Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Bercerita dengan Urutan yang Baik, Suara, Lafal, Intonasi, Gestur, dan Mimik yang Tepat

ilmubindo.com_ Ketika kalian mempunyai pengalaman yang menarik, tentunya kalian ingin menceritakannya pada teman atau sahabat kalian. Menceritakan pengalaman, peristiwa, atau kejadian pada orang lain dapat disebut bercerita. Mendongeng juga merupakan salah satu bentuk bercerita.

Bercerita dengan Urutan yang Baik, Suara, Lafal, Intonasi, Gestur, dan Mimik yang Tepat

Bagaimana cara mendongeng yang baik? Dalam pelajaran ini kalian akan memelajarinya. Mendongeng adalah menyampaikan atau menceritakan dongeng kepada orang lain (dalam hal ini adalah teman-teman kalian di kelas). Oleh karena itu, sebelum mendongeng, kalian harus memerhatikan beberapa teknik.

a. Urutan yang baik, berkaitan dengan alur cerita. Alur cerita harus berjalan dengan baik sehingga ceritanya menjadi jelas ketika didengar.

b. Suara, berhubungan dengan lafal dan intonasi kalian. Lafal berhubungan dengan ketepatan pengucapan, sedangkan intonasi berhubungan dengan naik turunnya nada. Hal ini harus kalian perhatikan karena lafal dan intonasi yang baik membuat pendengar mengerti akan jalan cerita yang kalian sampaikan.

c. Gestur atau gerak tubuh, membantu dalam penceritaan agar pendengar bisa ikut membayangkan suasana cerita.

d. Mimik atau gerak wajah, bisa membantu pendengar untuk membayangkan suasana yang terdapat dalam cerita. Misalnya, ketika tokoh merasa sedih, kalian bisa menampilkan mimik kalian yang bersedih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bercerita dengan Urutan yang Baik, Suara, Lafal, Intonasi, Gestur, dan Mimik yang Tepat