Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Menentukan Bagian Cerpen dan Fabel - UNBK SMP 2020



ilmubindo.com_ Cerpen dan Fabel merupakan jenis prosa fiksi. Cerpen dan fabel memiliki unsur pembangun yang sama. Berikut unsur pembangun cerpen dan fabel. Perwatakan: Cara pengarang menggambarkan watak tokoh (penokohan). Latar: Keterangan tentang tempat, waktu, dan suasana. Alur: Rangkaian peristiwa membentuk cerita dengan dasar hubungan sebab akibat. Tema:Pokok pikiran pengarang. Amanat: Pesan yang disampaikan pengarang. Gaya bahasa: Corak pemakaian bahasa. Sudut pandang
a. Sudut pandang orang ketiga
Pengisahan cerita pada umumnya mempergunakan sudut pandang orang ketiga. Pengarang adalah seseorang yang berada di luar cerita yang menampilkan tokoh-tokoh cerita dengan menyebut nama diri atau kata ganti orang ketiga. Kata ganti orang tersebut misalnya Leo, Nanda, ia, dia, mereka.
b. Sudut pandang orang pertama
Dalam pengisahan cerita yang mempergunakan sudut pandang orang pertama, pengarang adalah seseorang yang ikut terlibat dalam cerita. Ia adalah si "aku", tokoh yang berkisah mengisahkan kesadaran diri sendiri.
c. Sudut pandang campuran
Dalam pengisahan cerita, pengarang menggabungkan penggunaan sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga.

Contoh Soal Menentukan Bagian Cerpen dan Fabel - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

Cara menentukan penokohan atau karakter tokoh dapat digambarkan dengan dua cara, antara lain sebagai berikut.
1. Teknik analitik, karakter tokoh diceritakan secara langsung oleh pengarang.
2. Teknik dramatik, karakter tokoh dikemukakan melalui:
  •  pengambaran fisik dan perilaku tokoh.
  • penggambaran lingkungan kehidupan tokoh
  • penggambaran tindakan tokoh
  • pengungkapan jalan pikiran tokoh
  • penggambaran oleh tokoh lain
  • penggambaran melalui dialog antartokoh
Konflik dapat ditentukan oleh kehadiran masalah dalam cerita. Berbagai perbedaan antartokoh menjadi masalah yang menimbulkan konflik antarpelaku. Masalah tersebut membuat cerita menjadi hidup 

Contoh Soal UN:
Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 1-3!
....
Selamat pagi duniaaa! Hatiku bersorak. Aku telah sampai di sekolah lebih pagi dari biasanya. Aku menunggu di depan kelas, biasanya Lion lewat sini pagi-pagi. Benar saja, lima menit kemudian Lion menampakkan batang hidungnya. Jantungku berdegup kencang. Tubuhku kaku seketika.
"Mla Mas Lion!" Aku memanggilnya dengan terbata-bata, lidahku kelu. "Mlm Mas, selam..mat..uul..ang tt...tah...un," kataku sambil menyodorkan kado yang telah kupersiapkan kemarin. Kini napasku tersengal. Kata-kataku sungguh kacau. Lion tidak menjawab. Ia tampak aneh. Mukanya memerah. Ia menunduk seperti salah tingkah.
Aku menunduk, mukaku kacau. Lion masih saja tak menjawab. Ia malah berlari kencang meninggalkanku. Sepertinya ia takut, gugup, atau apalah.

1. Latar kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. siang hari, di sekolah
B. siang hari, di kelas
C. pagi hari, di sekolah
D. pagi hari, di kelas

Pembahasan:  
Latar merupakan keterangan tempat, waktu, dan lingkungan/sosial. Latar yang tampak dalam cuplikan cerpen tersebut adalah latar waktu dan latar tempat. Berdasarkan isi cerpen tersebut, peristiwa terjadi yaitu pagi hari di sekolah. Latar tempat bukan di dalam kelas karena dalam cerita disebutkan bahwa tokoh menunggu temannya di depan kelas, bukan di dalam kelas. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Jawaban: C
2. Bukti yang menunjukkan watak pemalu tokoh Lion adalah ....
A. paragraf kedua, kalimat kedelapan
B. paragraf kedua, kalimat ketujuh
C. paragraf ketiga, kelimat kedua
D. paragraf ketiga, kalimat ketiga

Pembahasan: 
Watak tokoh Lion digambarkan pemalu. Bukti watak pemalu Lion ditunjukkan melalui tindakan tokoh Lion, yaitu pada kalimat Mukanya memerah. Kalimat tersebut terdapat pada paragraf kedua, kalimat ketujuh.

Jawaban: B

3. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Lion yang pemalu adalah ....
A. diceritakan oleh tokoh lain
B. tindakan tokoh
C. percakapan antartokoh
D. diceritakan oleh pengarang.

Pembahasan:  
Watak tokoh Lion digambarkan pemalu. Bukti watak pemalu Lion ditunjukkan oleh tokoh tersebut. Hal tersebut terdapat pada paragraf kedua kalimat ketujuh cerpen tersebut. Pilihan jawaban yang benar sesuai cerpen adalah B.

Jawaban: B

4. Bacalah penggalan cerpen berikut!
Pagi ini Ibu menyuruhku berbelanja sedikit lebih banyak. Ada warga asing yang datang. Home stay. Orang Jepang. Sebetulnya dari mana pun itu aku tak peduli. Ada atau tidaknya orang baru di sekitarku, aku tak pernah menghiraukan. Toh mereka pun tak akan merasakan keberadaanku. Hari-hariku selain membantu Ibu kuhabiskan di dalam kamar. Menatap lambaian pepohonan kelapa dari balik jendela.

Latar suasana penggalan cerpen tersebut adalah ....
A. terharu
B. sunyi
C. sedih
D. senang

Pembahasan:
Suasana sunyi tergambar dalam kutipan tersebut. Terlihat dalam kalimat "Toh mereka pun tak akan merasakan keberadaanku. Hari-hariku selain membantu ibu kuhabiskan di dalam kamar. Menatap lambaian pepohonan kelapa dari balik jendela".

Jawaban: B

5. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Hei apa sih?" Dia datang ke mejaku dan itu membuat kelas hening seketika. Seisi kelas melihat ke arah kami.
"Maksudmu apa ada seorang nenek suka padaku? Nenek itu memberikan apa? Ini kosong", kata laki-laki itu.
"Hah?!!!" Aku seketika berdiri dan mengambil kotak anyaman berisi jam tangan itu. Jujur ucapannya yang mengatakan ada seorang nenek yang menyukainya itu membuatku hampir tertawa, tetapi ketika dia mengatakan isinya kosong, aku bahkan lupa kalau aku ingin tertawa.
"Ada, harusnya ada," kataku.
"Aku ingat betul, sesaat sebelum kuberikan tadi aku sudah pastikan jamnya ada di sana. Aku sempat membukanya lagi sebentar. Tapi, kenapa hilang?"

Konflik kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. nenek memberikan sebuah jam tangan kepadaku
B. aku menerima jam tangan pemberian nenek
C. jam tangan hilang
D. jam tangan dicuri

Pembahasan:
Konflik adalah ketegangan atau pertentangan di dalam cerita rekaan atau drama. Ketegangan terjadi ketika ternyata jam tangan yang diberikan menghilang sehingga menimbulkan pertentangan antara tokoh "Aku" dan tokoh "laki-laki".

Jawaban: C

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Menentukan Bagian-Bagian Cerpen dan Fabel. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami contoh soal dan pembahasan tentang bagian-bagian cerpen dan fabel dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Menentukan Bagian Cerpen dan Fabel - UNBK SMP 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /