Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel (Bag. 4)

ilmubindo.com_ Kali ini kita akan melanjutkan pelajaran kita dalam membahas soal-soal ujian nasional mata pelajaran bahasa Indonesia bagian 4 dengan materi indikator Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel. Semoga bermanfaat.

Bacalah kedua kutipan fabel berikut!
Kutipan Fabel 1
Seekor singa merengut dan menderam kepada seekor nyamuk yang asyik terbang berlegar di kepalanya ketika dia cuba melelapkan mata.
"Pergi kamu dari sini sebelum aku memijakmu dengan kakiku," ngaumnya.
"Aku tidak takut padamu!" kata nyamuk memperolok-olokkannya.
"Kamu mungkin digelar Raja Rimba, tapi aku lebih kuat daripada kamu. Aku juga boleh membuktikannya. Mari berlawan dan siapa yang menang," singa pun setuju.
Nyamuk dengan pantas menjunam ke arah singa dan mengigitnyabertalu-talu dihidung dan telinganya. Ketika cuba memijak nyamuk itu, singa tercakar diri sendiri dengan kukunya yang tajam hingga berdarah.
"Cukup, cukuplah! Kamu menang," jerit singa.

Contoh Soal dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel (Bag. 4)
www.ilmubindo.com

Kutipan Fabel 2
Pada suatu musim yang sangat kering, di mana saat itu burung-burung pun sulit mendapatkan sedikit air untuk diminum, seekor burung gagak menemukan sebuah kendi yang berisikan sedikit air. Tetapi kendi tersebut merupakan sebuah kendi yang tinggi dengan leher kendi sempit. Bagaimana pun burung gagak tersebut berusaha untuk mencoba meminum air yang berada dalam kendi, ia tetap tidak dapat mencapainya. Burung gagak tersebut hampir merasa putus asa dan merasa akan mati karena kehausan.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah ....


 Kutipan Fabel 1
Kutipan Fabel 2
 A.
 Menggunakan majas
 Menggunakan ungkapan
 B.
 Bahasa mudah dipahami
 Bahasa sulit dipahami
 C.
 Kalimat menggunakan dialog
 Kalimat tidak menggunakan dialog
 D.
 Menggunakan bahasa Melayu
 Menggunakan bahasa Indonesia

Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Kutipan fabel menggunakan bahasa Melayu. Penggunaan kata-kata Melayu tersebut antara lain merungut, menderam, cuba, memijak, dll. Kutipan fabel 2 menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+