Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Teks Opini/Tajuk dalam Bahasa Indonesia

ilmubindo.com_ Membaca adalah suatu aspek keterampilan berbahasa. Kegiatan membaca sangat penting kita laksanakan dalam kehidupan kita sehari-hari, karena dapat memperluas wawasan dan menambah pemahaman kita terhadap masalah yang kita baca. Berikut adalah contoh opini/tajuk dari surat kabar.

Pagelaran Tari Persada Budaya Sumatera

Sanggar tari Semenda Production mengadakan Pagelaran Tari Persada Budaya Sumatera Utara di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) Jl. Perintis kemerdekaan, Medan. Pagelaran tari ini bertujuan untuk menanamkan serta memupuk mental dan kepercayaan diri anak didik di Sanggar Tari Semenda.

Pagelaran ini, menurut Dra. Hj. Dilinar Adlin, Pimpinan Sanggar Tari Semenda, diadakan setiap 3 bulan sekali guna memberikan penilaian kepada seluruh anak didik baik yang junior maupun senior dengan beberapa tarian. Melalui pagelaran ini diharapkan anak-anak didik menjadi terbiasa untuk memberikan penampilan yang terbaik, ujarnya.

Contoh Teks Opini/Tajuk dalam Bahasa Indonesia
www.ilmubindo.com

Pagelaran ini diawali dengan kata sambutan pimpinan Sanggar Tari Semenda dan dilanjutkan dengan tarian Persembahan yang dimainkan oleh anak-anak seusia SD, umur 8-10 tahun kemudian diikuti dengan Tari Bakul, Tari Nirmal, tari kreasi modern Joget berhibur, Laila Canggung, Kuala Deli, Es Lilin, Laksamana Raja di Laut, dan diselingi dengan peragaan busana (fashion) oleh anak-anak dan remaja.

Menurut Dra. Hj. Dilinar Adlin, pagelaran ini senggaja dilaksanakan setiap tiga bulan sekali untuk memberikan suasana baru kepada anak-anak didiknya agar tidak merasa jenuh terus-menerus mengikuti latihan sekaligus agar anak-anak didik terbiasa menari di depan orang banyak. Pagelaran dilakukan untuk mendidik mental mereka agar terbiasa dan menumbuhkan rasa percaya diri di depan para penonton, ujarnya seraya menambahkan, pagelaran ini juga menunjukkan kepada orang tua sejauh mana bakat anak-anak mereka dalam kegiatan menari.

Lebih lanjut Dilinar mengucapkan bahwa Sanggar Tari Semenda bertujuan untuk melatih peserta agar dapat menampilkan tarian yang terbaik. Sanggar Tari Semenda yang telah berdiri selama sembilan tahun lebih sudah sering tampil diberbagai acara tai, bukan saja di Indonesia bahkan sampai ke Malaysia pada tahun 1999, dan acara konser di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Melihat kemajuan suku, adat (kebudayaan) di Indonesia penulis sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Sanggar Tari Semenda Production. Melalui kegiatan pagelaran tersebut yang bertujuan bagi sanggar itu sendiri, juga membawa manfaat bagi masyarakat banyak, khususnya Sumatera Utara dalam memperkenalkan budaya melalui seni tari.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Teks Opini/Tajuk dalam Bahasa Indonesia