Contoh Soal Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks - Try Out SMP 2020

ilmubindo.com_ Biografi berarti riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi merupakan teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya. Biografi berisi paparan kehidupan tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai orang itu meninggal dunia. Semua jasa, hasil karya, dan semua aspek yang dituliskakan atau dilakukan oleh tokoh juga dijelaskan dalam biografi. Menyusun biografi berbeda dengan menulis novel. Penulis biografi harus mengenal tokoh yang akan ditulis biografinya, baik secara selintas maupun secara mendalam.

Contoh Soal Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks  - Try Out SMP 2020
www.ilmubindo.com

Kiat-kiat menulis biografi adalah sebagai berikut.
  1. Menceritakan diri seseorang apa adanya sesuai fakta yang ada.
  2. Tidak menggunakan kata-kata pujian berlebihan, kecuali menyajikan aspek-aspek pendukung secara objektif.
  3. Menjadikan tujuan menulis biografi untuk menginspirasi orang lain melalui kisah hidup seseorang.
  4. Menghindari cara konvensional mengemas sebuah buku biografi dengan menampilkan foto di cover depan, menyebutkan nama pada judulnya, atau semata-mata bercerita tentang jalan hidup seseorang.
  5. Menampilkan foto diri seseorang di sela-sela buku atau di akhir, kecuali buku biografi tersebut hanya dijadikan koleksi pribadi.
Contoh Soal UN:
1. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
  1. Tidak heran, penyair ini pernah mengalami pencekalan.
  2. Pada masa itu, ia memublikasikan sejumlah puisinya di berbagai media lokal  dan nasional.
  3. Nama Hamid Jabbar mulai dikenal dalam khazanah kesustraan Indonesia sejak awal tahun 1970.
  4. Sebagai seorang aktivis pergerakan, Hamid sering menggunakan puisi-puisinya sebagai sarana untuk melakukan protes sosial.
  5. Puisi ini terkenal di kalangan demonstran pada masa reformasi 1998.
  6. Ketika pencekalan itu, ia sedang membacakan salah satu puisinya berjudul Proklamasi 2 di Solo.
Urutan tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf biografi yang padu adalah ....
A. 3-1-2-6-4-5
B. 3-2-4-1-6-5
C. 3-4-5-2-1-6
D. 3-6-1-2-4-5

Pembahasan: 
Biografi dalam soal tersebut merupakan biografi Hamid Jabbar. Urutan kalimat-kalimat tersebut yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

Jawaban: B

2. Cermatilah kutipan teks berikut!
Chairil Anwar lahir di Medan pada tanggal 26 Juli 1922. Chairil menekuni pendidikan HIS dan MULO, walau pendidikan Mulo-nya tidak tamat. Ia kemudian pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dengan ibunya pada tahun 1940, tempat ia menggeluti dunia sastra.

Struktur teks biografi tersebut adalah ....
A. orientasi
B. peristiwa dan masalah
C. reorientasi
D. evaluasi

Pembahasan:
Struktur teks biografi terdiri atas orientasi, peristiwa dan masalah, dan reorientasi. Orientasi berisi gambaran awal tentang tokoh. Peristiwa dan masalah berisi peristiwa atau kejadian yang pernah diambil tokoh, termasuk masalah yang dihadapinya dalam mengapai cita-citanya. Reorientasi berisi simpulan akhir tentang tokoh.

Jawaban: A

3. Cermatilah kalimat berikut!
(1) Pada 17 Agustus 1945, tak lama setelah Jepang takluk kepada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang menculik Soekarno ek RengasDengklok, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
(2) Sehari kemudian Soekarno - Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.
(3) Pada masa itu Soekarno - Hatta pernah dibuang kembali ke Prapat dan Bangka.
(4) Mereka segera terlibat dalam perjuangan melawan pendudukan kembali oleh Belanda.
(5) Namun, ketika secara resmi Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada 1949, kedudukan Soekarno sebagai presiden dipulihkan.

Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks biografi yang baik adalah ....
A. 1-2-3-4-5
B. 1-2-4-3-5
C. 1-4-2-3-5
D. 1-4-3-2-5

Pembahasan:
Kata penanda "sehari kemudian" pada kalimat (2) mengacu pada isi kalimat (1) Ungkapan "perjuangan melawan pendudukan kembali" pada kalimat (4) merupakan lanjutan dari peristiwa setelah proklamasi kemerdekaan dan terpilihnya presiden. Penanda "pada masa itu" pada kalimat (3) mengacu pada masa perjuangan melawan pendudukan kembali yang membuat Soekarno-Hatta dibuang, tetapi akhirnya kedudukan Soekarno sebagai presiden dupulihkan (5).

Jawaban: B

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Menyusun Urutan Kalimat Jenis Teks Biografi. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh soal tentang teks biografi. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat membantu kalian dalam meraih nilai tertinggi untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.