Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Perbandingan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks UN/UNBK 2018 SMP/MTs

ilmubindo.com_ Penggunaan bahasa dan pola penyajian teks kadang-kadang berbeda. Beberapa jenis tekstersebut dapat dibandingkan dari segi penggunaan bahasa dan pola penyajiannya. Bahasa dalam teks laporan menggunakan bahasa baku dan tidak baku. Penggunaan bahasa baku dalam teks laporan terdapat pada laporan hasil observasi dan teks berita. Akan tetapi, dalam teks laporan perjalanan dapat menggunakan bahasa baku dan bahasa tidak baku. Begitu pula jenis teks yang lain seperti teks eksposisi, teks ulasan, teks biografi, teks prosedur, dan teks tanggapan kritis menggunakan bahasa baku.

Pola penyajian setiap teks dapat berbeda-beda. Sebagai contoh pola penyajian teks berita akan berbeda dengan pola penyajian teks laporan hasil pengamatan atau observasi. Pola penyajian teks berita dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W+1H. Setiap kalimat merupakan jawaban atas satu pertanyaan. Pola penyajian dalam teks laporan berupa pembuat laporan, objek yang diamati, waktu pengamatan, tempat pengamatan, tujuan pengamatan, dan hasil pengamatan.

Perbandingan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks UN/UNBK 2018 SMP/MTs
www.ilmubindo.com

Contoh Soal Tipe UN/UNBK dan Pembahasan

1. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus, Minggu (11/11). Dengan lontaran abu letusan hingga ketinggian 600 meter dari Kawah Tompaluan, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, meminta masyarakat sekitar tidak beraktivitas dalam radius 2,5 km dari kawah tersebut untuk mencegah jatuhnya korban jiwa.
Teks 2
Perjalan kami dari Kota Malang ke Gunungkidul diawali iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Aku sendiri heran, kenapa mesti ke Gunungkidul. itu kan jauh dari Malang. Padahal bisa aja hang out ke cafe sekitar Kota Malang, toh sama aja rasanya. Ternyata melepaskan rasa galau di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Gunungkidullah tempat kealamian masih ada. Natural dan indah. Gunungkidul merupakan kawasan karst dengan pantai-pantai indah yang masih alami.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
 No
Teks 1
 Teks 2
 A.
 Efektif
 Tidak efektif
 B.
 Baku
 Tidak baku
 C.
 Mudah dipahami
 Berbelit-belit
 D.
 Santai
 Resmi

Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Bahasa dalam teks laporan menggunakan bahasa baku dan tidak baku. Teks I merupakan  laporan pengamatan. Laporan tersebut menggunakan bahasa baku. Teks II merupakan laporan perjalanan. Teks tersebut menggunakan bahasa tidak baku. Perhatikan kata-kata aja, kenapa, mesti, dan toh. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

2. Bacalah kedua teks berikut!
Teks Berita 1
Masyarakat Aceh kembali diliputi kepanikan Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR), mengguncang Kota Sabang, Provinsi Aceh. Gempa ini tidak berpotensi tsunami, informasi yang diperoleh dari BMKG, gemoa terjadi pada Sabtu, 29 Juni 2012, pukul 18.24 WIB. Gempa diperkirakan terjadi di titik koordinat 5,90 LU dan 92,69O BT. Pusat gempa terjadi di 290 km barat laut Sabang, 295 km barat laut Banda Aceh.
Teks Berita 2
Gempa berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Simeule, Provinsi Aceh. Gempa dipastikan tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Berdasarkan informasi dari situs Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 00.07 WIB, Jumat, 12 Oktober 2012. Gempa berlokasi di titik koordinat 1,35O LU dan 92,12O BT dengan kedalaman 10 kilometer.

Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Meskipun mengandung informasi yang sama, penyajian berita setiap surat kabar berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W + 1H. Selain itu, pertanyaan yang dapat diajukan yaitu berapa. Setiap kalimat berita merupakan jawaban atas satu pertanyaan. Teks berita 1 diawali unsur berita siapa (Masyarakat Aceh). Sementara itu, teks berita 2 diawali unsur berita di mana (di Kabupaten Simeule). Jadi, perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah Teks berita 1 diawali dengan kata tanya siapa dan teks berita 2 diawali kata tanya di mana.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbandingan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks UN/UNBK 2018 SMP/MTs