawaban D merupakan sinopsis buku.

2. Bacalah identitas buku berikut!
Judul                 : Dahsyatnya Hypnopparenting
Editor                : Yoan Destarina
Jenis                  : nonfiksi
Penerbit             : Penebar Plus+
Cetakan Tahun  : Cetakan I Tahun 2010
Jumlah Halaman : 120 halaman
Paragraf yang menyatakan kelemahan buku adalah ....
A. Kesuksesan berangkat dari keluarga. Dari keluargalah seorang dibentuk karakternya. Namun dalam perjalanannya, banyak orang tua yang menemui berbagai kesulitan dalam mendidik anak. Anak malas belajar, tidak suka makan, kurang percaya diri, anak yang nakal, dan masih banyak lagi. Hypnoperenting adalah salah satu solusi bagi para orang tua yang menemui kesulitan tersebut.
B. Orang tua menjadi pelaku penting dalam Hypnoparenting ini. Dalam praktiknya, hypnoparenting adalah proses sugestif dengan menanamkan kalimat-kalimat yang bersifat positif, sebagai contoh, "kamu pintar dan rajin. Kamu senang belajar dan selalu mengerjakan tugas dengan baik."
C. Ditulis dengan bahasa yang lugas nan santai dan berorientasi ke dalam keluarga, buku ini sangat cocok dibaca oleh kalangan remaja. Kalimat-kalimat sugestif yang ada pada buku ini sangat bermanfaat dan dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
D. Banyak desain gambar animasi terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditunjukkan untuk dibaca orang tua. Selain itu, terdapat banyak istilah bahasa asing yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua.

Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Kelemahan buku terdapat pada pilihan jawaban D. Perhatikan kata kunci kekurangan dalam pargraf tersebut. Pilihan jawaban A merupakan pendahuluan. Pilihan jawaban B merupakan sinopsis. Pilihan jawaban C merupakan keterbacaan atau kecocokan pembacanya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan UN/UNBK SMP/MTs 2018 Keunggulan dan Kelemahan Karya Sastra dan Nonsastra