Ciri Bahasa Teks Laporan Percobaan (Revisi 2016)

ilmubindo.com_ Sebagai salah satu karya ilmiah yang memaparkan kegiatan percobaan, bahasa dalam teks laporan percobaan memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini.
  1. Banyak menggunakan kalimat kompleks, yaitu kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih.
  2. Banyak menggunakan kata menghubung, yaitu kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat.
  3. Banyak menggunakan kata rujukan yaitu kata yang merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya.
  4. Banyak menggunakan istilah teknis, yaitu istilah keilmuan yang digunakan dalam bidang tertentu.
Ciri Bahasa Teks Laporan Percobaan (Revisi 2016)
www.ilmubindo.com

Perhatikan contoh penggunaan kalimat kompleks, kata penghubung berikut.

No.
Ciri Bahasa
Bukti Tekstual
1.
Kalimat kompleks
a.       Makanan merupakan kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan mutlak yang wajib dipenuhi bagi setiap makhluk hidup.
b.      Makanan yang dikomsumsi setiap hari merupakan zat gizi utama bagi tubuh.
c.       Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diproses melalui sistem pencernaan yang dipecah menjadi molekul sederhana melalui dua cara, yaitu secara mekanis dan kimiawi.
2.
Kata penghubung
a.       Cara kimiawi dilakukan olehh enzim pencernaan dan di proses di dalam mulut dan lambung.
b.      Sebelum makanan tersebut dikonsumsi untuk selanjutnya dapat dicerna oleh tubuh, sebaiknya perlu diperhatikan zat gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya.
c.       Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui pasti bahan makanan apa saja yang mengandung zat gizi (nutrisi) yang diperlukan oleh tubuh mereka.
3.
Kata rujukan
a.       Akan tetapi, kebanyakan orang memang tidak terlalu memperhatikan hal tersebut sehingga manusia makan, mereka melupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya.
b.      Hal tersebut bisa terjadi karena kabanyakan dari mereka tidak mengetahui pasti bahan makanan apa saja yang mengandung zat gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya.
4.
Istilah teknis
a.       Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diproses melalui sistem pencernaan yang dipecah menjadi molekul sederhana melalui dua cara, yaitu secara mekanis dan kimiawi.
b.      Cara kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan dan diproses di dalam mulut dan lambung.
c.       Dalam kehidupan sehari-hari, misalnya beberapa orang hanya mengonsumsi karbohidrat tanpa protein, glukosa, dan makanan lainnya yang menjadi sumber zat gizi (nutrisi).

Demikianlah artikel tentang ciri bahasa Teks Laporan Percobaan yang dapat admin bagikan semoga artikel kali ini bermanfaat. Terima kasih.