Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal Latihan UNBK Bahasa Indonesia tahun 2019 (Bag. 1)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal latihan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2019 untuk kelas 9. Semoga contoh soal latihan ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi tentang soal-soal terbaru untuk latihan menghadapi ujian nasional tahun depan di tingkat SMP. Selamat berlatih semoga sukses.

1. Pada beberapa sekolah diadakan program kelas akselerasi. Biasanya kelas akselerasi menjadi cita-cita sebagian besar orangtua murid agar anaknya masuk ke dalam kelas tersebut. Terutama murid-murid yang memiliki prestasi tinggi. Yang mungkin tidak diketahui orangtua murid adalah bahwa ternyata anak dengan prestasi yang bagus belum tentu dapat memasuki kelas akselerasi. Hal inilah yang sering menimbulkan rasa tidak puas. Kalau begitu, sudah menjadi tugas guru untuk menjelaskan pada orangtua murid mengenai kelas akselerasi ini.

Makna istilah 'akselerasi' dalam kutipan laporan tersebut adalah ....
A. Tambahan
B. Unggulan
C. Percepatan
D. Peningkatan


www.ilmubindo.com

2. Kelelawar termasuk dalam binatang mamalia. Binatang ini melakukan banyak aktivitasnya secara terbalik jika dibandingkan dengan binatang yang lain pada umumnya. Kelelawar lebih memfokuskan diri untuk segala aktivitasnya seperti mencari makan pada malam hari sementara pada siang hari mereka lebih banyak tidur. Binatang ini beragam jenisnya. Ada yang besar sekali yang sering disebut kalong. Ukurannya dapat mencapai berat satu kilo atau lebih. Sementara yang sedang hanya beberapa ons dan ada lagi yang paling kecil ada yang menyebutnya anrip. Anrip hanyalah sebesar jari. Biasanya yang banyak diburu adalah yang berukuran sedang karena dari segi ukuran tidak terlalu kecil serta populasinya masih banyak.

Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ....
Populasi kelelawar kecil
Kalong rajanya kelelawar
Jenis dan ukuran kelelawar
Kelelawar berukuran sedang

3. Rokok adalah benda yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan dengan memberikan candu kepada orang yang menikmatinya. Rokok mempunyai rupa silinder dari kertas berukuran panjang, berisi daun tembakau yang telah dicacah. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan yang umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan akibat merokok, misalnya kanker, paru-paru, atau serangan jantung.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Dalam bungkusan rokok terdapat pesan kesehatan yang memperingatkan perokok
B. Orang yang terbiasa merokok akan kecanduan dan susah untuk berhenti merokok
C. Orang yang merokok akan merasakan rileks dan nyaman
D. Kebiasaan merokok akan merugikan kesehatan seseorang

4. Sebaiknya kita sebagai orang tua mengawasi atau memantau penggunaan ponsel pintar yang dipakai oleh anak-anak di bawah umur, sehingga  tidak akan sampai terjadi hal-hal yang berdampak negatif pada anak-anak di bawah umur. Justru sebaliknya, penggunaan telepon genggam tersebut harus dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak di bawah umur tersebut.

Bagian teks tanggapan kritis tersebut adalah ....
A. Penegasan ulang
B. Deskripsi teks
C. Evaluasi
D. Orientasi

5. Dalam puncak hujan tarinya, tiba-tiba pintu dibuka dari luar. Ayesh tersentak, dan putuslah tarian. Ibunya pulang  dari supermaket terperangah sesaat melihat lantai basah dan Ayesha yang tertegun bagaikan patung yang masih menangkap sisa hujan. Ibu memandang langit-langit. Kering, tak ada basah di saana. Ia pun tersenyum, lantas ia letakkan plastik belanjaan di sofa dan pergi mengambil handuk di kamar. “Rupanya engkau mengembara lagi, Ayesha,” ujarnya sambil mengelap tubuh anaknya yang masih terpancang diam dan menyimpan hujan. Dan gumpalan jari- jemari katun handuk itu perlahan-lahan mengembalikan Ayesha pada dunia yang kering kerontang.

Makna simbol 'dunia yang kering kerontang' dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Udara yang sangat panas
B. Pengalaman menyedihkan
C. Kehidupan yang sunyi
D. Musim kemarau panjang

6.  Suatu ketika Keledai menemukan kulit singa yang ditinggalkan sang pemburu di dalam hutan. Keledai itu mengambil kulit singa dan memakainya. Kulit singa itu tepat sekali menutup tubuhnya. Kini Keledai tersebut mirip sekali dengan singa. Kemudian, muncul sifat iseng keledai tersebut. Dia menggunakan kulit singa itu untuk menakut-nakuti hewan lain. Secara diam-diam Keledai mengenakan kulit singa, lalu bersembunyi di semak-semak. Jika ada hewan lain yang melintas, si Keledai segera meloncat keluar. Semua binatang yang melihatnya menjadi takut dan lari terbirit-birit. Mereka mengira ada singa yang akan menerkamnya.
Keledai merasa begitu senang melihat semua binatang takut dan berlari menjauh darinya. Muncullah sifat sombong dalam diri keledai. Dia menganggap dirinya raja hutan. Dengan bangganya,  si Keledai mencoba  untuk mengaum keras meniru suara singa. Tetapi sayangnya, bukanlah auman singa yang keluar dari mulutnya, melainkan hanya ringkikan Keledai yang parau.
Macan Kumbang yang semula turut berlari ketakutan bersama binatang lainnya mendengar suara tawa itu. Dia pun berhenti berlari. Dengan perlahan-lahan dan penuh kehati-hatiannya, dia mendekati singa itu. Begitu dia tahu bahwa ternyata yang menakut-nakutinya hanyalah Keledai yang memakai kulit singa. Macan Kumbang itu segera menerkamnya.
Macan Kumbang itu berkata sambil tertawa, “Jika kamu menutup mulutmu dan tidak mengeluarkan suara ringkikanmu yang parau, mungkin aku akan berlari ketakutan juga. Kamu bisa menipu dengan kulitmu, tetapi tidak dengan suaramu.”

Simbol singa dalam fabel tersebut mempunyai makna ....
A. Kekuasaan
B. Kekuatan
C. Kemarahan
D. Kebijaksanaan

7. Setelah tiga hari, habislah masa berpikir yang diberikan padaku. Aku dipanggil lagi ke meja makan. Gemuruh di dadaku telah tiada. Tapi hatiku ciut dan pikiranku kalut. Satu-satunya persediaan kata yang bisa kukatakan, agar aku tidak dimurkai, “Terserah Ibu dan Papa.” Lainnya tidak.

Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Tokoh Aku pasrah kepada keputusan orang tuanya
B. Tokoh Aku takut akan dimarahi kedua orang tuanya
C. Tokoh Aku bingung dalam memilih suatu keputusan
D. Tokoh Aku berontak dengan keputusan orang tuanya

8. Suatu ketika Keledai menemukan kulit singa yang ditinggalkan sang pemburu di dalam hutan. Keledai itu mengambil kulit singa dan memakainya. Kulit singa itu tepat sekali menutup tubuhnya. Kini Keledai tersebut mirip sekali dengan singa. Kemudian, muncul sifat iseng keledai tersebut. Dia menggunakan kulit singa itu untuk menakut-nakuti hewan lain. Secara diam-diam Keledai mengenakan kulit singa, lalu bersembunyi di semak-semak. Jika ada hewan lain yang melintas, si Keledai segera meloncat keluar. Semua binatang yang melihatnya menjadi takut dan lari terbirit-birit. Mereka mengira ada singa yang akan menerkamnya.
Keledai merasa begitu senang melihat semua binatang takut dan berlari menjauh darinya. Muncullah sifat sombong dalam diri keledai. Dia menganggap dirinya raja hutan. Dengan bangganya,  si Keledai mencoba  untuk mengaum keras meniru suara singa. Tetapi sayangnya, bukanlah auman singa yang keluar dari mulutnya, melainkan hanya ringkikan Keledai yang parau.
Macan Kumbang yang semula turut berlari ketakutan bersama binatang lainnya mendengar suara tawa itu. Dia pun berhenti berlari. Dengan perlahan-lahan dan penuh kehati-hatiannya, dia mendekati singa itu. Begitu dia tahu bahwa ternyata yang menakut-nakutinya hanyalah Keledai yang memakai kulit singa. Macan Kumbang itu segera menerkamnya.
Macan Kumbang itu berkata sambil tertawa, “Jika kamu menutup mulutmu dan tidak mengeluarkan suara ringkikanmu yang parau, mungkin aku akan berlari ketakutan juga. Kamu bisa menipu dengan kulitmu, tetapi tidak dengan suaramu.”

Isi tersirat dalam fabel tersebut adalah ....
A. Keledai menjadi hewan yang ditakuti hewan lainnya karena mengenakan kulit singa
B. Kebohongan Keledai terungkap karena dia tidak pernah bisa mengaum seperti singa
C. Keledai merasa senang dapat menakuti hewan-hewan yang melintasi tempat persembunyiannya
D. Keledai yang mengenakan kulit singa menakuti setiap hewan yang melintasi tempat persembunyiannya

9. Saat ini gerakan mencintai Pancasila di dalam generasi muda sudah mulai luntur. Oleh karena itu, kepala sekolah mengajak siswa-siswa untuk mencintai dan menanamkan niali-nilai luhur Pancasila.  Generasi muda adalah garda depan pangamalan Pancasila.

Pilihlah tulisan teks pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut!
A. Hadirin yang berbahagia,
Saat ini globalisasi mengancam generasi muda kita. Generasi muda kita mudah melupakan Pancasila, padahal mereka adalah garda depan bangsa. Kita harus menggantikan diri menjadi penjaga Pancasila. Mari, bersama menjaga Pancasila!
B. Bapak Ibu sekalian,
Terima kasih atas kehadiran Bapak Ibu dalam acara penguatan nilai luhur Pancasila ini. Nilai luhur Pancasila harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ayo, kita pupuk semangat Pancasila dalam diri kita!
C. Anak-anakku yang berbahagia,
Kita telah dianugerahi oleh Tuhan berupa alam yang indah. Kekayaan itu haruslah kita jaga dan lestarikan. Jika tidak kita jaga, kekayaan alam dan Pancasila akan terancam. Mari, semangat menjaga Pancasila!
D. Para siswa yang berbahagia,
Saat ini banyak generasi muda yang tidak mencintai Pancasila. Padahal generasi muda adalah garda depan pengamalan nilai luhur Pancasila. Maka, mari, kita cintai dan tanamkan nilai luhur Pancasila dalam diri kita!

10. Judul film : “Kartini”
Penulis : Bagus Bramanti dan Hanung Bramantyo
Sutradara film : Hanung Bramantyo
Produksi : Legacy Pictures, Screenplay Films
Durasi : 1 jam 59 menit
Pemain : Dian Sastro Wardoyo, Deddy Soetomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, dan Ayushita
Sinopsis film : Film “Kartini” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo berupaya menggugat pandangan bahwa Kartini hanya berjasa bagi perempuan Indonesia. Film ini menggambarkan upaya Kartini untuk mendidik rakyat jelata dan mengangkat harkat perajin ukiran Jepara.

Ubahlah teks ulasan tersebut menjadi teks tanggapan!
A. Judul film “Kartini” unik dan sederhana. Film yang diadaptasi dari kisah hidup R.A. Kartini memiliki cerita sangat menakjubkan. Sutradara film ini, Hanung Bramantyo, secara cerdas merekatkan karakter kuat pada setiap tokoh. Keadaan ini membuat film “Kartini” unggul dari film lain.
B. Jalan cerita film “Kartini” memukau penonton. Setiap pemain mampu memerankan tokoh sesuai karakternya. Banyak nilai kehidupan dari film ini yang pantas diteladani generasi muda. Banyak sisi positif dari film di antaranya menggugah para remaja untuk membangkitkan semangat nasionalis. Oleh karena itu, film ini wajib ditonton remaja Indonesia.
C. Film “Kartini” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo mengajarkan rasa cinta tanah air kepada remaja. Film ini mengajarkan perilaku cinta tanah air yang disampaikan oleh sosok Kartini. Banyak sisi positif dari film, di antaranya menggugah para remaja untuk membangkitkan semangat nasionalis. Film “Kartini” layak ditonton remaja Indonesia.
D. Film “Kartini” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo berupaya menggugat pandangan bahwa Kartini hanya berjasa bagi perempuan Indonesia. Film ini membuktikan bahwa Kartini berjasa bagi seluruh rakyat Indonesia. Terbukti bahwa Kartini berusaha mendidik rakyat jelata dan mengangkat harkat perajin ukiran Jepara.

Demikianlah contoh soal latihan UNBK tahun 2019 yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat buat kita semua. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Latihan UNBK Bahasa Indonesia tahun 2019 (Bag. 1)