Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal, Materi, dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Melengkapi Paragraf dengan Kata dan Kalimat (Bag. 2)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan Contoh Soal, Materi, dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Melengkapi Paragraf dengan Kata dan Kalimat (Bag. 2). Semoga soal yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal mata pelajaran Bahasa Indonesia terbaru. Di bagian 2 ini admin hanya menyediakan  contoh soal saja, kalau kalian ingin melihat atau mempelajari materinya silakan kalian buka di bagian satunya. Selamat belajar semoga kalian sukses yah.

Contoh Soal, Materi, dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Melengkapi Paragraf dengan Kata dan Kalimat (Bag. 2)

1. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Pak Aris adalah pemilik [...] Sumber Waras. Dalam penyusunan jenis obat, beliau selalu lakukan dengan cara yang [...]. Misalnya dengan membuat urutan secara [...]. Jenis dan kelompok obat dikelompokkan sesuai abjad. Selain itu, Pak Aris juga memisahkan antara obat generik dengan obat paten. Hal ini akan mempermudah pelayanan kepada pelanggan.

Kata  baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. apotik, sistimatis, alfabet
B. apotik, sistematis, alfabetis
C. apotik, sistematik, alfabetis
D. apotek, sistematis, alfabetik

Kunci Jawaban: C
Pembahasan ๐ŸŒ Agar membentuk paragraf padu, bagian-bagian rumpang tersebut harus diisi dengan kata-kata baku yang tepat. Kata-kata baku yang tepat adalah apotek, sistematik, dan alfabetis. Kata apotik tidak baku. Sementara itu, kata sistematis dan alfabet tidak tepat untuk melengkapi kalimat dalam paragraf tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

2. Cermatilah paragraf rumpang  berikut!
Era globalisasi dan [...] menuntut kita untuk bertindak cepat, mudah, efektif, hingga [...]. Globalisasi mendidik kita untuk mencapai tujuan sesempurna mungkin, bahkan dengan menghalalkan segala cara. Oleh karena itu, manusia modern cenderung [...].

Kata serapan yang tepat penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. modernisasi, instant, individualistik
B. modernisasi, instan, individualis
C. modern, instan, individualis
D. modernisasi, istant, individualis

Kunci Jawaban: B
Pembahasan ๐ŸŒ  Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan kata serapan modernisasi, instan, dan individualistik tidak tepat penulisannya. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

3. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Keluarga kami tinggal di lingkungan yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Rumah-rumah warga  yang tinggal di lingkungan kami diberi cat [...]. Anak-anak suka bermain di taman yang disediakan. Buku-buku dan surat kabar yang tersedia di perpustakaan desa menjadi bacaan rutin [...] di desa kami. Sikap [...] merupakan kebiasaan warga yang selalu terpelihara di desa kami.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. warna-warni, muda-mudi, tolong-menolong
B. warna-warna, muda-mudi, tolong-tolong
C. warna-warni, muda-muda, tolong-ditolong
D. warna-warna, muda-mudi, tolong-menolong

Kunci Jawaban: A
Pembahasan ๐ŸŒ  Kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah warna-warni,muda-mudi, dan tolong-menolong. Kata ulang warna-warna, muda-muda, tolong-tolong dan tolong-ditolong tidak tepat untuk mengisi kalimat rumpang tersebut. Jadi, jawaban benar terdapat pada pilihan jawaban A.

4. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Era globalisasi membawa banyak perubahan terhadap gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mencipatakan berbagai macam peralatan yang membantu manusia dalam bekerja [...]. Bermain adalah salah satu jenis hiburan pilihannya. Dengan berkembang nya teknologi yang mencakup banyak aspek, jenis-jenis dari permainan pun mendapatkan pengaruhnya. Aspek tersebut menyebabkan munculnya istilah permainan modern.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. permainan modern merupakan jenis permainan yang memanfaatkan teknologi di dalamnya
B. kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai
C. jenis permainan modern menberikan banyakdampak negatif terhadap perkembangan anak
D. oleh karena itu, diperlukan kebijaksanaan orang tua dalam menyikapi masalah tersebut.

Kunci Jawaban: B
Pembahasan ๐ŸŒ  Kalimat pengisi bagian rumpang dapat ditentukan berdasarkan kalimat-kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang. Bagian rumpang tersebut harus  diisi dengan kalimat tepat agar paragraf tersebut padu. Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah Kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai. Kalimat pada pilihan A, C, dan D tidak tepat untuk melengkapi paragraf.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal, Materi, dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Melengkapi Paragraf dengan Kata dan Kalimat (Bag. 2)