Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal dan Pembahasan Materi UN/UNBK SMP Tahun 2018: Komentar Terhadap Isi, Pola Pengembangan, dan Bahasa Karya Sastra

ilmubindo.com_ Setiap karya sastra perlu diberi komentar atau penilaian oleh pembaca. Komentar atau penilaian terhadap karya sastra dari segi isi, pola pengembangan, dan bahasa. Seseorang yang akan memberi komentar harus membaca karya itu terlebih dahulu. Jika sudah dicermati benar, barulah ia dapat mengomentari karya yang bersangkutan.

Memberi komentar atau penilaian terhadap suatu karya sastra terdapat dalam resensi. Salah satu unsur resensi tersebut berupa keunggulan atau kelemahan karya sastra tersebut.

Contoh Soal Tipe Ujian Nasional/UNBK dan Pembahasan

1. Bacalah kutipan data buku berikut!
Judul novel      : Rindu
Pengarang        : Tere Lite
Penerbit           : Republika
Tahun terbit     : 2014
Tebal halaman : 544 halaman


Contoh Soal dan Pembahasan Materi UN/UNBK SMP Tahun 2018: Komentar Terhadap Isi, Pola Pengembangan, dan Bahasa Karya Sastra
www.ilmubindo.com

Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah ....
A. Novel ini bercerita tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan. Perjalanan kerinduan yang membawa banyak masalah yang menjadi beban di hati. Mulai dari menghadapi perjalanan dengan penuh dosa pada masa lalu si tokoh menjalani hidupnya dengan penuh kebencian karena kehilangan cintanya.
B. Buku ini memiliki kelebihan bahwa alur cerita sangat menarik dan mengalir untuk dibaca. Selain itu, menyajikan nuansa latar yang berbeda. Peristiwa kehidupan yang terjadi di atas kapal ibarat kapal uap yakni sebuah kampung. 
C. Buku ini memiliki kekurangan. Kekurangan buku ini terletak pada sampul buku yang kurang menarik. Sampul buku tersebut tidak sebanding dengan isinya yang menarik untuk dibaca.
D. "Apalah arti memiliki, ketika diri sendiri bukanlah milik kami? Apalah arti kehilangan, ketika kamu menangis terluka atas perasaan yang seharusnya indah? Bagaimana mungkin, kami terduduk patah hati atas sesuatu yang seharusnya suci dan tidak menuntut apapun? Bukankah ada kerinduan saat kami hendak melupakan? Hingga rindu dan melupakan jaraknya setipis benang saja?"

Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Keunggulan buku terdapat pada pilihan B. Perhatikan kata kunci kelebihan dalam paragraf tersebut. Pilihan jawaban A merupakan sinopsis buku. Pilihan jawaban C merupakan kelemahan buku. Pilihan jawaban D merupakan pendahuluan dalam resensi.

2. Bacalah kutipan data buku berikut!
Judul buku : Fairish
Penulis       : Esti Kinasih
Penerbit     : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan      : Ke-18, Juli 2012
Tebal          : 304 halaman
Jenis buku  : Fiksi remaja

Paragraf yang menyatakan kelemahan buku adalah ....
A. Novel ini memiliki kekurangan yaitu menggunakan bahasa campuran. Dengan demikian, isi novel sulit dimengerti oleh para pembaca.
B. Novel Fairish memiliki kelebihan yaitu sangat menarik dibaca para remaja. Novel Fairish menceritakan indahnya masa SMA.
C. Esti Kinasih lahir di Jakarta, 9 September 1971. Mantan karyawan bank ini juga pecinta alam. Kebiasaan sebagai pecinta alam, lebih sering menyendiri, memberi Esti banyak inspirasi untuk menulis. Pada 2004 lahirlah novel pertamanya berjudul Fairish.
D. Novel ini mengusung tema masa SMA dengan menggunakan alur campuran (maju dan mundur). Tokoh dalam novel ini yaitu David, Metha, Alfa, Wulan, Viorish, Udin, Vaya, Sagara, dan Daniar.

Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Kelemahan buku terdapat pada pilihan jawaban A. Perhatikan kata kunci kekurangan. Pilihan jawaban B merupakan kelebiihan buku. Pilihan jawaban C merupakan identitas pengarang. Pilihan jawaban D merupakan sinopsis.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+