Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Soal Latihan dan Kunci Jawaban Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag. 6)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan Soal Latihan dan Kunci Jawaban Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag. 6). Semoga soal-soal sebelumnya dan saat ini bisa membantu kalian dalam mencari referensi soal ujian nasional terbaru 2018 khususnya bahasa Indonesia. Selamat belajar, semoga sukses.

Soal Latihan dan Kunci Jawaban Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag. 6)

1. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Untuk memilih akan melanjutkan ke SMK atau SMA, siswa harus memperhatikan kelemahan dan kelebihan setiap pilihan. 
(2) Di SMK siswa tidak hanya diajari teori mendalam sesuai jurusannya, tetapi juga dibekali kemampuan praktik yang sangat menambah pengalaman tentang dunia kerjanya kelak. 
(3) Dengan demikian, siswa lulusan SMK jauh lebih siap bekerja dibandingkan dengan lulusan SMA.
(4) Siswa kelas IX yang sebentar lagi akan lulus harus segera menentukan pilihan, melanjutkan ke SMA atau SMK.
(5) Seperti yang sudah diketahui, lulusan SMK lebih mudah dan lebih siap untuk bekerja dibandingkan dengan lulusan SMA.
(6) Sementara itu, lulusan SMA memang dipersiapkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dibangingkan langsung bekerja.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ....
A. (3) - (4) - (5) - (1) - (2) - (6)
B. (4) - (1) - (5) - (2) - (6) - (3)
C. (5) - (6) - (2) - (4) - (3) - (1)
D. (6) - (3) - (4) - (1) - (2) - (5)

Kunci Jawaban: B

2. Cermati paragraf rumpang berikut!
Tadi malam aku lupa melihat [...] pelajaran hari ini. Ketika Pak Guru meminta kami mengumpulkan tugas Bahasa Indonesia, aku [...] menunduk. Aku sangat [...], takut dihukum karena tidak mengumpulkan tugas.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi  paragraf tersebut adalah ....
A. jadwal, hanya, khawatir
B. jadual, cuma, kawatir
C. jaduwal, hanya, khawatir
D. jadwal, cuma, kawatir

Kunci Jawaban: A

3.  Cermati paragraf rumpang berikut!
Mencuci pakaian dengan mesin cuci [...] sangat praktis. Kamu cukup memasukkan pakaian kotor dan [...] ke dalam tabung. Lalu, colokkan pada steker dan atur instruksi menjalankan mesin sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa membaca petunjuk manual yang diterbitkan [...] mesin cuci tersebut.
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. otomatis, detergen, producen
B. otomatic, detergen, produsen
C. outmatic, deterjen, produsent
D. otomatis, detergen, produsen

Kunci Jawaban: D

4. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Alun-alun kota Malang didatangi banyak pemulung setelah kegiatan pentas seni selesai. Mereka [...] sampah. Sampah yang mereka kumpulkan antara lain botol, koran bekas, kardus dan benda-benda lain yang masih bisa dijual. Mereka [...] sampah sesuai jenisnya. Mereka mencari barang bekas [...].
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. mengkais-ngais, memisah-misahkan, sebanyak-banyaknya
B. mengkais-kais, memisah-pisahkan, sebanyak-banyaknya.
C. mengais-ngair, memisah-misahkan, sebanyak-banyaknya
D. mengais-kais, memisah-pisahkan, sebanyak-banyaknya

Kunci Jawaban: C

5. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Tubuh kita minimal membutuhkan zat gizi yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Setiap makanan mengandung zat gizi tertentu yang berbeda kadarnya dengan makanan lain. Sementara itu, tubuh kita membutuhkan serangkaian zat gizi dalam kadar tertentu. Kadar gizi pada makanan harus seimbang atau sesuai dengan gizi yang dibutuhkan tubuh [...]. Ketidakseimbangan gizi dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. Untuk memiliki tubuh sehat, kita harus memilih makanan sehat dan mengatur pola makan.
B. Gizi yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh kurang dan tidak boleh berlebihan.
C. Setiap negara telah menyusun pedoman umum gizi seimbang bagi masyarakat.
D. Tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Kunci Jawaban: B

6. Perhatikan teks berikut!
Minuman adalah segala sesuatu yang dapat dikomsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk cair. Ada minuman yang berkhasiat bagi tubuh, ada juga yang hanya sebagai penghilang rasa haus saja.  Minuman yang berkhasiat bagi utbuh dapat dibuat sendiri, misalnya sayur dan buah-buahan yang dibuat jus. Jus mengadung banyak vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan. Minuman penghilang rasa haus saat ini banyak macamnya dan dijual dalam kemasan botol.
Teks eksposisi yang tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah ....
A. Tubuh membutuhkan cairan dalam jumlah banyak. Kekurangan cairan dalam tubuh menyebabkan dehidrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari dehidrasi. Salah satunya dengan mengomsumsi banyak cairan, seperti minuman yang mengandung ion, vitamin dan serat.
B. Saya tidak setuju jika ada minuman yang hanya bisa menghilangkan rasa haus. Air putih kemasan memang bukan jenis minuman yang mengandung vitamin dan serat. Akan, tetapi air putih justru sangatdibutuhkan oleh tubuh. Mengomsumsi air putih dalam jumlah cukup akan menghindarkan seseorang dari dehidrasi.
C. Minuman adalah segala sesuatu yang dapat dikomsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus,  biasanya berbentuk cair. Minuman berkhasiat bagi tubuh, salah satunya adalah jus. Jus mengandung vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh.
D. Saya setuju bahwa minuman dibagi menjadi dua, yaitu minuman berkhasiat dan minuman sebagai penghilang rasa haus. Menurut saya, minuman berkhasiat dapat dibuat dengan membuat jus buah ataupun sayur. Minuman berkhasiat lebih baik dikomsumsi daripada minuman penghilang rasa haus.

Kunci Jawaban: C

7. Cermati fakta berikut!
(1) Warga Gunungkidul merasa kabut asap dampak dari kebakaran hutan di Gunung Luwu.
(2) Kabut asap tipis mulai terlihat sejak Sabtu.
(3) Warga mengira hal itu adalah awan mendung.
(4) Asap tidak sampai menyebabkan sesak napas.
(5) Asap mengakibatkan mata perih.
Teks laporan yang tepat berdasarkan fakta tersebut adalah ....
A. Musim kemarau panjang terjadi pada tahun ini. Kemarau telah menyebabkan banyak tanaman kering. Kemabakaran pun muda terjadi, seperti yang terjadi di Gunung Luwu. Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu daerah yang terkena dampak kabut asap dari kebakaran tersebut.
B. Kabut asap dampak dari kebakaran hutan di Gunung Luwu telah dirasakan warga Kabupaten  Gunungkidul. Warga mengira  kabut asap tipis yang terlihat sejak Sabtu tersebut adalah awan mendung. Hingga kini asap tidak sampai mengakibatkan sesak napas, tetapi asap mengakibatkan mata pedih.
C. Sejumlah daerah dilanda kabut asap tebal salah satunya Kabupaten Gunungkidul. Kabut asap tersebut merupakan kiriman dari Gunung Luwu. Kebakaran terjadi di pos-pos pendakian Gunung Luwu. Salah  satu penyebabnya adalah sisa api unggun yang belum dipadamkan oleh pendaki.
D. Kabut asap tebal di Kabupaten Gunungkidul merupakan kiriman dari asap kebakaran di Gunung Luwu. Dampak dari asap tersebut adalah beberapa warga merasakan sesak napas dan mata pedih. Dampak asap tersebut membuat beberapa warga dievakuasi.

Kunci Jawaban: B

8. Perhatikan data berikut!
Judul film    :  5 Elang
Sustradara   :  Rudi Soedjarwo
Rilih pada   :  15 Agustus 2011
Kelebihan   :
Banyak pesan moral yang disampaikan, diantaranya tolong-menolong, mengajarkan go green, dan tidak bertele-tele sehingga mudah dicerna penikmat film.
Kekurangan :
Pemeran utama mengenakan dasi dan seragam, sedangkan tokoh yang lain tidak mengenakan dasi, sehingga tampak kesenjangan.
Paragraf resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Film ini menceritakan kisah lima orang anak dengan pribadi berbeda-beda. Banyak pesan moral yang dapat diambil setelah menonton film ini. Pelajaran tersebut, di antaranya tolong-menolong dan mengajarkan go green. Film ini patut mendapatkan apresiasi dari beberapa kalangan.
B. Meskipun ada kekurangan dalam film 5 Elang berupa adanya kesenjangan mencolok dalam pemakaian seragam sekolah, film yang disutradarai Rudi  Soedjarwo ini tetap layak ditonton. Film yang dirilis pada 25 Agustus 2011 ini memberikan banyak pesan moral, antara lain tolong-menolong dan go green.
C. Film 5 Elang patut dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari karena memberikan banyak pengalaman bagi anak-anak. Film ini mengajarkan cara menjaga lingkungan agar selalu asri dan mengajarkan pentingnya tolong-menolong.
D. Film 5 Elang yang dirilis pada 25 Agustus 2011 ini memliki banyak kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah perbedaan pakaian seragam yang  dikenakan pemain. Film ini mengajarkan kepada anak-anak tidak tertip dalam mengenakan seragam karena hanya beberapa anak yang mengenakan dasi.

Kunci Jawaban: B

9. Perhatikan paragraf berikut!
(1) Pendidikan adalah suatu proses internalisasi budaya kepada seseorang atau sekelompok masyarakat untuk menjadikan orang atau kelompok tersebut lebih beradap. (2) Selama ini terjadi salah kaprah mengenai defenisi pendidikan. (3) Pendidikan hanya diartikan sebagai proses transfer ilmu saja antara guru dan siswa, serta mementingkan hasil sehingga melupakan nilai sosial dan moral. (4) Itulah sebabnya seharusnya sistim pendidikan tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga memberikan pendidikan karakter kepada siswa.
Kalimat yang menggunakan kata tidak baku dalam paragraf adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Kunci Jawaban: D

10. Perhatikan paragraf berikut!
(1) Sebagian besar perdagangan luar negeri Indonesia dijalankan dengan mengunakan dolar AS sehingga mahalnya dolar AS membuat harga barang impor menjadi lebih mahal. (2) Keadaan ini tidak selalu buruk, terutama jika barang impor tersebut adalah jenis barang komsumsi. (3) Keadaan ini membuat orang yang dahulu gemar membeli buah impor kini beralih ke buah lokal dari daerah yang harganya lebih murah. (4) Jadi kenaikan harga dolar memang akan mengurangi pendapatan importir lokal, tetapi akan menaikkan pendapatan para petani dan pedagang buah lokal.
Kalima tidak efeektif dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Kunci Jawaban: C


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Soal Latihan dan Kunci Jawaban Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag. 6)