Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Lengkap dengan Materi, Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan (Berita)

ilmubindo.com_ Menentukan sebuah isi berita, diperhatikan tema atau permasalahan yang dibahas dan pokok-pokok yang diungkapkan dalam sebuah berita. Penyajian berita tergantung pada penulis berita tersebut memandang dan melihat permasalahan lebih pokok atau inti. Biasanya pada sebuah berita, penulis meletakkan bagian yang pokok/inti yang mau dibahas pada awal sebuah berita.

Dalam dua berita atau lebih, walaupun permasalahan yang diungkapkan sama, tapi bisa saja penulis membedakan penyajiannya. Hal ini karena tergantung pada pola pikiran penulis. Begitu juga dalam mengungkapkan 5W dan 1 H (who, ehy, what, where, when, dan how) atau siapa, mengapa, apa, di mana, kapan, dan bagaimana, tergantung pada pola pikiran penulis karena sudut pandang setiap penulis berbeda. Untuk memahaminya, tentu pembaca harus membaca keseluruhan isi berita tersebut.

Cara cepat menentukan isi berita yaitu isi berita terletak pada bagian awal berita (lead). Kalimat-kalimat berikutnya hanya sebagai pelengkap atau penjelas. 

UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Lengkap dengan Materi, Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan (Berita)
www.ilmubindo.com

Cara cepat mencari perbedaan penyajian berita yaitu semua berita yang dikutip dari media sudah pasti disebuah berita yang baik, yaitu sudah mengandung semua unsur berita. Letak perbedaan unsur pada setiap kalimat berita selalu pada awal kata. Jadi, jangan terkecoh oleh kata-kata berikutnya dalam setiap kalimat berita.

Contoh Soal:
Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal 1 dan 2!

Teks 1
Teks 2
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memulai sertifikasi kesehatan unggas secara bersamaan di berbagai lokasi. Dana sebesar 3 miliar dianggarkan untuk sertifikasi unggas hias ditandai dengan pemeriksaan unggas milik mantan Gubernur DKI di rumah dinasnya.
Setelah burung dan unggas milik mantan Gubernur DKI, Sutiyoso, hari ini giliran burung milik para menteri di Kompleks Widya Chandra akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendapat sertifikasi sehat. Petugas akan mendatangi kediaman Aburizal. Burung yang akan diperiksa adalah burung Nuri kepala hitam.

1. Kesamaan informasi kedua kutipan tersebut adalah ....
A. Dana untuk sertifikasi unggas.
B. Pemeriksaan terhadap kesehatan unggas.
C. Kompleks para menteri mendapat giliran pemeriksaan.
D. Pemerintah DKI Jakarta melakukan pemeriksaan unggas.

Kunci Jawaban: D

Pembahasan >> Informasi adalah keseluruhan keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita tentang sesuatu. Kesamaan informasi dari beberapa teks adalah kesamaan gagasan pokok dari setiap teks itu. Gagasan pokok dapat diidentifikasi lewat kemunculan kata-kata yang sama dari beberapa teks.

2. Perbedaan penyajian teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
siapa, di mana, apa
kapan, bagaimana, apa
B.
siapa, apa, bagaimana
kapan, siapa, apa
C.
apa, siapa, kapan
mengapa, bagaimana, siapa
D.
apa, kapan, apa
mengapa, apa, siapa

Kunci Jawaban: B

Pembahasan >> Pola penyajian berita biasanya berbentuk  5 W + 1 H. Cara mengidentifikasinya adalah menganalisis kata pertama pada setiap awal kalimat berita. Teks 1 diawali kata Pemerintah Provinsi berarti mengandung unsur berita siapa, sedangkan teks 2 diawali kata setelah yang mengandung unsur kapan.

Demikianlah yang dapat admin jelaskan tentang contoh soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Bahasa Indonesia kelas 9. Semoga materi, contoh soal, kunci jawaban, dan pembahasanya dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi ujian nasional tahun ini. Selamat belajar, semoga sukses.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Lengkap dengan Materi, Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan (Berita)