Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Teks Cerpen (Revisi)

ilmubindo.com_ Unsur pembangun teks cerpen terbentuk atas lima komponen yang saling berkaitan. Lima unsur itu adalah tema, penokohan, latar, sudut pandang, dan alur. Kelima unsur tersebut sering disebut sebagai unsur intrinsik cerita.

Daya pikat sebuah teks cerpen sangat ditentukan oleh keterampilan sang penulis dalam menyatukan unsur-unsur cerita di atas. Dengan demikian, teks cerpen mampu merangsang minat pembaca untuk mengetahui jalan cerita selanjutnya. 

Berikut ini adalah penjelasan unsur-unsur pembangun  teks cerpen.

1. Tema Cerita
Tema merupakan gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra. Tema menjadi dasar pengembangan seluruh cerita. Oleh karena itu, tema bersifat menjiwai seluruh bagian cerita itu. Sebagai contoh, sebuah cerpen dapat bertema keadilan, persahabatan, atau kecerdikan.

Cara Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Teks Cerpen (Revisi)
www.ilmubindo.com

2. Alur Cerita
Alur cerita adalah peristiwa yang jalin-menjalin berdasarkan urutan atau hubungan tertentu. Sebuah rangkaian peristiwa dapat terjadi berdasar urutan waktu, urutan kejadian, atau hubungan sebab-akibat. Jalinan berbagai peristiwa, baik secara lurus maupun  secara sebab-akibat membentuk satu kesatuan yangb utuh, padu, dan bulat dalam suatu prosa fiksi.

3. Penokohan
Tokoh cerita adalah orang-orang yang ditampilkan dalam suatu karya naratif. Penokohan adalah pelukisan gambaran yang jelas tentang bagaimana watak tokoh tersebut. Penempatan dan pelukisannya dalam sebuah cerita pun dijelaskan sehingga sanggup memberikan gambaran yang jelas kepada pembaca.

4. Latar
Latar ialah penempatan waktu dan tempat beserta lingkungannya dalam prosa fiksi. Latar terbagi tiga, yaitu sebagai berikut.
  • Latar Tempat yaitu latar tempat mengacu pada lokasi terjadinya peristiwa yang diceritkan dalam karya fiksi.
  • Latar Waktu yaitu berhubungan dengan masalah "kapan" menunjuk pada waktu terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi.
  • Latar Sosial yaitu mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi. 
5. Sudut Pandang
Sudut pandang adalah cara penulis memandang tokoh-tokoh cerita dengan menempatkan dirinya pada posisi tertentu. Umumnya penulis menempatkan diri pada posisi orang ketiga dengan menggunakan kata ganti dia atau orang pertama dengan menggunakan kata ganti orang pertama aku atau saya.

Demikianlah yang dapat admin jelaskan tentang "Cara Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Teks Cerpen (Revisi)" Semoga bermanfaat buat kita semua. Terima kasih


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Teks Cerpen (Revisi)