Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Kumpulan Contoh Teks Pidato Persuasif (Revisi Terbaru)

ilmubindo.com_ Dalam kehidupan sehari-hari, pidato persuasif sering digunakan dalam acara-acara tertentu, seperti Peringatan HUT Kemerdekaan, Hari Kartini, Hari Lingkungan Hidup, Bulan Bahasa, Bulan Gemar Membaca, dan sebagainya. Dalam pidato tersebut, sang orator menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, serta arahan atau pesan kepada pendengar yang hadir. Berikut adalah contoh teksnya.

Teks Pidato 1
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera untuk kita semua,
Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa atas limpahan berkah kenikmatan dan keselamatan sehingga kita dapat menghadiri seminar dalam rangka memperingati Bulan Gemar Membaca tahun ini.

Pada kesempatan ini, izinkan saya untuk menyampaikan beberapa informasi terkait dengan kegiatan seminar yang bertepatan dengan peringatan Bulan Gemar Membaca. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa sejak tahun 2003, pemerintah telah mencanangkan bulan September sebagai Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan. Hal ini sejalan dengan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah.
Kumpulan Contoh Teks Pidato Persuasif (Revisi Terbaru)

www.ilmubindo.com

Seminar ini bertujuan menggugah kembali semangat gemar membaca yang saat ini dinilai masih belum seperti yang kita harapkan. Budaya literasi kita masih tergolong rendah. Banyak pengamat yang menyatakan bahwa kemajuan teknologi telah memanjakan anak-anak  kita dengan berbagai jenis industri hiburan. Waktu anak-anak dalam kehidupan sehari-hari sering dihabiskan untuk menyaksikan berbagai jenis hiburan sehingga melupakan kegiatan literasi, baik membaca maupun menulis.

Hadirin yang saya hormati,
Generasi masa depan negeri ini akan menghadapi tantangan hidup yang semakin berat. Selain situasi persaingan yang begitu ketat pada era globalisasi, mereka juga akan dihadapkan pada arus informasi yang begitu kuat. Jika anak-anak tidak memiliki kecerdasan literasi yang cukup memadai, mereka dikhawatirkan akan mudah terhasut oleh berita-berita bohong atau hoaks yang marak diberbagai media, khususnya melalui internet yang sudah menjadi rujukan anak-anak kita dalam mengakses informasi.

Dalam situasi seperti itu, tidak ada cara lain kecuali membekali mereka dengan kecerdasan literasi yang cukup sehingga bisa membedakan mana informasi yang benar dan mana informasi yang tergolong hoaks. Berkaitan dengan hal tersebut, kita perlu memberikan penghargaan terhadap sekelompok kaum muda yang degan amat sadar membangun Komunitas Pondok Baca untuk memberikan ruang yang cukup bagi masyarakat sekitarnya untuk mengembangkan budaya literasi itu.

Tak sedikit diantara mereka yang mau berkiprah menjadi sukrelawan untuk melayani anak-anak yang punya minat besar untuk menyuburkan kecintaannya terhadap buku. Kita sangat membutuhkan relawan literasi yang amat setia melayani minat anak-anak yang sudah merasakan manfaat dahsyat dari kebiasaan dan kebutuhan membaca. Mereka layak digolongkan sebagai "pahlawan" literasi yang secara tidak langsung telah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa . Itulah sebabnya, seminar ini menjadi sangat penting untuk menggugah kesadaran kita semua mengenai betapa pentingnya budaya gemar membaca itu buat anak-anak kita.

Mari, kita dekatkan anak-anak kita pada buku, akrabkan mereka pada kegiatan gemar membaca. Jangan menjadikan kegiatan membaca sebagai hobi semata, tetapi menjadikannya sebagai kebutuhan untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin  berat.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga, kegiatan seminar ini tidak hanya berhenti sebagai bahan diskusi, tetapi yang jauh lebih penting adalah memanfaatkan hasil seminar ini sebagai upaya untuk menggugah kesadaran tentang pentingnya kecerdasan literasi pada era globalisasi.

Terima kasih atas perhatian hadirin. Mohon maaf apabila ada kekhilafan dan kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Teks Pidato 2
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kepada yang terhormat Kepala SMP Neg. Sangatta Selatan, yang saya hormati Bapak Ibu Guru dan karyawan SMP Neg. 1 Sangatta Selatan, dan teman-teman yang saya cintai. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahaagung yang telah memberi kenikmatan dan kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat. Pada siang hari ini kita berkumpul dalam rangka memperingati hari Lingkungan. Oleh karena itu, perkenankanlah saya untuk menyampaikan sedikit ajakan dalam menjaga kelestarian lingkungan yang dekat dengan kehidupan.

Lingkungan adalah tempat kita hidup. Salah satu lingkungan yang dekat dengan kehidupan kita adalah lingkungan sekolah. Setiap hari kita menimba ilmu di sekolah kita ini. Belajar tentu akan nyaman jika disertai lingkungan belajar yang bersih. Akhir-akhir ini, pemerintah mengeluarkan gerakan Adiwiyata. Gerakan Adiwiyata diwujudkan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi polusi udara, dan menanam tanaman hijau di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, kita sebagai warga sekolah wajib menjaga kebersihan sekolah. Ayo, bersama-sama meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata! Jagalah kebersihan sekolah. Marilah, kita ikuti program sego segawe atau sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe. Sebaliknya, kita menggunakan sepeda untuk bersekolah. Dengan menggunakan sepeda, kita sudah ikut menyukseskan kegiatan Adiwiyata.

Saya kira hanya ini yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian teman-teman, saya ucapkan terima kasih. Banyak kata yang kurang berkenan di hati teman-teman, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Teks Pidato 3
Selamat malam.
Hadirin yang saya hormati,
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena hanya dengan rahmat dan hidayah-Nya, kita dapat berkumpul dalam acara pada sore hari ini.

Pada kesempatan ini, saya akan berbicara mengenai permasalahan sampah yang menimbulkan banyak masalah di kota ini. Banyak dampak negatif sampah yang menumpuk. Oleh karena itu, perlu adanya penanggulangan tepat untuk mengatasi masalah sampah ini.

Hadirin yang saya hormati,
Sampah yang sering kita temui adalah sampah plastik dan botol. Kedua jenis sampah tersebut termasuk ke dalam jenis sampah anorganik. Sampah anorganik adalah sampah yang sulit diuraikan oleh mikroorganisme. Karena sulit diuraikan oleh mikroorganisme, semakin banyak sampah anorganik ditemui disudut kota ini. Kalau tidak diatasi, sampah tersebut akan menggunung. Padahal sampah anorganik menjadikan lingkungan tidak enak dipandang. Selain itu, sampah anorganik tersebut akan menjadi sarang penyakit.

Sampah anorganik yang menumpuk dapat diatasi dengan daur ulang. Sampah plastik dan botol dapat didaur ulang menjadi kerajinan tangan, seperti tas, tempat pensil, dan pot. Oleh karena itu, mari menggiatkan kegiatan daur ulang untuk mengatasi penumpukan sampah anorganik di kota ini. Saya yakin, jika setiap warga masyarakat mau dan mampu mendaur ulang sampah anorganik dengan baik, permasalahan sampah anorganik yang menumpuk di kota ini dapat diatasi. Selain  itu, masyarakat akan mendapat penghasilan tambahan jika mampu mengemas dan memasarkan produk daur ulang tersebut dengan baik.

Hadirin yang saya hormati,
Demikianlah pandangan saya mengenai masalah sampah anorganik di kota ini. Semoga dapat bermanfaat. Banyak salah saya mohon maaf.

Atas perhatian hadirin, saya ucapkan terima kasih.
Selamat malam.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh teks pidato persuasif. Semoga contoh pidato yang admin bagikan ini, dapat bermanfaat buat kita semua. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Contoh Teks Pidato Persuasif (Revisi Terbaru)