Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal, Materi, dan Pembahasan Soal UN/UNBK SMP Bahasa Indonesia Tahun 2018: Mengubah Teks ke dalam Bentuk Lain

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan Contoh Soal, Materi, dan Pembahasan Soal UN/UNBK SMP Bahasa Indonesia Tahun 2018: Mengubah Teks ke dalam Bentuk Lain. Semoga materi yang admin  bagikan ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal ujian terbaru tahun 2018. Selamat belajar, semoga kalian sukses.
Contoh Soal, Materi, dan Pembahasan Soal UN/UNBK SMP Bahasa Indonesia Tahun 2018: Mengubah Teks ke dalam Bentuk Lain

Mengubah teks ke dalam bentuk lain disebut konversi. Konversi adalah perubahan dari suatu sistem pengetahuan ke sistem yang lain. Dengan demikian, mengonversi berarti mengubah atau melakukan perubahan. Kegiatan mengonversi merupakan kegiatan mengubah satu jenis tulisan ke dalam jenis tulisan atau teks lain. Kegiatan tersebut dilakukan tanpa mengubah isi pokok teks, misalnya mengubah laporan, eksposisi, prosedur kompleks ke dalam bentuk lain. Dalam praktiknya, mengonversi dapat berupa pengubahan teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel ke dalam bentuk teks lainnya.

Contoh Soal Tipe Ujian Nasional dan Pembahasan
Meskipun pemerintah melarang transaksi spesies hewan langka, dalam praktiknya populasi hewan yang dilindungi makin berkurang. Dengan beragam motif, manusia makin berusaha memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah terintegrasi dalam proses pelestarian hewan langka tersebut.

Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam usaha pelestarian hewan langka antara lain sebagai berikut. Pertama, memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian hewan langka. Kedua, membuat tempat penangkaran bagi hewan langka agar dapat berkembang biak, lalu melepaskannya ke alam.

Bentuk tanggapan kritis dari bacaan tersebut terdapat pada paragraf ....
A. Saya setuju bahwa pemerintah harus melarang transaksi spesies hewan langka. Populasi hewan langka semakin berkurang sehingga harus segera dilindungi. Upaya pelestarian hewan langka harus dilakukan secepatnya. Pelestarian ini menyangkut kelestarian binatang langkah agar tidak punah karena ulah tangan orang tidak bertanggung jawab.
B. Binatang langka harus dilestarikan agar generasi mendatang dapat melihat keanekaragaman hewan tersebut. Jangan biarkan hewan-hewan  langka menjadi semakin punah dengan adanya transaksi spesies hewan langka. Pemerintah harus segera mengambil tindakan untuk menyelamatkan hewan-hewan langka tersebut.
D. Binatang langka adalah binatang yang memiliki populasi sedikit di habitatnya. Keadaan yang menyebabkan kelangkaan hewan tersebut salah satunya disebabkan oleh ulah tangan manusia. Manusia memiliki kebiasaan buruk ingin memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Selain itu, banyak orang melakukan transaksi spesies hewan langka.

Kunci Jawaban: A
Pembahasan 🌀 Teks tersebut merupakan laporan mengenai hewan langka dan pelestariannya. Teks tersebut dapat diubah menjadi tanggapan kritis dengan catatan tidak mengubah makna dalam teks tersebut. Tanggapan kritis sesuai dengan teks tersebut pada pilihan jawaban A.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal, Materi, dan Pembahasan Soal UN/UNBK SMP Bahasa Indonesia Tahun 2018: Mengubah Teks ke dalam Bentuk Lain