Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel (Bag. 3)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan kepada kalian pembahasan lanjutan bagian 3 di materi indikator Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel. Semoga contoh soal ini membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal ujian terbaru 2018. Semoga bermanfaat.

Bacalah kedua kutipan kedua fabel berikut!
Kutipan Fabel 1
Buaya dan burung penyanyi bersahabat akrab. Hari ini mereka asyik bercakap. Burung penyanyi bertengger di hidung buaya. Namun beberapa saat kemudian, buaya merasa mengantuk. Ia menguap dan membuka mulutnya lebar-lebar. Oh, burung penyanyi yang bertengger di hidung buaya terpeleset masuk ke dalam mulut buaya. Sayangnya, buaya tidak tahu. Ia bingung mencari burung penyanyi yang kini tak ada lagi di hidungnya.
"Aneh! Ke mana burung penyanyi?" gumam buaya." Ia pasti sedang mengajakku bercanda."
Buaya melihat ke belakang, ke ekornya. Namun burung itu tidak ada. Buaya lalu mencari burung penyanyi di semak-semak. Ia memasukkan moncongnya ke semak-semak di tepi sungai. Namun burung penyanyi tetap tidak ditemukannya.
"Ke mana ia?" gumam buaya kembali.

Contoh Soal dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel (Bag. 3)
www.ilmubindo.com

Kutipan Fabel 2
Setelah lama terdiam, "Hmm, aku ada ide," kata si kancil tiba-tiba.
"Tapi kau harus menolongku," lanjut kancil.
"Begini, kau bilang pada harimau kalau aku telah menghajarmu karena telah menggangguku. Katakan juga pada si harimau bahwa aku telah menghajar siapa saja yang berani menggangguku, termasuk harimau, karena aku sedang menjalankan tugas penting," kata kancil kepada kelinci.
"Tugas penting apa, Cil?" tanya kelinci heran.
"Sudah, bilang saja begitu, kalau si harimau nanti mencariku, antarka ia ke bawah pohon besar di ujung jalan itu. Aku akan menunggu harimau di sana."
"Tapi aku takut, Cil. Bener nih rencanamu akan berhasil?" tanya kelinci.
"Percayalah padaku, kalau gagal jangan sebut aku si kancil yang cerdik.
"Iya, iya. Aku percaya, tapi kamu jangan sombong, nanti malah kamu jadi lebih sombong dari si harimau."

Perbedaan pola pengembangan cerita pada kutipan fabel tersebut adalah ....


 Kutipan Fabel 1
Kutipan Fabel 2
 A.
 Menggunakan alur maju
 Menggunakan alur sorot balik
 B.
 Menggunakan alur sorot balik
 Menggunakan alur maju
 C.
 Menggunakan sebutan aku
 Menggunakan sebutan nama tokoh
 D.
 Menggunakan paparan
 Menggunakan bentuk dialog

Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Kutipan fabel 1 menggunakan pola pengembangan dalam bentuk paparan. Kutipan fabel 2 menggunakan pola pengembangan dalam bentuk dialog antartokoh, yaitu kancil dan kelinci. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban D.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+