Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Soal Simulasi Lengkap dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.2)

ilmubindo.com_ Kali ini kita admin akan bagikan kelanjutan dari contoh soal simulasi 1 ujian nasional tahun 2018 mata pelajaran bahasa Indonesia. Soal kali ini  adalah bagian kedua dari sebelumnya, semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam belajar soal-soal ujian nasional 2018.

1. Bacalah paragraf berikut!
Pemanfaatan lahan gambut untuk pertanian menjadi sumber kehidupan petani. Namun, harus disadari bahwa pemanfaatan lahan gambut memiliki risiko lingkungan. Lahan gambut sangat rentan mengalami degradasi. Degradasi lahan gambut bisa terjadi bila pengelolaan lahan tidak dilakukan dengan baik.
Gagasan utama paragraf berikut adalah ....
A. risiko pemanfaatan lahan gambut
B. pemanfaatan lahan gambut bagi kehidupan petani
C. degradasi lahan gambut
D. penyebab degradasi lahan gambut

Kunci Jawaban: B

Soal Simulasi Lengkap dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.2)
www.ilmubindo.com

2. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1) pepaya dikenal sebagai buah yang kaya manfaat bagi kesehatan. (2) Salah satu kandungan pepaya ialah betakaroten yang merupakan antiiksidan untuk menangkal radikal bebas. (3) Pepaya juga kaya vitamin C dan tinggi serat yang bermanfaat untuk memperlancar buang air besar. (4) Manfaat pepaya ternyata tidak hanya pada dagingnya, tetapi juga bijinya.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Kunci Jawaban: A

3. Bacalah paragraf berikut!
Kesibukan sering menjadi alasan utama orang untuk tidak memulai hari dengan sarapan. Sarapan pagi masih dianggap sepele dan remeh. Padahal, kegiatan makan pagi hari itu penting. Sarapan pagi merupakan salah satu bagian pokok untuk menjalani aktifitas sehari-hari.
Banyak ahli gizi atau pakar kesehatan menyarankan sarapan pagi demi kesehatan. Ketua umum Pergizian  Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardiansyah, M.S., menyatakan bahwa sarapan sehat belum sepenuhnya terpenuhi di Indonesia.Beliau mengatakan, tujuan dari sepuluh orang Indonesia tidak terpenuhi sarapan sehat setiap harinya.
Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Orang Indonesia tidak terbiasa sarapan pagi
B. Orang sibuk tidak pernah sarapan pagi
C. Sarapan pagi penting untuk kesehatan
D. Sebagian besar orang Indonesia melakuakn sarapan pagi

Kunci Jawaban: C

4. Bacalah ilustrasi berikut!
Gaya hidup saat ini kebanyakan mengedepankan kecepatan dan serba instan. Gaya hidup ini memang tidak akan berdampak buruk dalam waktu dekat. Dalam jangka panjang gaya hidup ini akan berdampak buruk.
Keterbatasan informasi menyebabkan banyak orang enggan beralih ke gaya hidup organik. Selama ini masyarakat mengetahui bahhwa makanan organik dijual dengan harga lebih mahal.Oleh sebab itu, belum banyak warga masyarakat menerapkan gaya hidup organik dalam kehidupan sehari-hari.
Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saya setuju karena makanan istan lebih praktis dan cepat. Makanan istan tidak berdampak buruk bagi kesehatan dalam waktu dekat.
B. Saya setuju dengan makanan instan kerena mudah didapat. Masyarakat pun lebih menyukai makanan instan
C. Saya setuju masyarakat saat ini lebih menyukai gaya hidup serba instan. Selain lebih cepat saji, makanan instan juga lebih murah.
D. Saya setuju masyarakat mulai bergaya hidup sehat dengan makanan organik. Harga makanan organik memang lebih mahal, tetapi dampaknya sangat baik untuk kesehatan.

Kunci Jawaban: D

5. Bacalah teks berikut!
Kebiasaan mendengarkan portable music player (PMP), seperti MP3 Player, bisa membuat telinga kita cendera. Hal tersebut terjadi jika kita terlalu sering memakai earphone atau headphone bervolume tinggi. Berdasarkan penelitian, efek buruk datang jika menggunakan  earphone selama lima jam dalam seminggu. Dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga. Kemungkinan terbesar kerusakan tersebut terjadi pada usia muda.
Kalimat tanggapan negatif berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. Menurut saya, menggunakan headphone untuk mendengarkan musik akan lebih baik. Sambil mendengarkan musik, kita dapat melakukan pekerjaan dengan penuh semangat.
B. Menurut saya, terlalu sering menggunakan headphone akan mengakibatkan seseorang menjadi tidak peduli terhadap orang lain.
C. Menurut saya, menggunakan headphone untuk mendengarkan musik tidak masalah asalkan dengan volume kecil. Menggunakan headphone dapat menghibur diri.
D. Menurut saya, menggunakan headphone dalam jangka  panjang dapat merusak pendengar secara permanen. Sebaiknya pemakaian headphone dihindari.

Kunci Jawaban: D


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Soal Simulasi Lengkap dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.2)