Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Struktur Teks Laporan Percobaan (Revisi 2016)

ilmubindo.com_ Teks laporan percobaan pada hakikatnya merupakan sebuah teks nonfiksi yang memaparkan laporan hasil percobaan atau penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara keilmuan. Teks laporan percobaan harus disusun dengan struktur dan fitur bahasa yang sesuai dengan kaidah keilmuan.

Adapun struktur teks laporan percobaan adalah sebagai berikut:


1.  Judul
     Judul merupakan muka dari sebuah teks laporan percobaan. Oleh karena itu, judul teks laporan percobaan harus memperlihatkan fakta yang ingin diungkapkan, jelas, positif, singkat, khas, serta mampu menampilkan kata kunci dari sebuah tulisan.

2.  Pendahuluan
     Bagian pendahuluan memaparkan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan percobaan secara lengkap.
Struktur Teks Laporan Percobaan (Revisi 2016)

a. Latar belakang memaparkan hal-hal yang terkait dengan percobaan yang dilakukan dan penekanan tentang  pentingnya percobaan tersebut dilakukan.

b. Pada bagian rumusan masalah, dipaparkan pertanyaan yang akan dijawab melalui proses dan hasil percobaan berdasarkan kajian teori yang terkait.

c. Pada bagian tujuan, dipaparkan tujuan yang ingin dicapai dalam percobaan.

3. Landasan Teori/Kajian Pustaka
    Pada bagian ini, dipaparkan berbagai teori yang digunakan dalam melakukan percobaan. Kajian teori dijadikan sebagai dasar pemikiran dalam melakukan percoban agar proses dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

4. Metode Penelitian
    Pada bagian ini, dipaparkan cara yang digunakan dalam melakukan percobaan. Alat dan bahan, serta prosedur kerja (percobaan) dipaparkan secara detail.

5. Hasil dan Pembahasan
    Pada bagian ini, dipaparkan hasil percobaan dan pembahasannya secara cermat dan jelas berdasarkan kajian teori yang telah dijelaskan sebelumnya. Hasil percobaan bisa dipaparkan dalam bentuk deskripsi atau tabel.

6. Simpulan
    Pada bagian ini, dipaparkan hasil percobaan secara ringkas untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang telah dipaparkan sebelumnya.

7. Daftar Pustaka
    pada bagian ini, dipaparkan rujukan atau referensi yang digunakan dalam melakukan percobaan. Rujukan dapat berasal dari media cetak, seperti buku, jurnal, dan majalah, atau sumber-sumber dari internet.
    


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Struktur Teks Laporan Percobaan (Revisi 2016)