Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menyajikan Teks Buku Nonfiksi (Revisi)

ilmubindo.com_ Kemarin admin telah membagikan bagaimana cara menyajikan teks buku fiksi. Nah, kali ini admin akan membagikan cara menyajikan teks buku nonfiksi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP. Semoga artikel yang admin bagikan kali dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi tentang bagaimana cara menyajikan teks buku nonfiksi. Berikut adalah langkah-langkah menyajikan teks buku nonfiksi.

1. Menentukan Tema
Pada umumnya, topik atau tema karangan nonfiksi merupakan judul karangan itu sendiri. Hal ini terjadi karena keseluruhan ide karangan yang menjiwai karangan tersebut.

2. Merumuskan Tujuan
Tujuan dalam kegiatan mengarang merupakan faktor yang sangat penting, karena menentukan arah, dan jenis karangan. Arah atau isi karangan nonfiksi sendiri sangat dipengaruhi kadar pengetahuan tentang tema yang dibahas tersebut, sehingga perlu dilakukan pengumpulan bahan dan data, kemudian menganalisisnya dengan saksama.

Cara Menyajikan Teks Buku Nonfiksi (Revisi)
www.ilmubindo.com

3. Mengumpulkan  dan Menganalisis Data
Kualitas data yang dianalisis dan kecermatan penganalisisnya akan sangat mempengaruhi kualitas karangan nonfiksi tersebut, jadi harus dilakukan dengan sangat serius. Pengumpulan data bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya wawancara, membaca buku, survei, diskusi, percobaan, obesrvasi, dan sebagainya.

4. Menyusun Kerangka Karangan
Kerangka karangan adalah susunan pikiran utama yang terstruktur kemudian direalisasikan dalam kalimat-kalimat utama. menyusun kerangka karangan berarti mengorganisasikan ide dan data yang telah kita kumpulkan.

5. Menyusun Paragraf
Susunlah karangan nonfiksi tersebut dengan kaidah paragraf yang baik, berupa satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang bagaimana cara menyajikan teks buku nonfiksi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyajikan Teks Buku Nonfiksi (Revisi)