Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Kumpulan Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 9 Terbaru 2018

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal Try Out terbaru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2018-2019. Semoga contoh soal Try Out ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal Try Out terbaru untuk mata pelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP. Berikut adalah contoh soalnya. Selamat belajar, semoga sukses.

1. (1) Kurangnya asupan zat besi disebabkan kurangnya konsumsi makanan kaya sumber zat besi. (2) Hal ini karena kurangnya konsumsi makanan kaya sumber zat besi. (3) Umumnya orang lebih suka makanan siap saji. (4) Sumber makanan yang kaya sumber zat besi berasal dari hewani. (5) Contoh sumber makanan hewani yang kaya zat besi di antaranya hati, daging sapi, daging kambing, unggas, dan ikan.
Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah ....
A. Contoh pada kalimat (5) tidak sesuai
B. Kalimat (2) kata rujukannya tidak jelas
C. Isi kalimat (3) menyimpang dari pembicaraan
D. Pokok yang dibicarakan pada kalimat (1) tidak fokus

2. Buku ini dalam menjelaskan karakter anak berdasarkan golongan darah dan pola asuh yang tepat bagi anak-anak. Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah ....
A. Kata yang tidak perlu ditulis sehingga dapat dihilangkan
B. Kata dalam tidak diperlukan karena membingungkan
C. Kata berdasarkan tidak diperlukan karena sama bermakna ganda
D. Kata karakter tidak diperlukan sehingga dapat dihilangkan

Kumpulan Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 9 Terbaru 2018
www.ilmubindo.com

3. Perlombaan Film Etnografi ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi semua jenis film, mulai dari film dokumenter, film seni, sampai film cerita.
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. Kata menyediakan penggunaannya seharusnya adalah kata Etnografi.
B. Kata bagi tidak tepat karena sudah ada kata untuk pada kalimat tersebut.
C. Kata wadah hanya digunakan untuk tempat sesuatu yang berbentuk benda.
D. Kata perlombaan digunakan untuk pencarian juara dalam bidang olahraga atau permainan.

4. Dua orang kakak beradik sedang menunggu ibunya pulang kerja.
Samin       : (Nampak gelisah, mukanya pucat) Kak, kok emak belum pulang, ya.
Darto        : Lagi banyak kerjaan kali, Dik. Kenapa? Lapar?
Samin       : (Mengangguk perlahan dengan tatapan kosong )
Darto       : Tunggu ya, mi kakak yang pagi masih ada sebungkus. Biar kakak rebus dulu ya.  (Bangkit ke dapur )
Samin       : Ya, Kak.

Bentuk lain dari teks tersebut adalah ....
A. Kedua kakak beradik menanti ibunya yang belum pulang. Adiknya sudah kelaparan. Dengan sabar sang kakak merebus mi jatahnya tadi pagi.
B. Seorang kakak sedih melihat adiknya kelaparan. Dia sudah mencari mi rebus dari lemari tetapi tidak ada. Dia bingung, adiknya nampak pucat dan lesuh. Sedangkan ibunya belum juga pulang.
C. Dua orang anak menanti ibunya yang sedang bekerja. Mereka sudah kelaparan. Akhirnya salah seorang dari mereka menemukan mi instan. Lalu mereka merebus dan memakannya bersama.
D. Sebuah keluarga terdiri atas ibu dan kedua anak lelakinya hidup serba kekurangan. Ibunya seorang buruh pabrik yang bekerja hingga larut malam. Kedua anaknya berjualan mi rebus dipinggir jalan sambil menanti ibunya pulang.

5. Nina belajar rutin setiap hari agar nilainya baik.
Kalimat berikut yang berpola sama dengan kalimat tersebut adalah ....
A. Karina tidak masuk sekolah karena pergi menjenguk nenek.
B. Ayah menanam cabai di halaman belakang rumah sore tadi.
C. Toni, Gio, dan Doni membuat layang-layang di rumah Pak Gino
D. Adik berlatih menyanyi selama seminngu supaya mendapat juara.

6. Fenomena alam yang luar biasa ini terjadi saat bulan melintas tepat diantara bumi dan matahari.
Kata melintas pada kalimat tersebut sepadan dengan kata ....
A. posisi
B. berada
C. keadaan
D. melewati

7. Seekor bangau berjalan dengan langkah yang anggun di sepanjang sebuah sungai kecil. Matanya menatap air sungai yang jernih, leher dan paruhnya yang panjang siap untuk menangkap mangsa di air sebagai sarapan paginya. Saat itu, sungai dipenuhi dengan ikan-ikan yang berenang, tetapi sang bangau merasa sedikit angkuh di pagi hari itu. “Saya tidak mau makan ikan-ikan yang kecil,” katanya kepada diri sendiri. “Ikan yang kecil tidak pantas dimakan olah bangau yang anggun seperti saya.” Sekarang, seekor ikan yang sedikit lebih besar dari ikan lain, lewat di dekatnya. “Tidak,” kata sang bangau. “Saya tidak akan merepotkan diri saya untuk membuka paruh dan memakan ikan sebesar itu” Saat matahari mulai meninggi, ikan-ikan yang berada pada air yang dangkal dekat pinggiran sungai, akhirnya berenang pindah ke tengah sungai yang lebih dalam dan dingin. Sang bangau yang tidak melihat ikan lagi, terpaksa harus puas dengan memakan siput kecil di pinggiran sungai.

Komentar terhadap bahasa yang digunakan pada kutipan cerita tersebut adalah....
A. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari dan mudah dimengerti.
B. Bahasa yang digunakan banyak menggunakan kiasan.
C. Bahasa yang digunakan menggunakan pribahasa sehingga membosankan.
D. Bahasa yang digunakan menyulitkan pembaca memahami isi cerita.

8. Perhatikan kedua teks berikut!
Teks 1:
Ketika si rusa mengayunkan kakinya, si kura-kura segera memasukkan kaki-kakinya ke dalam tempurungnya. Tendangan rusa hanya mengenai tempat kosong. Si rusa sangat marah mendapati tendangannya tidak mengena. Ia lantas menginjak tempurung si kura-kura dengan kuat. Akibatnya tubuh si kura-kura terbenam ke dalam tanah. Si Rusa menyangka si kura-kura telah mati. Ia pun meninggalkan si kura-kura.
Teks 2
Di bahu jalan terdapat sebatang pohon cemara yang tumbuh rindang. Sudah dua puluh tahun pohon itu menemani Jalan Harapan. Di bawahnya terdapat beberapa bangku yang terbuat dari kayu. Walaupun sudah terlihat tua. Tapi kebanyakan orang selalu menemani bangku itu sambil menghirup udara segar di bawah pohon tersebut.
Perbedaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 merupakan bagian orientasi, teks 2 merupakan bagian konflik.
B. Teks 1 merupakan bagian konflik, teks 2 merupakan bagian orientasi.
C. Teks 1 merupakan bagian pengenalan, teks 2 merupakan bagian orientasi.
D. Teks 1 merupakan bagian konflik, teks 2 merupakan bagian pengenalan tempat.

9. Anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk perfoma yang optimal. Anak-anak dan usia remaja secara signifikan butuh waktu tidur lebih banyak daripada orang dewasa. Hal ini guna mendukung kesehatan mental dan perkembangan fisiknya. Anak usia sekolah harusnya mendapat 10-11 jam waktu tidur.
Komentar terhadap isi teks tersebut adalah ....
A. Tidur harus memenuhi syarat kualitas dan kuantitas.
B. Tidur merupakan hak anak yang tidak boleh di abaikan.
C. Terlalu banyak tidur tidak baik terhadap kesehatan fisik dan psikis.
D. Tidur yang menyehatkan tidur yang proposional sesuai dengan usianya.

10. (1) Isi novel ini sangat mendidik, terutama untuk generasi muda. (2) Generasi penerus bangsa yang mementingkan persatuan dan kesatuan. (3) Sangat disayangkan, penggunaan istilah atau bahasa daerah yang terdapat di dalamnya tidak dilengkapi artinya. (4) Namun, hal tersebut tidak mengurangi kelayakan novel ini untuk dibaca, khususnya oleh generasi muda
Kelemahan dari teks karya sastra tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

11. (1)Cerpen-cerpen di buku ini ditulis Rendra dengan kesederhanaan bahasa, tanpa sedikit pun mengurangi keagungan cerita dan selipan makna. (2)Buku Pacar Seorang Seniman ini diterbitkan Bentang Pusaka, tahun 2015. (3)Buku setebal 183 halaman ini merupakan kumpulan cerpen. (4)Naskah dalam buku ini hadir dengan penuh keautentikan, penyunting dan penerbit tidak pernah sekalipun berani mengutak-atik kalimat-kalimat bentuk Rendra. (5)Di beberapa kalimat memang tampak kalimat tidak efektif.
Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

12. Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata NTB, Lalu Moh. Faisal, di Mataram, Selasa (27/10/2015), mengatakan target kunjungan wisatawan ke daerah mencapai tiga juta orang. Target itu tidak terlepas dengan penghargaan yang diraih NTB dalam ajang  World Halal Travel Award di Uni Emirat Arab. Dalam ajang itu, NTB diwakili Lombok meraih dua penghargaan sebagai daerah tujuan wisata halal terbaik di dunia dan wisata bulan madu halal terbaik di dunia 2015.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: siapa, kapan, di mana, apa
Teks 2: siapa, apa, kapan, di mana
B. Teks 1: di mana, kapan, siapa, apa
Teks 2: apa, kapan, di mana, siapa
C. Teks 1: apa, siapa, dimana, kapan
Teks 2: dimana, kapan, siapa, apa
D. Teks 1: siapa, apa, di mana, kapan
Teks 2: siapa, di mana, kapan, apa

13. Perhatikan kedua teks berikut!
Kutipan teks I
Gamelan Jawa

Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Di kota ini Anda dapat menikmati gamelan versi aslinya. Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa yaitu musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya. Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling. Perbedaan   itu   wajar,  karena   Jawa   memiliki   pandangan   hidup   tersendiri   yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya. Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing  daerah  memiliki  pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya.
Kutipan teks II
Kekeringan

Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrim dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat. Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum turun hujan. Kekeringan biasanya muncul bila suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Musim kemarau yang panjang akan menjadi bencana alam apabila menyebabkan suatu wilayah kehilangan sumber pendapatan akibat gangguan pada pertanian dan ekosistem yang ditimbulkannya.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. Teks I : bahasanya mudah dipahami
Teks II: banyak menggunakan istilah ilmiah
B. Teks I : banyak menggunakan bahasa daerah
Teks II: bahasanya mudah dipahami
C. Teks I : menggunakan istilah-istilah khusus
Teks II: banyak menggunakan istilah ilmiah
D. Teks I : banyak menggunakan istilah khusus
Teks II: menggunakan istilah-istilah umum

14. (1) Motor-motor yang parkir di trotoar membuat kemacetan semakin parah dan tak terkendali; jelas ayah. (2) Cerpen “Menu” yang terdapat dalam buku kumpulan cerpen Gergasi karya Danarto sungguh menarik. (3) Kemarin (27/8/2017). Indonesia memenangi pertandingan sepak bola melawan Myanmar dengan skor 3:0. (4) Sang Kancil berjalan mengendap-endap, “Pelankan langkah kakimu? Jangan sampai ketahuan Pak Tani,” kata Kancil kepada Kera
Kalimat yang menggunakan tanda baca yang tepat terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

15. (1) ”Apakah beras bisa mengecil ukurannya, ayah?’’ Tanya Aman sekali lagi pada ayah
(2) Semua siswa setiap hari senin wajib mengikuti upacara bendera.
(3) Siswa kelas VII dan VIII mengikuti perkemahan jumat-sabtu atau dikenal Perjusa.
(4) Perjuangan Keke sempat berbuah manis, tim dokter berhasil menyembuhkan penyakitnya.
Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

16. Oksigen diperlukan oleh organ tubuh seperti otot [ ... ] otak untuk melakukan fungsinya.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. tetapi
B. dan
C. atau
D. sedangkan

17. Tubuh manusia tidak dapat menoleransi suhu yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Seseorang yang berada di luar ruangan dengan temperatur udara di bawah minus 29°C akan beku. Hal ini dapat mengakibatkan kematian karena tubuh kehilangan panas.
[....]
Penurunan panas tubuh badan antara 1°C hingga 2°C mengakibatkan tubuh gemetar, yang merupakan salah satu usaha tubuh kita untuk menaikkan temperatur tubuh melalui gerakan dari sendi-sendi otot. Penurunan yang lebih drastis lagi mengakibatkan kehilangan kesadaran dan bahkan kematian.
Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. Temperatur udara antara di luar dengan di dalam tubuh manusia tidak imbang menyebabkan kondisi seseorang akan sakit. Temperatur yang bisa diterima tubuh berkisar 30-37°C.
B. Temperatur tubuh normal adalah 37°C. Ketika temperatur udara lebih rendah daripada temperatur tubuh, panas akan mengalir dari tubuh kita. Pada temperatur udara sedang, antara 15-20°C, tubuh kita tidak bermasalah.
C. Udara yang terlalu dingin di luar akan menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, saat udara dingin selalu menggunakan mantel atau baju hangat. Ini berguna bagi tubuh untuk menormalkan suhu tubuh.
D. Panas sangat diperlukan untuk menghangatkan tubuh. Tubuh yang masih menghasilkan panas menunjukkan bahwa organ dalam tubuh masih bekerja sesuai dengan fungsinya.

18. Tubuh manusia tidak dapat menoleransi suhu yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Seseorang yang berada di luar ruangan dengan temperatur udara di bawah minus 29°C akan beku. Hal ini dapat mengakibatkan kematian karena tubuh kehilangan panas.
[....]
Penurunan panas tubuh badan antara 1°C hingga 2°C mengakibatkan tubuh gemetar, yang merupakan salah satu usaha tubuh kita untuk menaikkan temperatur tubuh melalui gerakan dari sendi-sendi otot. Penurunan yang lebih drastis lagi mengakibatkan kehilangan kesadaran dan bahkan kematian.
Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. Udara yang terlalu dingin di luar akan menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, saat udara dingin selalu menggunakan mantel atau baju hangat. Ini berguna bagi tubuh untuk menormalkan suhu tubuh.
B. Panas sangat diperlukan untuk menghangatkan tubuh. Tubuh yang masih menghasilkan panas menunjukkan bahwa organ dalam tubuh masih bekerja sesuai dengan fungsinya.
C. Temperatur udara antara di luar dengan di dalam tubuh manusia tidak imbang menyebabkan kondisi seseorang akan sakit. Temperatur yang bisa diterima tubuh berkisar 30-37°C.
D. Temperatur tubuh normal adalah 37°C. Ketika temperatur udara lebih rendah daripada temperatur tubuh, panas akan mengalir dari tubuh kita. Pada temperatur udara sedang, antara 15-20°C, tubuh kita tidak bermasalah.

19. Waktu mendongeng dengan cara membacakan dongeng bagi anak sangat penting. Pakar parenting menyarankan para orang tua untuk menjadikan story time sebagai prioritas. [ .... ] Pengaruh itu bukan saja pada pendidikan, tetapi juga pada perilaku dan kondisi emosionalnya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. Pengaruh dongeng yang didengarkan anak belum diteliti kebenarannya.
B. Siapkan waktu beberapa saat untuk mempengaruhi anak dengan dongeng.
C. Setiap hari orang tua akan memperdengarkan dongeng kepada anaknya sebelum tidur.
D. Luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk berbagi cerita, ini memberi pengaruh yang berarti.

20. Petunjuk menanam pohon pisang
(1) Lubang didiamkan selama dua hari
(2) Siapkan lubang ukuran 1x1x1/2 meter
(3) Timbunlah pohon pisang dengan tanah lalu siram
(4) Setelah itu masukkan bibit pohon pisang ke dalam lubang
(5) Lubang yang sudah siap, isilah dengan pupuk kompos
Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ....
A. (5), (1), (4), (3), (2)
B. (5), (3), (4), (1), (2)
C. (2), (4), (5), (1), (3)
D. (2), (5), (1), (4), (3)

Demikianlah contoh soal Try Out untuk kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kita semua. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 9 Terbaru 2018