Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif : Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan artikel tentang ciri kebahasaan teks pidato dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga artikel yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi terbaru tentang ciri kebahasaan teks pidato. Dan harapannya ciri kebahasan yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari dapat menjadikan kalian anak didik yang ahli dalam berpidato.

Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif : Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Sebagai pidato yang bertujuan menyampaikan gagasan dan pesan berupa imbauan dan ajakan, pidato persuasif memiliki beberapa ciri-ciri kebahasaan diantaranya sebagai berikut.

Kalimat aktif
Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan kegiatan atau aktivitas.
Contoh kalimat : Orang-orang di kampung kami memiliki semangat kebersamaan atau gotong rotong yang sudah diakui oleh kampung-kampung lain yang ada di daerah kami.

Kata tugas
Kata tugas adalah sejenis kategori kata dalam tata bahasa Indonesia yang terdiri atas kata depan, kata sambung, kata sandang, dan kata seru.
Contoh kalimat: Marilah kita jaga dan rawat bersama agar nilai kesetiakawanan sosial itu bisa terus tumbuh dan kerkembang di tengah tantangan perubahan zaman yang tidak mungkin kita hindari.

Kosakata emotif
Kosakata emotif adalah kosakata yang berhubungan dengan emosi (perasaan) yang bisa membuat pendengar tersentuh emosinya ketika menyimak atau membaca.
Contoh kalimat: Hal itu bisa terjadi karena bangsa kita memiliki semangat kebersamaan dan gotong royong.

Kosakata bidang ilmu (istilah)
Kosakata bidang ilmu (istilah) adalah kosakata yang lazim digunakan di bidang keilmuan.
Contoh kalimat: Salah satu perubahan yang begitu mencolok yang sedang kita rasakan akhir-akhir ini adalah merebaknya penggunaan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, atau telegram di tengah-tengah kehidupan kita.

Sinonim 
Sinonim adalah persamaan atau padanan makna kata.
Contoh kalimat: Sikap egosi dan individualistis tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita.

Kata benda abstrak
Kata benda abstrak adalah kata yang menyatakan benda yang sifatnya abstrak (tanpa wujud) karena tidak bisa ditangkap oleh pancaindra. Pembedaan termasuk dalam kelas nomina abstrak (kata benda abstrak) yang menyatakan semua benda dan segala yang dibendakan.
Contoh kalimat: Kesetiakawanan sosial memang perlu kita jaga dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Teks Pidato

Pentingnya Imunisasi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada para hadirin sekalian,

Saya akan menyampaikan mengenai pentingnya imunisasi bagi bayi Anda. Imunisasi yang sah harus mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Saat bayi Anda lahir pertama kali, penting untuk memberikan imunisasi hepatitis B.

Bahkan sangat disarankan, pemberian imunisasi tersebut dilakukan pada 12 jam pertama setelah bayi dilahirkan. Imunisasi hapatitis B ini berguna untuk mencegah terjadinya kanker hati atau liver pada bayi. Kemudian saat bayi beranjak ke usia 1 bulan, maka bayi perlu diberikan dua macam imunisasi yaitu vaksin polio dan BCG.

Vaksin polio akan diberikan ke bayi melalui tetesan. Sedangkan BCG akan di masukkan ke dalam tubuh bayi melalui suntikan. Vaksin BCG ini berfungsi untuk mencegah bayi terkena penyakit TBC (Tuberkulosis). Setelah bayi menginjak usia 2 bulan, maka bayi perlu diberi vaksin DPT yang berfungsi untuk mencegah terjangkitnya penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Harga dari vaksin tersebut sudah pasti akan berbeda-beda.

Vaksin ini juga ada yang diproduksi secara lokal dan ada juga yang diimpor dari luar negeri, seperti Belgia dan Perancis. Biasanya vaksin impor akan memiliki kisaran harga sekitar 2 kali lipat dari harga vaksin lokal. Hanya saja, vaksin yang berasal dari luar negeri lebih tidak menimbulkan efek demam pada bayi dibandingkan dengan vaksin buatan lokal.

Walaupun demikian, faktanya juga hampir semua bayi yang akan disuntik dengan menggunakan vaksin lokal dan hidup dengan sehat sampai besar. Yang jelas, imunisasi bagi bayi itu sangat penting dan sebagai orang tua, Anda harus peduli mengenai hal itu.

Sekian pidato yang saya sampaikan. Apa bila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikianlah yang dapat kami jelaskan tentang ciri kebahasaan teks pidato persuasif di kelas 9 mata pelajaran bahasa Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu rekan-rekan semua dalam mencari referensi bahan ajar tentang pidato persuasif. Terima kasih.