Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Soal Latihan dan Kunci Jawaban Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag. 2)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan Soal Latihan Sesuai Kisi-Kisi Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.2). Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal latihan ujian nasional tahun 2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia.

1. Bacalah bacaan berikut dengan tepat!
Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.
Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.
Soal Latihan Sesuai Kisi-Kisi Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.2)

Ringkasan bacaan tersebut adalah ....
A. Fungsi masker dan penggunaannya
B. Masker lumpur mengurangi lemak
C. Masker membuat kulit wajah berseri
D. Gunakan masker sesuai dengan kulit

Kunci Jawaban: A

2. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Pernah dengar kan wisata Gunung Bromo? Gakkebayang deh aku bakal wisata ke sana. Selama ini cuma ada di angan-anganku aja, pergi ke tempat yang tinggi dengan suhu udara dingin banget. Tempat yang katanya menjanjikan keindahan. Ya ... akhirnya aku pergi juga wisata ke sana, Gunung Bromo. Aku pergi ke sana bersama rombongan teman-teman dari Jogja.

Teks II
Imran, Yogi, Syamsul, dan kawan-kawan pecinta alam akan pergi mengunjungi sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Merapi. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka liburan sekolah. Kegiatan ini bukan hanya sekadar mengunjungi desa. Mereka akan melakukan kegiatan penyelamatan bumi. Rencananya, mereka juga akan melakukan kegiatan bersih lingkungan dan menanam pohon.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....

 Teks I
Teks II
 A.
 tidak baku
baku
 B.
 resmi
 santai
 C.
 mudah dipahami
 berbelit-belit
 D.
 efektif
 tidak efektif

Kunci Jawaban: A

3. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....

 Teks I
Teks II
 A.
 diawali apa
 diawali mengapa
 B.
 diawali siapa
 diawali mengapa
 C.
 diawali apa
 diawali bagaimana
 D.
 diawali mengapa
 diawali bagaimana

Kunci Jawaban: B

4. Bacalah identitas buku berikut!
Judul buku             :  Pokoknya Menulis
Penulis                   : A. Chaedar Alwasilah
Penerbit                 :  Kiblat
Cetakan                 :  kelima
Jumlah halaman    :  234 halaman
Harga                    :  Rp54.000,00
Tahun terbit          :  2013
Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah ....
A. Buku ini layak dibaca karena di dalamnya memuat berbagai cara untuk menulis. Tidak hanya teori menulis saja yang dibahas, tetapi juga dengan praktik menulis berbagai jenis karangan.
B. Teknik kolaborasi dapat dipakai untuk mengajarkan menulis jenis teks apa saja, termasuk puisi. Selama ini ada kesan bahwa menulis puisi sulit, sehingga banyak guru yang hanya mengajarkan apresiasi, tetapi tidak menulis puisi.
C. Keunggulan buku ini adalah bergaya bahasa gaul agar mahasiswa merasa akrab dan tidak lelah ketika  harus mencerna beberapa konsep teoritis untuk diaplikasikan dalam menulis.
D. Kelemahan buku ini adalah sistematika penyajian yang kurang jelas sehingga membuat pembacanya bingung dengan konsep yang disajikan berulang-ulang.

Kunci Jawaban: C

5. Bacalah identitas buku berikut!
Judul buku               : Biology for Junior High School
Penulis                     : Sumarwan dan Sumartini
Penerbit                   : Erlangga
Cetakan                   : ketujuh
Jumlah halaman      : 385 halaman
Jumlah bab              : 11 bab
Ukuran buku           : 21 x 28 cm
Harga                      : Rp76.000,00
Paragraf yang menyatakan kelemahan buku adalah ....
A. Buku ini berjudul Biology for Junior Hugh School, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran biologi secara luas. Buku ini ditulis oleh Sumarwan dan Sumartini.
B. Di samping memiliki keunggulan, buku ini juga memiliki kekurangan. Gambar yang disajikan dalam buku ini tidak berwarna sehingga dapat menimbulkan kurangnya minat siswa untuk mempelajari isinya. Selain itu, kualitas kertas yang digunakan kurang bagus sehingga mudah robek.
C. Buku ini disajikan untuk siswa SMP. Tujuannya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang meliputi aspek-aspek pengetahuan , keterampilan, sikap, dan nilai-nilai.
D. Buku ini tergolong buku pelajaran berkualitas yang materinya disajikan dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sellain itu, ilustrasi dalam buku ini sangat menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa.

Kunci Jawaban: B

6. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Dua bulan kemudian, ia diberitahu oleh Ratih, bahwa lukisannya dinyatakan sebagai juara ketiga. Sinta betul-betul bahagia. Ia memeluk Ratih dan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Tanpa adanya dorongan dari Ratih, pasti ia tidak akan mengikuti lomba. Dari hasil itu, menambah semangat pada diri Sinta. Ternyata ia mampu melukis. Ternyata ia mampu mengalahkan lawan-lawannya se-Indonesia. Ia semakin percaya diri. Kruk yang selama ini ia anggap menghalangi langkahnya dan membuat malu, perlahan anggapan itu terkikis dari dalam dirinya. Meskipun ia memakai kruk untuk berjalan, ia memiliki kelebihan. Ia mampu melukis dengan baik. Terlebih-lebih ketika lukisannya dimuat dibeberapa majalah dan surat kabar yang menyediakan rubrik untuk anak-anak. Ia semakin yakin bahwa ia memang mampu menjadi pelukis. Benar yang dikatakan Ratih.
Kata yang bercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut mengandung makna ....
A. Kolom surat pembaca dalam surat kabar/majalah
B. Kolom redaksi dalam surat kabar/majalah
C. Kepala karangan dalam surat kabar/majalah
D. Halaman pertama dalam surat kabar/majalah

Kunci Jawaban: C

7. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Sudah, aku memaafkanmu. Tapi kau jangan mencuri lagi. Kalau aku sangat menginginkannya, aku akan minta Paman Kemal untuk mengirimnya lagi. Bagaimana?" Oscar menawarkan.
" Bagaimana dengan aku? Aku juga mau!" Doni berteriak riang.
"Tentu saja. Agar menjadi kenang-kenangan untuk kita," jawab Oscar.
"Tapi, tunggu dulu Bob! Mengapa engkau tidak mengambil prangkoku saja?" tanya Ranu.
"Buat apa mengambil perangkomu? Warnanya sudah kusam," jawab Bobi.
Pernyataan yang menunjukkan tokoh Oscar baik hati adalah ....
A. Oscar memaki-maki Bobi yang telah mencuri perangko kesayanganya.
B. Oscar memaafkan dan akan memintakan prangko dari pamannya di luar negeri.
C. Oscar mengajak teman-temannya yang lain memusuhi Bobi.
D. Oscar melaporkan kejadian pencurian yang dilakukan Bobi ke kantor Polisi.

Kunci Jawaban: B

8. Bacalah kutipan fabel berikut!
Dahulu kala hiduplah seorang pemuda miskin dan yatim piatu bernama Fusen. Untuk menghidupi dirinya, Fusen memancing di sungai. Bila mendapat ikan Fusen memakannya untuk lauk.
Suatu hari, Fusen tidak mendapat seekor ikanpun. Ia merasa sangat kesal. Ke mana semua ikan di sungai ini? Tanya Fusen dalam hati sambil terus memancing.
Mendadak air sungai menjadi pasang, angin bertiup sangat kencang dan langit menjadi gelap. Sial sekali aku hari ini, Fusen kesal dan menggerutu. Bagaimana aku bisa menjadi kaya, hari ini aku tidak mendapat seekor ikan pun, keluhnya lagi sambil meninggalkan pinggir sungai.
Kata bercetak miring dalam kutipan fabel tersebut mengandung makna ....
A. mengomel
B. marah-marah
C. berkerut muka
D. menyesali

Kunci Jawaban: A

9. Bacalah kutipan fabel berikut!
"Awas, hujan batu!" teriak para binatang kelompok singa sambil melarikan diri. Si kelelawar merasa cemas sehingga berpikir untuk kembali bergabung dengan kelompok burung. Ia menemui sang burung, yaitu elang.
"Lihatlah sayapku. Aku ini seekor burung seperti kalian." Elang menerima kelelawar dengan senang hati.
Pertempuran berlanjut. Kera-kera menunggang gajah dan badak sambil memegang busur dan anak panah. Kepala mereka dilindungi topi dari tempurung kelapa untuk melindungi diri dari lemparan batu. Akhirnya kelompok singa menang, apa yang dilakukan kelelawar? Ia bolak-balik berpihak kepada kelompok yang menang. Sifat pengecut dan tidak berpendirian yang dimiliki kelelawar lama-kelamaan diketahui oleh kedua kelompok tersebut.
Pernyataan yang menunjukkan tokoh kelelawar tidak berpendirian tetap adalah ....
A. kelelawar menunjukkan sayapnya kepada elang
B. kelelawar bolak-balik berpihak pada kelompok yang menang.
C. kelelawar cemas karena dilempari baru.
D. kelelawar menemui elang, sang raja kelompok burung.

Kunci Jawaban: D

10. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kebiasaan itu berlangsung terus. Kakek mesti membawakan sesuatu untuk cucunya. Cucu, demikian ia memanggil anak saya. Kadang-kadang, anak saya tidak terbangun, misalnya karena terlalu lelah. Terpaksalah saya berdiri sendiri di serambi menantikan Kakek itu.
Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. pinggir jalan
B. serambi rumah
C. ruang tamu
D. halaman

Kunci Jawaban:  B


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Soal Latihan dan Kunci Jawaban Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag. 2)