Contoh Soal Melengkapi Bagian Teks (Eksposisi, Deskripsi, Ulasan, dan Lain-Lain) - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_  Kali ini admin akan membagikan contoh soal UN bahasa Indonesia indikator 'Melengkapi Teks dengan Kata atau Kalimat'. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar Ujian Nasional (UN) bahasa Indonesia SMP. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari ini dapat membantu kalian dalam memeroleh nilai yang baik. Selamat belajar dan semoga sukses.

Teks rumpang dapat dilengkapi dengan kata atau kalimat. Kata yang dilengkapi dalam atau kalimat yang dilengkapkan dalam paragraf hendaknya menjadi kalimat atau paragraf padu (kohesif) dan berhubungan (koherensi). Kata atau kalimat dapat dilengkapkan pada teks eksposisi, laporan, biografi, atau tanggapan kritis.

Contoh Soal Melengkapi Bagian Teks (Eksposisi, Deskripsi, Ulasan, dan Lain-Lain) - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

Contoh Soal UN:
1. Bacalah paragraf rumpang berikut!
Minat baca masyarakat Indonesia harus [...] dan buta aksara harus terus diberantas. Peningkatan minat baca perlu dilakukan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat disuguhi informasi di berbagai media. Media itu harus di manfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan.

Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. dinaikkan
B. diharuskan
C. ditingkatkan
D. diwujudkan

Pembahasan: 
Kata tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ditingkatkan. Kata dalam pilihan jawaban A, B, dan D tidak sesuai dengan konteks paragraf tersebut. Kata ditingkatkan ini dipertegas oleh kalimat berikutnya dengan kata peningkatan.

Jawaban: C

2. Bacalah teks rumpang berikut!
PETUNJUK CARA MENGKRITIK SESUATU
(1) Miliki pengetahuan yang cukup tentang hal yang akan dikritik.
(2) (....).
(3) Buat catatan objektif tentang kelebihan dan kekurangan
(4) (....).
(5) Sampaikan kritik dengan bahasa yang santun

Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut tepat dilengkapi dengan kalimat ....
A. (2) Mengkritik berarti memberikan penilain yang objektif.
(4) Bila mendapat kritikan terima dengan hati yang lapang.
B. (2) Pelajari dengan cermat karya yang akan dikritik.
(4) Pikirkan kembali sebelum dikritik disampaikan
C. (2) Berikan bantahan jika kritikan tidak sesuai dengan fakta.
(4) Pikirkan kembali sebelum kritik disampaikan.
D. (2) Mengkritik berarti menilai dengan objektif dan masuk akal.
(4) Kekurangan yang tidak objektif, dapat kita bantah.

Pembahasan:
Kalimat-kalimat tersebut merupakan urutan ketika kita akan menyampaikan kritik. Oleh karena urutan (1) menyampaikan konsep kritik, maka urutan (2) menjelaskan konsep tersebut, yaitu menjelaskan kegiatan mengkritik. Berdasarkan pilihan jawaban tersebut yaitu mengkritik berarti menilai dengan objektif dan masuk akal. Kemudian, karena urutan (3) menjelaskan langkah, yaitu membuat catatan objektif tentang kekurangan dan kelebihan, maka urutan (4) menjelaskan catatan objektif tentang kelebihan ataupun kekurangan yang tidak objektif, dapat kita bantah. Jadi, pilihan jawaban yang benar adalah D.

Jawaban: D

3. Bacalah kutipan teks berikut!
Burhan Addurahman menyadari bahwa momentum ini dapat diperdayakan untuk mendongkrak pariwisata wilayahnya. [....] dia dan jajarannya sudah menyiapkan aneka festival serta mengenalkan berbagai tujuan wisata. "Harapan kami tahun ini menjadi momentum kebangkitan wisata Ternate," katanya.

Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A. sedangkan
B. namun
C. oleh karena itu
D. jadi

Pembahasan:
Hubungan isi antara kalimat pertama dan kedua merupakan hubungan penyebaban. Kalimat pertama membicarakan momentum yang dapat diberdayakan mendongkrak pariwisata maka pada pada kalimat kedua dituliskan tentang persiapan yang mendukung pemberdayaan untuk mendongkrak pariwisata tersebut.

Jawaban: C

4.Bacalah teks berikut!
Tak hanya Ternate dan Tidore yang menyiapkan acara yang meriah. Belasan kota di 12 provinsi lain juga bersiap menyambut gerhana ini dengan sangat [...]. Padahal, 33 tahun yang lalu, tatkala gerhana matahari total melintasi Jawa Tengah saat itu, masyarakat dicekam kecemasan dan ketakutan. Masyarakat terdiam di rumah masing-masing. Minimal, sejak setahun lagu, pemerintah pusat daerah sudah berkoar-koar berjualan menikmati sensasi peristiwa langka ini. Aneka festival disiapkan dalam paket perjalanan bagi para pelancong.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A. antusias
B. spektakuler
C. gegap-gempita
D. meriah

Pembahasan:
Sesuai dengan konteks kalimat di atas maka kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah kata antusias. Antusias berarti bersemangat atau bergairah.

Jawaban: A

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Melengkapi Teks dengan Kata atau Kalimat. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih jelas tentang tipe soal rumpang yang terdapat dalam soal ujian nasional khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai dengan baik. Sukses selalu buat kalian.

BUKA SOAL