13 Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 9 Terbaru 2018

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan 13 nomor soal paket untuk Try Out kelas 9 tahun 2018. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal terbaru untuk Try Out di sekolah masing-masing. Selamat belajar, semoga kalian sukses.

1. .... Kura-kura lalu meminta bantuan kepada monyet. “Maukah kau membantuku memetik buah pisang ini?” tanya kura-kura.
“Aku bersedia, tetapi buah pisang itu nanti dibagi dua,” jawab monyet. “Baik!” jawab kura-kura. Monyet lalu memanjat pohon pisang kura-kura. Bau harum buah pisang menggoda selera monyet. Ia lupa akan janjinya. Kura-kura menunggu di bawah pohon pisang. “Nyet, nyet, mana pisang bagianku?” teriak kura-kura. “Sebiji pun tidak ada,” jawab monyet rakus. “Nyet, ini pohon pisangku!” rengek kura-kura hampir menangis.
“Salah sendiri mengapa tidak bisa memanjat pohon?” ejek monyet.
Kura-kura raut wajahnya memerah, ia mulai menangis. Hatinya sedih bercampur marah. Ia lalu menggoyang-goyang pohon pisang itu. Tiba-tiba…. bruk! Pohon pisang itu tumbang. Monyet itu jatuh. Dia mengerang kesakitan. Tubuhnya tertimpa batang pohon pisang. “Ampun kura-kura, tolong aku! Aku menyesal…,” kata monyet. Tetapi, kura-kura sudah berlalu. Ia mencari sahabat baru.

Akibat konflik pada cerita tersebut adalah ....
A. Kura-kura tidak mau berteman dengan monyet.
B. Monyet mau berteman lagi dengan kura-kura.
C. Kura-kura menyesal telah menyakiti monyet.
D. Monyet menyesal lalu pergi melarikan diri.

www.ilmubindo.com

2. “Jadi, kita akan kuburkan ia di Simagara?” katanya pelan pelan, setengah, ditujukan pada dirinya sendiri: Soleha tidak sanggup menjawab. Ia mau berpikir panjang. Ia mau mengatakannya, tapi ia segera ingat pada yang lain.” Tapi, kita sudah menikahkan dia. Dan kini ia sudah jadi istri Sunarto. Apa yang ia katakan pada Sunarto?” Pikirannya makin tidak tenang bila mengingat soal itu. Ia memang sudah keberatan dikala suami Soleha dipanggil orang dari kampung sawah untuk mengobati Pak Murad. Sebagai mantri kesehatan di sekitar itu memang tidak ada dokter. Suami Soleha sering diminta pertolongan. Namun, ia tahu betul Pak Murad ayah Mumy. Mumy kini menjanda lantaran suaminya meninggal dunia. Suami Soleha saling mengasihi dengan Mumy dikala masih bujang dan gadis. Mereka tak sanggup melakukan niat hatinya alasannya ialah Mumy dipaksa menikah.

Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan tersebut ialah ....
A. karena cemburu terhadap Mumy.
B. karena suaminya mantri kesehatan
C. karena suami Soleha pernah mengasihi Mumy
D. karena suaminya diminta pertolongan

3. Dalam novel ini penulis menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Selain itu, banyak pelajaran hidup yang diambil dari kisah tokoh. Hanya saja, penulis terlalu banyak memunculkan konflik sehingga agak membingungkan. Namun, pada akhir cerita semua konflik dapat diselesaikan dengan baik.

Simpulan pendapat pro pada teks tersebut adalah ....
A. Isi novel bagus dan layak untuk dibaca.
B. Tokohnya terlalu banyak mengalami konflik.
C. Akhir cerita novel agak membingungkan.
D. Novel tersebut banyak kekurangannya.

4. Rencana aksi poros maritim dunia mencakup lima agenda prioritas. Pertama, mempercepat upaya diplomasi penyelesaian konflik perbatasan, termasuk wilayah darat, dengan 10 negara tetangga. Kedua, melindungi teritorial laut nasional. Ketiga, menjaga kekayaan sumber daya alam di dalam zona ekonomi eksklusif. Keempat, mengintensifkan diplomasi pertahanan. Kelima, mendorong resolusi damai konflik internasional melibatkan negara-negara besar di kawasan Indo-Pasifik. Program aksi yang berdimensi kompleks, mulai dari hukum, politik, ekonomi, keamanan, hingga pertahanan. Karena itu, dibutuhkan sebuah instrumen kerja diplomasi kreatif, aplikatif, dan efektif.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Mempercepat upaya diplomasi penyeleseaian konflik.
B. Mengintensifkan diplomasi pertahanan.
C. Program aksi yang berdimensi kompleks.
D. Lima agenda prioritas rencana aksi poros maritim.

5. Taman Nasional Ujung Kulon memiliki berbagai macam flora, fauna, dan ekosistim yang dilindungi.

Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A. kata ekosistim seharusnya ditulis ekosistem
B. kata flora seharusnya ditulis felora
C. kata Nasional seharusnya ditulis nasional
D. kata dilindungi seharusnya ditulis di lindungi

6. “Terima kasih, aku janji tidak akan mengulanginya lagi!” jawab Cici dengan tulus.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. Tanda seru (!) seharusnya tanda tanya (?)
B. Tanda titik (.) seharusnya tanda seru (!)
C. Tanda titik (.) seharusnya tanda koma (,)
D. Tanda seru (!) seharusnya tanda koma (,)

7. (1) Tata tertib lalu lintas harus dipatuhi demi untuk keamaan dan kenyamanan pengguna jalan.
(2) Kemacetan panjangan kerap terjadi saat libur akhir pekan, terutama dijalan menuju tempat wisata.
(3) Sangat disayangkan jika kecurangan terjadi dalam kompetisi olahraga yang senantiasa menjunjung tinggi sportivitas.
(4) Perjuangan Tim Merah Putih di ajang SEA GAMES 2017 tidak sia-sia karena mereka telah membuat bangsa Indonesia bangga mestipun tidak menjadi juara.

Kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

8. (1) Permainan online yang terdapat dalam gawai menjadi faforit anak-anak. Hal ini dapat membuat anak kecanduan. (2) Keinginan untuk terus memainkannya membuat anak-anak lupa terhadap tugas dan kewajibannya di rumah. (3) Bahkan, anak akan cenderung tekun menatap gawai dari pada membaca buku. (4) Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap hubungannya dengan lingkungan sekitar. (5) Anak akan dijauhin teman-temannya saat bermain di luar rumah.

Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah .....
A. faforit dan candu
B. online dan faforit
C. candu dan gawai
D. online dan gawai

9. Batik memang sering membuat orang kesengsem. Begitu juga dengan Hon Stephany Uy Tan, Wali Kota Catbalogan, Filipina yang mengunjungi Kabupaten Trenggalek. Wali kota perempuan tersebut bahkan [ ... ] belajar membatik.

Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. tekun
B. emosional
C. serius
D. antusias

10. Bu Ratna pun menghukum kami. Kami disuruh membuat karangan dengan tema "Dampak Buruk Menyontek". Kami juga harus mengerjakan soal ulangan yang lain lagi untuk mengganti yang sebelumya. Setelah kurenungkan, aku menyadari kesalahanku. Ternyata, membantu seseorang haruslah dengan cara yang benar. Tidak asal membantu. Alih-alih membantu, yang ada malah kena hukuman.

Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian ....
A. perumitan
B. penyelesaian
C. peleraian
D. pengenalan

11. Museum merupakan salah satu tempat penting dalam upaya pelestarian sejarah. Museum adalah lembaga yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. definisi umum
B. deskripsi bagian
C. simpulan
D. penutup

12. Ibnu Sina adalah seorang ilmuwan muslim yang terkenal di dunia. Lahir dari keluarga pengabdi pada negara dan pecinta ilmu. Selain sebagai pendidik, ayahnya juga bekerja di pemerintahan. Oleh sang ayah, Ibnu Sina diajari Alquran dan sastra bahkan didatangkan guru khusus menghafal Alquran, serta belajar fiqih dan filsafat. Di usia 10 tahun, Ibnu Sina telah menghafal isi Alquran dan mendalami berbagai karya sastra.

Informasi tersurat yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ....
A. Ibnu Sina dan ayahnya dikenal sebagai ilmuwan muslim di dunia.
B. Ibnu Sina belajar ilmu fiqih dan filsafat kepada ayahandanya sendiri.
C. Ibnu Sina bekerja dengan mengabdi pada negara dan pendidikan.
D. Ibnu Sina memiliki kecerdasan luar biasa dalam menghafal Alquran.

13. Para pemimpin yang taktis bertindak dan memiliki banyak pemikiran alternatif serta visioner diperlukan untuk memimpin Indonesia.

Makna kata 'visioner' pada kalimat tersebut adalah ....
A. berkhayal yang baik
B. berwawasan ke depan
C. berjiwa tangguh
D. bermimpi yang indah

Demikianlah yang dapat kami bagikan tentang contoh soal Try Out terbaru mata pelajaran bahasa Indonesia. Semoga soal-soal ini bermanfaat buat kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam sukses dari admin.