Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Teks Ceramah dalam Bahasa Indonesia

ilmubindo.com_ Mendengarkan dan memahami isi ceramah tentu akan menambah wawasan dan pengetahuan kita. Mendengarkan ceramah dapat kita lakukan melalui radio, televisi atau langsung dalam berbagai pertemuan. Artikel kali ini kami admin berharap kalian mampu menemukan hal penting dalam ceramah kali ini. 

Memanfaatkan Liburan

Liburan merupakan kebutuhan dalam hidup kita. Sepanjang tahun kita lelah bekerja keras, baik orang tua maupun anak (pelajar) yang setiap hari belajar menuntut ilmu. Dengan demikian waktu untuk bersenda gurau sangat terbatas. Karena itu, sudah sepantasnya setahun sekali kita liburan bersama keluarga. Bagaimana merencanakan liburan agar sukses?

Anak-anak perlu liburan, dan memanfaatkan masa liburan bersama orang tua paling sedikit setahun sekali. Kegiatan tersebut penting bagi anak-anak sebagai sarana pendidikan luar sekolah. Dengan melihat dunia luar lingkungannya, anak akan mendapat informasi baru, liburan baru, dan pengetahuan baru.

www.ilmubindo.com

Masa liburan panjang akhir tahun pelajaran yang di manfaatkan untuk berekreasi melepaskan penat tentu akan memberi banyak manfaat bagi anak-anak. Manfaat tersebut adalah pertama, pada liburan anak-anak sepanjang hari dapat bersama dengan kedua orang tuanya. Jika biasanya salah seorang atau kedua orang tua bekerja, pada masa liburan ibu, ayah, dan anak dapat bermain dan berkumpul sehari penuh. Kedua, dengan berekreasi, anak-anak mendapat pengalaman tambahan, memperluas pengetahuan, menghilangkan stres, dan memperluas wawasan hidup. itu sebabnya rekreasi dan mencari hiburan pada saat liburan harus direncanakan sebaik mungkin agar berguna bagi seluruhnya.

Supaya rekreasi bersama keluarga dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya waktu yang dipilih direncanakan dengan matang, apalagi bila ayah dan ibu bekerja. Informasi pertama yang wajib diketahui ialah jadwal liburan anak-anak di sekolah. Sebelum menentukan pilihan, musyawarah dengan keluarga sangat dibutuhkan.

Melibatkan anggota keluarga untuk menentukan hari untuk rekreasi bersama merupakan tindakan yang bijaksana. Hal itu memungkinkan putra-putri Anda tidak menentukan acara sendiri karena anak masa sekarang banyak yang mencoba mengisi liburan bersama teman-temannya. Namun, apabila kesepakatan tidak ditemukan, orang tua tidak boleh memaksakan kehendaknya.

Memilih tujuan berlibur perlu dibicarakan bersama. Hindari memaksakan kehendak jika pilihan Anda ditantang. Cobalah menyakinkan putra-putri Anda bahwa pilihan Anda bagus. Apabila menyangkut masalah ekonomi. Anda harus memberikan pertimbangan. Memilih tujuan rekreasi sangat berkaitan dengan persiapan biaya karena rekreasi membutuhkan biaya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Teks Ceramah dalam Bahasa Indonesia