Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menganalisis Unsur Kebahasaan Cerita Pendek (Menggunakan Kalimat Deskriptif)

ilmubindo.com_ Kalimat deksriptif adalah kalimat yang menggambarkan suatu objek, hal, orang, atau peristiwa sehingga pembaca seperti melihat, mendengar, dan merasakan seperti apa yang digambarkan. Kalimat deskriptif biasanya digunakan untuk menggambarkan latar dan tokoh dalam cerpen.

Perhatikan contoh berikut!
  • Penggambaran Latar
Listrik sudah empat tahun masuk kampungku dqan sudah banyak yang dilakukannya. Kampung seperti mendapat injeksi tenaga baru yang membuatnya menggeliat penuh gairah. Listrik memberi kampungku cahaya, musik, es, sampai api dan angin. Di kampungku, listrik juga membunuh bulan di langit. Bulan tidak lagi menarik hati anak-anak. Bulan tidak lagi mampu membuat bayang-bayang pepohonan. Tapi kampung tidak merasa kehilangan bulan. Juga tidak merasa kehilangan tiga laki-laki yang tersengat listrik hingga mati.
Cara Menganalisis Unsur Kebahasaan Cerita Pendek (Menggunakan Kalimat Deskriptif)
www.ilmubindo.com

Sebuah tiang lampu tertancap di depan rumahku. Seperti semasa teman-teman sesama tiang listrik yang membawa perubahan pada rumah yang terdekat, demikian halnya beton langsung yang menyangga kabel-kabel di depan rumahku itu. Bedanya, yang dibawa ke rumahku adalah celoteh-celoteh sengit dua tetangga di belakang rumahku.
  • Penggambaran Tokoh
Wajahnya kasar-kasar seperti tengkorak, kulitnya liat seperti belulang, pipinya selalu menonjol oleh susur tembakau yang ada dalam mulutnya, jalannya tegak seperti seorang maharani yang angkuh. Di Rembang sekitar tahun tiga puluhan, ia lebih terkenal daripada pendeta Osborn pada pertengahan tahun 1954 di Jakarta karena prestasinya menyembuhkan orang-orang sakit secara gaib. Ditinjau dari sudut tertentu, cara pengobatan Mbah Danu adalah rasional. Titik pangkalnya adalah suatu anggapan yang logis. Mbah Danu menegaskan bahwa orang sakit itu "didiami" oleh roh-roh jahat. Oleh karena itu, cara satu-satunya untuk menyembuhkan adalah dengan menghalaukan makhluk yang merugikan kesehatan itu.

Demikianlah yang dapat admin jelaskan tentang cara menganalisis unsur kebahasaan cerita pendek menggunakan kalimat deskriptif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Terima kasih


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menganalisis Unsur Kebahasaan Cerita Pendek (Menggunakan Kalimat Deskriptif)