Contoh Soal Membandingan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_ Penggunaan bahasa dan pola penyajian teks kadang-kadang berbeda. Beberapa jenis tekstersebut dapat dibandingkan dari segi penggunaan bahasa dan pola penyajiannya. Bahasa dalam teks laporan menggunakan bahasa baku dan tidak baku. Penggunaan bahasa baku dalam teks laporan terdapat pada laporan hasil observasi dan teks berita. Akan tetapi, dalam teks laporan perjalanan dapat menggunakan bahasa baku dan bahasa tidak baku. Begitu pula jenis teks yang lain seperti teks eksposisi, teks ulasan, teks biografi, teks prosedur, dan teks tanggapan kritis menggunakan bahasa baku.

Pola penyajian setiap teks dapat berbeda-beda. Sebagai contoh pola penyajian teks berita akan berbeda dengan pola penyajian teks laporan hasil pengamatan atau observasi. Pola penyajian teks berita dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W+1H. Setiap kalimat merupakan jawaban atas satu pertanyaan. Pola penyajian dalam teks laporan berupa pembuat laporan, objek yang diamati, waktu pengamatan, tempat pengamatan, tujuan pengamatan, dan hasil pengamatan.

Contoh Soal Membandingan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

Contoh Soal UN:
1. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus, Minggu (11/11). Dengan lontaran abu letusan hingga ketinggian 600 meter dari Kawah Tompaluan, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, meminta masyarakat sekitar tidak beraktivitas dalam radius 2,5 km dari kawah tersebut untuk mencegah jatuhnya korban jiwa.
Teks 2
Perjalan kami dari Kota Malang ke Gunungkidul diawali iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Aku sendiri heran, kenapa mesti ke Gunungkidul. itu kan jauh dari Malang. Padahal bisa aja hang out ke cafe sekitar Kota Malang, toh sama aja rasanya. Ternyata melepaskan rasa galau di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Gunungkidullah tempat kealamian masih ada. Natural dan indah. Gunungkidul merupakan kawasan karst dengan pantai-pantai indah yang masih alami.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: Efektif, Teks 2: Tidak Efektif
B. Teks 1: Baku, Teks 2: Tidak baku
C. Teks 1: Mudah dipahami. Teks 2: Berbelit-beli
D. Teks 1: Santai, Teks 2: Resmi

Jawaban: B

2. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Pernah dengar kan wisata Gunung Bromo? Gak kebayang deh aku bakal wisata ke sana. Selama ini cuma ada di angan-anganku aja, pergi ke tempat yang tinggi dengan suhu udara dingin banget. Tempat yang katanya menjanjikan keindahan. Ya ...akhirnya aku pergi juga wisata ke sana, Gunung Bromo. Aku pergi ke sana bersama rombongan teman-teman dari Jogja.
Teks 2
Imran, Yogi, Syamsul, dan kawan-kawan pecinta alam akan pergi mengunjungi sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Merapi. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka liburan sekolah. Kegiatan ini bukan hanya sekadar mengunjungi desa. Mereka akan melakukan kegiatan penyelamatan bumi. Rencananya, mereka juga akan melakukan kegiatan bersih lingkungan dan menanam pohon.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: tidak baku; Teks 2: baku
B. Teks 1: resmi; Teks 2: santai
C. Teks 1: mudah dipahami; Teks 2: berbelit-belit
D. Teks 1: efektif; Teks 2: tidak efektif

Jawaban: A

3. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Kasat lalu lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
Teks 2
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: diawali apa; Teks 2: diawali mengapa
B. Teks 1: diawali siapa; Teks 2: diawali mengapa
C. Teks 1: diawali apa; Teks 2: diawali bagaimana
D. Teks 1: diawali mengapa; Teks 2: diawali bagaimana

Jawaban: B

4. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Maman, pedagang bawang merah di Pasar Plered, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/5), mengatakan dirinya menjual bawang merah kepada konsumen hanya mengambil untuk Rp500,00 per kg. Merosotnya harga bawang di tingkat konsumen berkurang. "Jumlah pelanggan saya sekarang berkurang setengahnya sehingga bawang merah lama lakunya. Biasanya setiap hari bisa menghabiskan satu sampai tiga kuintal, tapi sekarang berkurang banyak," katanya.
Teks 2
"Harga bawang merah di Makassar turun menjadi Rp10.000,00 per kg dari sebelumnya Rp35.000,00 sampai Rp40.000,00 per kg. Hal ini dikarenakan petani sedang panen raya," kata Habib (45), petani di daerah Makassar, Senin (22/6).
Ia mengatakan bahwa dengan penurunan harga bawang merah tersebut, uang dari musim panen sekarang pupus. Harga bawang merah terus menurun.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: siapa, di mana, kapan, mengapa; Teks 2: mengapa, siapa, di mana, kapan
B. Teks 1: di mana, kapan, siapa, mengapa; Teks 2: Mengapa, siapa, di mana, kapan
C. Teks 1: siapa, mengapa, di mana, kapan; Teks 2: di mana, siapa, kapan, mengapa
D. Teks 1: di mana, kapan, siapa, mengapa; Teks 2: di mana, mengapa, siapa, kapan

Jawaban: D

5. Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel 1
Aku akan meninggalkan tempat itu dengan kedamaian hidup tanpa mengerjakan sesuatu pun. Aku telah mengenal kemalasan yang sesungguhnya. Dan, aku akan kembali ke rumahku yang dulu. Kebun di halaman depan tidak bisa kubayangkan lagi. Sekarang mungkin ibuku telah merombaknya.
Novel 2
Tiba-tiba seperti halilintar menggores langit, mengkilatlah suatu pikiran yang terang dan tegas dalam hati Hasan, seakan-akan sinar ilham yang terang benderang menyibakkan tabis gelap, terang sekali seakan-akan pikirannya.
Berpikirlah ia: Auah sudah tidak ada lagi. Tapi aku, Ibu Fatimah masih ada ....

Perbedaan sudut pandang kedua novel tersebut adalah ....
A. Novel 1: orang pertama pelaku utama; Novel 2: orang ketiga di luar cerita
B. Novel 1: orang pertama pelaku sampingan; Novel 2: orang ketiga dalam cerita
C. Novel 1: orang ketiga serba tahu; Novel 2: orang pertama pelaku utama
D. Novel 1: orang ketiga di luar cerita; Novel 2: orang pertama pelaku sampingan

Jawaban: A

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Perbandingan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini bermanfaat dalam membantu anak didik memahami lebih dalam tentang penggunaan bahasa dan pola penyajian dalam UN bahasa Indonesia kelas 9. Selamat belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL