Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Mengomentari Unsur Intrinsik Karya Sastra - UNBK SMP 2020


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Setiap karya sastra perlu diberi komentar atau penilaian oleh pembaca. Komentar atau penilaian terhadap karya sastra dari segi isi, pola pengembangan, dan bahasa. Seseorang yang akan memberi komentar harus membaca karya itu terlebih dahulu. Jika sudah dicermati benar, barulah ia dapat mengomentari karya yang bersangkutan. Memberi komentar atau penilaian terhadap suatu karya sastra terdapat dalam resensi. Salah satu unsur resensi tersebut berupa keunggulan atau kelemahan karya sastra tersebut.
Contoh Soal Mengomentari Unsur Intrinsik Karya Sastra - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

Contoh Soal UN:
1. Bacalah kutipan data buku berikut!
Judul novel : Rindu
Pengarang : Tere Lite
Penerbit : Republika
Tahun terbit : 2014
Tebal halaman : 544 halaman
Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah ....
A. Novel ini bercerita tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan. Perjalanan kerinduan yang membawa banyak masalah yang menjadi beban di hati. Mulai dari menghadapi perjalanan dengan penuh dosa pada masa lalu si tokoh menjalani hidupnya dengan penuh kebencian karena kehilangan cintanya.
B. Buku ini memiliki kelebihan bahwa alur cerita sangat menarik dan mengalir untuk dibaca. Selain itu, menyajikan nuansa latar yang berbeda. Peristiwa kehidupan yang terjadi di atas kapal ibarat kapal uap yakni sebuah kampung. 
C. Buku ini memiliki kekurangan. Kekurangan buku ini terletak pada sampul buku yang kurang menarik. Sampul buku tersebut tidak sebanding dengan isinya yang menarik untuk dibaca.
D. "Apalah arti memiliki, ketika diri sendiri bukanlah milik kami? Apalah arti kehilangan, ketika kamu menangis terluka atas perasaan yang seharusnya indah? Bagaimana mungkin, kami terduduk patah hati atas sesuatu yang seharusnya suci dan tidak menuntut apapun? Bukankah ada kerinduan saat kami hendak melupakan? Hingga rindu dan melupakan jaraknya setipis benang saja?"

Pembahasan: 
Keunggulan buku terdapat pada pilihan B. Perhatikan kata kunci kelebihan dalam paragraf tersebut. Pilihan jawaban A merupakan sinopsis buku. Pilihan jawaban C merupakan kelemahan buku. Pilihan jawaban D merupakan pendahuluan dalam resensi.

Jawaban: B

2. Bacalah kutipan data buku berikut!
Judul buku : Fairish
Penulis : Esti Kinasih
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Ke-18, Juli 2012
Tebal : 304 halaman
Jenis buku : Fiksi remaja

Paragraf yang menyatakan kelemahan buku adalah ....
A. Novel ini memiliki kekurangan yaitu menggunakan bahasa campuran. Dengan demikian, isi novel sulit dimengerti oleh para pembaca.
B. Novel Fairish memiliki kelebihan yaitu sangat menarik dibaca para remaja. Novel Fairish menceritakan indahnya masa SMA.
C. Esti Kinasih lahir di Jakarta, 9 September 1971. Mantan karyawan bank ini juga pecinta alam. Kebiasaan sebagai pecinta alam, lebih sering menyendiri, memberi Esti banyak inspirasi untuk menulis. Pada 2004 lahirlah novel pertamanya berjudul Fairish.
D. Novel ini mengusung tema masa SMA dengan menggunakan alur campuran (maju dan mundur). Tokoh dalam novel ini yaitu David, Metha, Alfa, Wulan, Viorish, Udin, Vaya, Sagara, dan Daniar.

Pembahasan:
Kelemahan buku terdapat pada pilihan jawaban A. Perhatikan kata kunci kekurangan. Pilihan jawaban B merupakan kelebiihan buku. Pilihan jawaban C merupakan identitas pengarang. Pilihan jawaban D merupakan sinopsis.

Jawaban: A

3.Bacalah kutipan cerpen berikut!
Pak Pos kemudian pergi untuk mengantarkan kiriman ke alamat-alamat yang dituju. ketika hendak mengantarkan amplop berisi Kartu Indonesia Sehat di desa sebalah, rumah si penerima dalam keadaan tertutup. Rumah itu cukup besar berlantai 2 berpagar tembok setinggi tiga meter. Pintu pagarnya digembok.
Pak Pos bertanya-tanya, bagaimana mungkin rakyat yang punya rumah sebesar itu juga berhak menerima Kartu Indonesia Sehat? Pak Pos kemudian tiba-tiba teringat cerita rekan-rekannya bahwa memang ada rakyat yang sebetulnya sudah cukup kaya tapi mengaku miskin.
"Kayaknya ini salah alamat, biar nanti dikembalikan ke pengirimnya saja," kata Pak Pos. Lalu Pak Pos mencoba bertanya sambil memperlihatkan amplop lain kepada tetangga sebelah rumah itu. "Kalau nama ini alamatnya mana, ya?"
"Di desa ini, hanya ada satu nama ini. Tapi ini nama Pak Kades."
Pak Pos tersentak sambil memperhatikan nama yang tertera di amplop itu, yang sudah tidak asing lagi baginya. Sebab, nama itu memang nama Pak Kades yang sudah lama dikenalnya. Jelas sangat aneh. "Bagaimana mungkin Pak Kades juga mendapat Kartu Indonesia Sehat?" tanyanya sambil mengeleng-gelengkan kepala.
"Mungkin dulu didata belum  jadi Kepala Desa dan mengaku sebagai rakyat miskin.
"Ya, bisa jadi," tukas Pak Pos sambil menahan rasa geli.

Komentar sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Sikap tokoh Pak Pos yang berbuat adil kepada siapa pun patut ditiru
B. Sikap tokoh Pak Pos yang menjalankan tugasnya patut ditiru
C. Sikap tokoh Pak Kades yang mengaku rakyat miskin tidak patut ditiru
D. Sikap tokoh Pak Kades yang memalsukan alamatnya tidak tatut ditiru

Pembahasan:
Kutipan cerpen tersebut menceritakan tokoh Pak Pos yang bertugas mengantarkan Kartu Indonesia Sehat. Kartu tersebut diperuntukkan rakyat miskin. Akan tetapi, tokoh Pak Pos merasa heran karena terdapat nama tokoh Pak Kades di dalam daftar nama penerima Kartu Indonesia Sehat. Komentar atau tanggapan yang sesuai dengan isi cerpen tersebut terdapat pada pilihan jawaban C. Sikap tokoh Pak Kades yang mengaku rakyat miskin tidak patut ditiru.

Jawaban: C

4. Bacalah kutipan fabel berikut!
Suatu hari bunga sepatu terlihat layu. Serbuk sarinya pun menjadi hambar di mulutnya. Karena tidak kuat menahan lapar, Kupu-Kupu Kuning segera mencari bunga yang lain. Setelah terbang kesana kemari akhirnya terlihat juga bunga yang sedang mekar. Namun, ada kupu-kupu lain yang hinggap terlebih dahulu. Kupu-Kupu Kuning pun kembali tidak mendapatkan makanan.
Perutku lapar, bolehkah aku ikut menikmati sari bunga itu?" tanya Kupu-Kupu memelas.
"Maaf, bunga ini menjadi persediaan makananku setiap hari," jawab si Kupu-Kupu Orange.
"Tolonglah aku, dari pagi aku belum makan," rengek si Kupu-Kupu Kuning.
Merasa kasihan, Kupu-Kupu Orange akhirnya mempersilakan tamunya untuk makan.
"Memang persediaan makananmu yang dulu di mana?" tanya Kupu-Kupu Orange.
"Di depan rumah ujung sana," Jawab Kupu-Kupu Kuning sambil tangannya menunjuk ke barat.
Kupu-Kupu Kuning melanjutkan, "Tapi beberapa hari ini terlihat layu dan tidak segar lagi, padahal tanah dalam pot masih terlihat basah.
Kupu-Kupu Orange menjelaskan bahwa tanah yang hanya disiram belum tentu subur. Tanah yang subur itu harus ada cacingnya sebagai pengembur tanah.
"Di dalam pot ini juga ada cacingnya," lanjut Kupu-Kupu Orange
Setelah mendengarkan penjelasan itu, Kupu-Kupu Kuning menjadi sadar. Ia menyesali perbuatannya karena pernah mengusir Cacing cokelat dari potnya. Walaupun wajah Cacing Cokelat buruk rupa, ternyata sangat berguna untuk pertumbuhan bunga sepatu miliknya.

Komentar sesuai pola pengembangan cerita kutipan fabel tersebut adalah ....
A. Tokoh-tokoh dalam kutipan fabel tersebut tidak perlu diceritakan secara detail
B. Konflik yang terjadi antartokoh dalam kutipan fabel tersebut kurang dijelaskan secara detail
C. Unsur-unsur intrinsik seperti latar dan tema tidak terlalu tampak jelas dalam kutipan fabel tersebut
D. Amanat dalam kutipan fabel tersebut tidak dituliskan secara langsung sehingga membuat pembaca kebingungan.

Pembahasan:
Kutipan fabel tersebut menceritakan tokoh Kupu-Kupu Kuning yang kesulitan mencari makan karena pernah mengusir tokoh Cacing Cokelat dari Potnya. Cacing Cokelat dapat menyuburkan tanah tempat hidup bunga. sumber makanan tokoh Kupu-Kupu Kuning. Akan tetapi, konflik yang terjadi antara tokoh Kupu-Kupu Kuning dengan Cacing Cokelat tidak ditampilkan dalam kutipan fabel tersebut.

Jawaban: B

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9 komentar terhadap isi, pola pengembangan dan bahasa. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh soal terbaru UN bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga kalian sukses.

BUKA SOAL


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Mengomentari Unsur Intrinsik Karya Sastra - UNBK SMP 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /