Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menyajikan Teks Drama dalam Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan bagaimana cara menyajikan teks drama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 revisi. Semoga materi yang admin bagikan ini tentang teks drama dapat membantu rekan guru dan juga peserta didik dalam mencari referensi tentang materi teks drama di kelas 8. Berikut adalah cara menyajikan teks drama.

1. Ciptakan Tokoh Utama
Inti drama adalah dialog dan dialog diucapkan oleh tokoh. Tokoh yang menjadi pusat cerita adalah tokoh utama. Oleh karena itu, langkah pertama adalah menentukan tokoh utama. Tentukanlah nama, watak, dan gaya bicaranya. Dengan begitu, penulis telah menentukan inti yang menjadi nyawa drama itu. 

2. Ciptakan Konflik yang Menjadi Inti Cerita
Tiap cerita digerakkan oleh konflik, termasuk drama. Oleh karena itu, setelah tokoh utama ada, langkah selanjutnya adalah menentukan konflik utama yang terjadi pada tokoh utama tersebut.
 
Cara Menyajikan Teks Drama dalam Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2
www.ilmubindo.com

3. Ciptakan Latar yang Mendukung
Latar yang mendukung akan menghidupkan cerita. Namun, perlu diperhatikan bahwa latar yang penulis ciptakan haruslah memungkinkan untuk diwujudkan dalam panggung.

4. Susunlah Alur
Setelah tokoh, latar, dan konflik terbentuk, susunlah alur yang menyatukan ketiganya. Susunlah alur dengan logis. Tempatkanlah peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain secara cermat. Jangan sampai ada lubang di dalam alur cerita yang akan membuat semuanya tidak masuk akal.

5. Kembangkan Kerangka Menjadi Naskah Drama yang Utuh
Berdasarkan kerangka yang sudah dibuat, kita dapat dengan mudah menyusun naskah drama. Tambahkan penjelasan latar, kata-kata narator, nama tokoh, dan petunjuk lakuan. Naskah drama sudah jadi.

Demikianlah yang dapat admin jelaskan tentang cara menyajikan teks drama dalam Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat kita semua. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menyajikan Teks Drama dalam Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2