Contoh Soal Latihan UNBK Bahasa Indonesia Tahun 2019 (Bag. 2)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan soal lanjutan dari contoh soal latihan 1 sebelumnya. Kami berharap contoh soal dua kali dapat menambah wawasan kalian tentang contoh-contoh soal dalam UNBK tahun depan. Soal yang kami bagikan di sini telah sesuai dengan kisi-kisi ujian nasional 2019 mata pelajaran bahasa Indonesia. Jadi beruntunglah kamu karena telah berkunjung ke blog ini. Berikut adalah contoh soalnya.

1. 1) Salah satu cara penyediaan energi listrik alternatif yang siap untuk diterapkan secara massal pada saat ini menggunakan Sistem Energi Surya Fotovoltaik (SESF). 2) Sistem Energi Surya Fotovoltaik (SESF) disebut juga Pembangkit Listrik Tenaga Surya Fotovoltaik (PLTS Fotovoltaik). 3) Sebutan SESF memanfaatkan energi matahari dan menggunakan tehnologi Fotovoltaik. 4) Dibandingkan energi listrik konvensional pada umumnya, SESF terkesan rumit, mahal, dan sulit dioperasikan.

Kalimat yang menggunakan kata yang tidak sesuai kaidah ditunjukkan pada kalimat nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

2. 1) Ventilasi rumah mempunyai fungsi untuk menjaga agar supaya oksigen di dalam rumah tercukupi. 2) Ventilasi yang kurang akan menyebabkan kadar CO2 meningkat. 3) Selain itu, kekurangan ventilasi menyebabkan kadar kelembapan udara di dalam ruangan menjadi tinggi. 4) Kondisi lembab merupakan media yang baik untuk bakteri-bakteri patogen.

Kalimat yang tidak sesuai kaidah ditunjukkan pada kalimat nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

www.ilmubindo.com

3. Terlalu banyak […] gula dapat mempercepat proses penuaan kulit. Gula […] kadar kolagen dan elastin di dalam kulit. Kolagen dan elastin berfungsi untuk menjaga kekencangan dan kelenturan kulit. Dengan demikian, penggunaan gula secara berlebihan dapat […] pembentukan keriput dan kulit Anda lebih longgar.

Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. mengonsumsi, memengaruhi, menyebabkan
B. mengkonsumsi, memengaruhi, menyebabkan
C. mengonsumsi, mempengaruhi, menyebabkan
D. mengkonsumsi, mempengaruhi, mensebabkan

4. Atraksi adu kuda merupakan warisan dari Kerajaan Muna. Dahulu atraksi tersebut ditampilkan pada saat ada tamu dari luar kerajaan. […] Kerajaan Muna sudah runtuh, atraksi ini tetap berkembang. […] atraksi ini telah menjadi objek wisata unggulan masyarakat Muna.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. walaupun, bahkan
B. walaupun, kemudian
C. walaupun, sebaliknya
D. walau, bahkan
5. Pagi itu Amir mendapati Nenek duduk sendirian di beranda depan. Rupanya, Nenek sedang menyulam bendera. Amir menyapa dan bertanya,
”Selamat pagi, Nek. Benderanya kenapa?”
“Oh, cucuku yang ganteng sudah bangun!” sahut Nenek pura-pura kaget.
“Bendera ini sedikit robek karena sudah tua.”
“Kenapa tidak beli yang baru saja?”
Nenek tersenyum. “Belum perlu,” katanya. ”Ini masih bisa diperbaiki. Tidak baik memboroskan uang. Lebih untung ditabung, siapa tahu akan ada kebutuhan yang lebih penting.”
“Bendera tidak penting ya, Nek?”
“O, penting sekali. Justru karena sangat penting, Nenek tidak akan membuangnya.”
Nenek berhenti sejenak dan menatap cucunya. “Kelak, ketika kamu dewasa, Nenek harap kamu juga  menjadi penting seperti bendera ini.”

Komentar mengenai amanat yang tepat  pada cerpen tersebut adalah ....
A. Cerita tersebut mengajarkan kita agar selalu hidup hemat dengan rajin menabung
B. Cerita tersebut mengajarkan kita agar selalu menemani nenek yang sudah usia tua
C. Cerita tersebut mengajarkan kita agar berusaha tidak membuang barang yang sudah usang
D. Cerita tersebut mengajarkan kita agar tidak selalu menyusahkan orang tua hanya karena ingin membeli bendera

Demiikianlah contoh soal latihan UNBK bagian 2 yang dapat kami bagikan. Semoga soal-soal yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat buat kita semua. Terima kasih.