Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menelaah Struktur Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia Kelas 9

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan artikel tentang bagaimana cara menelaah struktur teks pidato persuasif dalam materi Bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu kalian di dalam memahami bagaimana cara menelaah struktur teks pidato persuasif dengan baik dan benar.

Jika kalian perhatikan beberapa contoh teks pidato persuasif dengan saksama, struktur teks pidato persuasif dibangun oleh tiga unsur utama sebagai berikut.

1. Pembukaan
Pembukaan teks pidato persuasif terdiri atas tiga bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur.

1) Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir. Kalian bisa menggunakan salam pembuka, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi (waktu) dan latar belakang pendengar.
Cara Menelaah Struktur Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia Kelas 9
www.ilmubindo.com

2) Ucapan (sapaan) penghormatan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator kepada pendengar. Dari sisi etika, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia yang lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan lebih dahulu.

3) Ucapan rasa syukur merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

2. Isi Pidato
Isi merupakan bagian inti pidato. Pendapat, gagasan, alasan, berbagai data pendukung, dan pesan berupa imbauan atau ajakan disampaikan orator pada bagian ini. Orator menjelaskan secara terperinci tentang hal-hal yang terkait dengan pendapat, gagasan, atau pesan yang ingin disampaikan.

3. Penutup Pidato
Penutup pidato merupakan bagian akhir sebuah pidato. Dalam pidato persuasif, bagian penutup berisi hal-hal berikut.

1) Harapan agar gagasan dan pesan yang disampaikan bermanfaat bagi pendengar.
2) Permohonan maaf kepada pendengar jika ada kesalahan dan kekhilafan.
3) Ucapan terima kasih kepada pendengar.
4) Salam penutup

Demikianlah penjelasan mengenai cara menelaah struktur teks pidato persuasif dalam Bahasa Indonesia. Semoga apa yang kami jelaskan ini dapat bermanfat. Sekian dan terima kasih.

Pelajari juga materi tentang >> Pengertian Teks Pidato Persuasif


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menelaah Struktur Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia Kelas 9