Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Soal Simulasi Dilengkapi dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.8)

ilmubindo.com_ Selamat datang di blog ilmubindo.com semoga soal-soal yang admin sajikan di sini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal ujian terbaru bahasa Indonesia tahun 2018. Tetap semangat yah, tak terasa kalian tinggal berapa bulan lagi akan menghadapi ujian nasional, kami doakan semoga kalian lulus 100%. Selamat belajar, semoga sukses!

Soal Simulasi Dilengkapi dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.8)

1. Cermati teks berikut!
Boraks merupakan garam natrium yang sering digunakan diberbagai industri nonpangan, khususnya industri kertas, gelas, pengawet kayu, dan keramik. Ia tidak berwarna dan mudah larut dalam air. Asal kita ketahui, gelas pyrex yang terkenal kuat bisa memiliki performa seperti itu karena dibuat dengan campuran boraks. Kemungkinan besar daya pengawet boraks disebabkan oleh senyawa aktif asam borat (H₃BO₃).

Teks eksposisi yang tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah ....
A. Boraks seharusnya digunakan di berbagai industri nonpangan. Namun pada masyarakat luas boraks sering disalahgunakan. Boraks digunakan sebagai bahan tambahan makanan, misalnya dalam pembuatan kerupuk, mi basah, tahu, bakso, serta produk makanan lainnya.
B. Saya setuju jika penyalahgunaan boraks ditindak tegas. Tujuannya agar masyarakat mengetahui bahaya boraks bagi kesehatan. Boraks yang dikomsumsi dalam makanan lama kelamaan akan tertimbun sedikit demi sedikit dalam hati dan otak.
C. Sudah banyak makanan yang diperjualbelikan dengan harga murah. Salah satunya adalah makanan yang dicampur dengan bahan pengawet. Bahan pengawet tersebut salah satunya adalah boraks. Boraks yang masuk ke tubuh manusia akan menyebabkan fungsi organ tubuh menjadi berkurang
D. Boraks adalah garam natrium yang digunakan di berbagai industri nonpangan, khususnya industri kertas, gelas, pengawet kayu dan keramik. Ciri-ciri boraks adalah tidak berwarna dan mudah larut dalam air. Daya pengawet boraks disebabkan oleh senyawa aktif asam borat (H3BO3).

Kunci Jawaban: D

2. Bacalah petunjuk berikut!
Cara Membuat Omelet MI
(1) Pertama-tama remas mi instan 2-3 kali remasan, lalu rebus
(2) Tiriskan mi, lalu campurkan dengan dua butir telur yang telah diberi bumbu
(3) Panaskan minyak, lalu goreng mi hingga kecoklatan
(4) Omelet mi siap dihidangkan

Teks eksposisi tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah ....
A. Membuat omelet mi sangat mudah. Bahan berupa mi instan, bumbu instan, telur dan minyak untuk menggoreng. Omelet ini merupakan makanan yang praktis untuk camilan. Omelet mi praktis untuk bekal ke sekolah.
B.Omelet mi dapat dibuat dengan mudah. Pertama mi instan di remas 2-3 kali remasan. Kemudian, mi direbus. Setelah itu mi ditiriskan. Dua butir telur dikocok dan diberi bumbu mi instan. Mi yang sudah ditiriskan dimasukkan ke mangkuk yang berisi telur., lalu diaduk. Selanjutnya adonan mi goreng dengan minyak secukupnya. Adonan mi digoreng hingga berwarna kecoklatan, lalu angkat dan hidangkan.
C. Pernahkah anda membuat omelet mi? Omelet mi mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama. Bahannya pun sangat mudah didapat. Bahan omelet mi dapat dibeli di warung atau pasar swalayan. Selain praktis, anak-anak juga menyukainya karena pada dasarnya anak-anak menyakai mi. Silahkan mencoba membuat omelet mi.
D. Menurut saya, omelet mi termasuk makanan yang tidak sehat. Bahan omelet ini memakai mi instan. Makanan tersebut mengandung banyak bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh orang yang mengomsumsinya. Sebaiknya anda mengurangi makanan serba instan, terutama bagi anak-anak. Mereka membutuhkan makanan bergizi untuk pertumbuhannya.

Kunci Jawaban: B

3. Cermati ilustrasi berikut!
(1) Slamet Raharjo Djarot merupakan aktor senior Indonesia.
(2) Ia memulai karir di teater Populer bersama Teguh Karya pada tahun 1968.
(3) Pertama kali berkarir di bidang film, dia membintangi film berjudul Wadjah Seorang Laki-Laki.
(4) Setelah membintangi puluhan film dan sinetron, dia masih ingin menjadi sutradara.

Teks biografi berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Slamet Rahardjo Djarot seorang aktor senior Indonesia yang mulai berkarir sejak tahun 1968. ia bergabung dengan Teater Populer bersama Teguh Karya. Film pertama yang dibintangi berjudul Wadjah Seorang Laki-Laki. Ia ingin menjadi sutradara setelah membintangi puluhan film dan sinetron.
B. Slamet Rahardjo Djarot adalah seniman ternama. Ia perna membintangi puluhan film dan sinetron. Film pertama yang dimainkan oleh Slamet Rahardjo Djarot adalah Wadjah Seorang Laki-Laki. Ia ingin sekali menjadi sutradara ternama di negeri ini. Sampai saat ini Slamet Rahardjo masih berkarya. Ia juga masih mengisi acara di salah satu stasiun televisi.
C. Slamet Rahardjo Djarot adalah aktor ternama di Indonesia. Prestasinya sangat mengagumkan. Ia telah membintangi puluhan film dan ingin menjadi sutradara. Ia memulai karir pada tahun 1968 bersama Teguh Karya. Hingga kini ia masih bermain film.
D. Slamet Rahardjo Djarot mulai berkarir sejak tahun 1968. Ia tergabung di Teater Populer bersama Teguh Karya. Sebagai bintang film terkenal, ia telah membintangi puluhan film. Ia juga membintangi banyak sinetron. Bintang film satu ini tidak kalah dengan bintang film lain. Ia pandai berakting sehingga memiliki banyak prestasi di bidangnya.

 Kunci Jawaban: A

4. Cermati paragraf berikut!
(1) Kecelakan lalu lintas bisa terjadi pada jenis kendaraan apapun, baik kendaraan laut, udara dan darat. (2) Kecelakaan tersebut meninggalkan bekas yang buruk secara mental dan fisik. (3) Berita tentang kecelakaan akibat mengabaikan lalu lintas hampir tidak pernah absen dari media massa di Indonesia. (4) Setiap hari berita selalu tersaji dan mengabarkan beberapa nyawa melayang serta korban luka-luka akibat kecelakaan.

Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Kunci Jawaban: A

5. Pahami teks berikut!
(1) Bagong Kussudiardja adalah koreografer dan pelukis kenaamaan yang digelari begawan seni Indonesia. (2) Bagong memulai karirnya sebagai penari Jawa Klasik di Yogyakarta pada tahun 1954. (3) Bagong berkenalan dengan seni tari melalui Sekolah Tari Kredo Bekso Wiromo. (4) Bagong memiliki darah bangsawan yang berasal dari kakeknya, Gusti Djuminah, yang konon adalah putra mahkota Sultan Hamengku Buwono VII.

Kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Kunci Jawaban: D


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Soal Simulasi Dilengkapi dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.8)