Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal Materi dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Menyusun Urutan Kalimat Jenis Teks Eksposisi

ilmubindo.com_ Teks eksposisi berisi uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan, memberitahukan, memaparkan, menguraikan, atau menerangkan sesuatu kepada pembaca tertentu. Teks eksposisi memiliki ciri objektif, gaya penulisan informatif, dan teks ditulis berdasarkan fakta. Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menyusun teks eksposisi yaitu menentukan topik, menentukan tujuan, membuat kerangka, mengumpulkan bahan, dan menulis karangan atau paparan.

Hampir semua kegiatan membaca, dengan mengecualikan bacaan fiksi adalah pembacaan teks eksposisi. Kegiatan tersebut berkaitan dengan tujuan penulisan teks eksposisi adalah memberikan informasi kepada pembaca agar pengetahuan pembaca semakin luas. Teks eksposisi sering digunakan untuk menyampaikan uraian-uraian ilmiah yang tidak berusaha memengaruhi pendapat orang lain. Jenis eksposisi di antaranya eksposisi berita, ilustrasi, proses, perbandingan, pertentangan, devinisi, analisis, dan klasifikasi.

Contoh Soal Materi dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Menyusun Urutan Kalimat Jenis Teks Eksposisi
www.ilmubindo.com

Dalam menyusun urutan teks eksposisi, penyusun perlu menemukan terlebih dahulu gagasan utama dari kalimat-kalimat yang telah disediakan. Kalimat yang merupakan gagasan utama menggunakan kata-kata bermakna umum. Setelah itu, barulah dicari kata kunci dari setiap kalimat. Kata kunci tersebut digunakan dalam beberapa kalimat.

Koherensi diperlukan demi urutan kalimat yang sistematis. Tanpa urutan baik, koherensi tidak akan diperoleh. Penanda koherensi antara lain pengulangan kata/frasa kunci, kata ganti, konjungsi antarkalimat, dan situasi. Konjungsi antarparagraf pada dasarnya sama dengan konjungsi antarkalimat.

Contoh Soal Tipe Ujian Nasional Tahun 2018
Bacalah kalimat-kalimat berikut!
1) Penyakit jantung diidentifikasikan pernah menyerang seorang bayi yang baru lahir.
2) Sementara itu, penyakit stroke pernah ditemukan pada seorang anak kecil.
3) Bahkan, penyakit-penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu dan dua di Indonesia.
4) Penyakit ini menyerang siapa pun tidak mengenal jenis kelamin dan usia penderitanya.
5) Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit paling berbahaya di dunia.

Urutan tepat agar kalimat-kalimat acak tersebut menjadi paragraf padu adalah ....
A. 1)-3)-4)-2)-5)
B. 2)-3)-5)-1)-4)
C. 3)-5)-1)-4)-2)
D. 5)-3)-4)-1)-2)

Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Sebelum menyusun urutan kalimat tersebut, terlebih dahulu temukan gagasan utamanya. Gagasan utama kalimat-kalimat tersebut terdapat pada kalimat nomor 5. Untuk menyusun kalimat-kalimat acak tersebut, kohesi antarkalimat harus ditemukan. Hubungan kohesi dapat ditemukan dengan mengurutkan kalimat secara sistematis. Jadi, susunan tepat kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban D.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Materi dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Menyusun Urutan Kalimat Jenis Teks Eksposisi