Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal, Materi, dan Pembahasan UN/UNBK Bahasa Indonesia SMP Tahun 2018: Menulis Teks Singkat Sesuai dengan Konteks

ilmubindo.com_ Menulis pada dasarnya adalah usaha untuk menuangkan ide, pikiran, perasaan, dan kemauan dengan wahana bahasa tulis. Menulis sebagai salah satu keterampilan harus dikuasai seseorang selain keterampilan membaca, menyimak, dan berbicara. Konteks adalah suatu yang menjadi sarana penjelas suatu maksud. Menulis teks singkat sesuai konteks berarti menulis secara singkat sesuai dengan penjelasan yang sudah diuraikan sebelumnya.

Contoh Soal, Materi, dan Pembahasan UN/UNBK Bahasa Indonesia SMP Tahun 2018: Menulis Teks Singkat Sesuai dengan Konteks

Contoh Soal Ujian Nasional dan Pembahasan
Cermatilah ilustrasi berikut!
Saat ini kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu belum dapat dipadamkan karena cuaca kering, angin kencang, dan medan berat. Banyak pohon pinus terbakar menjalan ke tempat lain.

Teks laporan sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. Hendaknya kita waspada kalau kebakaran hutan dan lahan gunung melanda. Kebakaran hutan merupakan bencana yang dapat merusak kelestarian tumbuhan dan hewan. Oleh karena itu, diperlukan penanganan tepat untuk memadamkan api di Gunung Lawu.
B. Warga dan pemerintah terlihat sangat sedih melihat kebakaran di Gunung Lawu. Kebakaran semakin meluas diakibatkan cuaca kering, angin kencang, dan medan berat. Kebakaran ini telah menelan banyak korban karena korban kekurangan oksigen yang disebabkan asap pekat.
C. Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu belum dapat dipadamkan hingga saat ini. Cuaca kering, angin kencang, dan medan berat menyebabkan api belum dapat dipadamkan. Tanaman yang terbakar adalah pinus sehingga mudah sekali menjalar ke tempat lain.
D. Kebakaran di Gunung Lawu sudah merambat ke permukiman warga. Kebakaran itu disebabkan oleh pohon pinus yang mudah terbakar. Petugas pemadam kebakaran merasakan kesulitan karena medan berat.

Kunci Jawaban: C
Pembahasan 🐇 Ilustrasi tersebut dapat disusun menjadi teks laporan. Teks laporan sesuai ilustrasi tersebut terdapat pada pilihan jawaban C. Pokok-pokok informasi tersaji secara tepat dan berurutan. Sementara itu, pilihan jawaban A, B, dan D tidak tepat karena isi yang dikemukakan tidak sesuai dengan ilustrasi tersebut.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+