Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Cara Menelaah Struktur Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia Kelas 9



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan artikel tentang bagaimana cara menelaah struktur teks pidato persuasif dalam materi Bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu kalian di dalam memahami bagaimana cara menelaah struktur teks pidato persuasif dengan baik dan benar.

Jika kalian perhatikan beberapa contoh teks pidato persuasif dengan saksama, struktur teks pidato persuasif dibangun oleh tiga unsur utama sebagai berikut.

1. Pembukaan
Pembukaan teks pidato persuasif terdiri atas tiga bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur.

1) Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir. Kalian bisa menggunakan salam pembuka, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi (waktu) dan latar belakang pendengar.
Cara Menelaah Struktur Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia Kelas 9
www.ilmubindo.com

2) Ucapan (sapaan) penghormatan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator kepada pendengar. Dari sisi etika, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia yang lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan lebih dahulu.

3) Ucapan rasa syukur merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

2. Isi Pidato
Isi merupakan bagian inti pidato. Pendapat, gagasan, alasan, berbagai data pendukung, dan pesan berupa imbauan atau ajakan disampaikan orator pada bagian ini. Orator menjelaskan secara terperinci tentang hal-hal yang terkait dengan pendapat, gagasan, atau pesan yang ingin disampaikan.

3. Penutup Pidato
Penutup pidato merupakan bagian akhir sebuah pidato. Dalam pidato persuasif, bagian penutup berisi hal-hal berikut.

1) Harapan agar gagasan dan pesan yang disampaikan bermanfaat bagi pendengar.
2) Permohonan maaf kepada pendengar jika ada kesalahan dan kekhilafan.
3) Ucapan terima kasih kepada pendengar.
4) Salam penutup

Contoh Teks Pidato

Tingkatkan Budaya Literasi Bangsa

Mungkin bagi Anda banyak yang tidak hobi membaca, Anda perlu untuk mengetahui satu hal bahwwa dunia itu luas. Bahkan ketika Anda banyak membaca, Anda akan semakin menyadari bahwa ilmu yang Anda miliki itu hanya sedikit.

Jika membaca bukan merupakan hobi Anda , maka paling tidak Anda bisa mulai membiasakan diri untuk banyak membaca. Bca mengenai koran, novel, berita, hashtag media sosial, atau ensiklopedia. Semakin banyak membaca, maka pikiran yang Anda miliki akan terbuka.

Apabila Anda banyak membaca, Anda akan menyadari bahwa di berbagai belahan dunia lainnya, seperti Jepang, Amerika, dam Jerman memiliki kemajuan dalam bidang teknologi yang sangat pesat. Seberapa pesatnya akan Anda pahami ketika Anda banyak membaca.

Tahukah Anda bahwa sekarang jubah tak terlihat milik Harry Potter sudah diwujudkan dengan menggunakan teknologi saat ini. Itu bukan sihir, melainkan ilmu pengetahuan dan memanfaatkan hukum alam. Untuk mewujudkannya para ilmuwan memodifikasi bagian permukaan emas menjadi bentuk antena ukuran nonmeter.

Selain itu, tahukah Anda bahwa tehnologi seperti hologram yang sangat mirip dengan realita juga sudah banyak beredar di luar sana, terutama Jepang. Kita sebut saja hologram yang paling sempuerna saat ini dinamakan 7D. Jadi, ketika Anda ke suatu tempat di luar negeri sana tiba-tiba ada paus yang keluar dari daratan, jangan kaget, itu namanya hologram 7D.

Yang jelas seluruh ilmu pengetahuan tersebut dan kemajuan teknologi di dunia hanya akan Anda dapatkan dengan rajin membaca,. Tularkan kebiasaan yang satu ini kepada generasi muda yang berada di sekitar Anda juga. Dengan begitu bersama-sama akan bisa meningkatkan angka literasi bangsa Indonesia.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, jika terdapat salah kata mohon dimaafkan. 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menelaah struktur teks pidato persuasif dalam Bahasa Indonesia. Semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menelaah Struktur Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia Kelas 9

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /