Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menyajikan Teks Cerita Imajinasi : Bahasa Indonesia Kelas 7

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan cara menyajikan teks cerita imajinasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 semester 1. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi tentang bagaimana cara menyajikan teks cerita imajinasi. Nah, berikut adalah cara menyajikan teks cerita imajinasi.
  • Menentukan Ide
Bisanya, ide-ide ini berputar disekitar peristiwa utama, seperti perang atau kematian seseorang. Ajukan pertanyaan-pertanyaan sederhan seperti mengapa, siapa yang melakukannya, kapan, bagaimana, artinya ini akan menjadi plot utama yang akan difokuskan pada peristiwa-peristiwa dalam cerita.
Cara Menyajikan Teks Cerita Imajinasi : Bahasa Indonesia Kelas 7
 www.ilmubindo.com
  • Menciptakan Tokoh
Kerena ini adalah imajinasi (cerita imajinasi), sang tokoh bisa merupakan suatu makhluk selain manusia atau semacamnya.
  • Menentukan Latar
Agar teks cerita imajinasi lebih menarik. Pilihlah latar yang mendukung inti cerita dan putuskan di mana tokoh ciptaanmu itu hidup.
  • Menciptakan Alur
Tentukan peristiwa utama. Rancanglah supaya peristiwa itu dapat dipercaya dalam satu dan lain cara. Peristiwa ini akan mengisi ceritamu dengan perasaan dan rasa kemanusiaan.
  • Mulai Menulis
Buat pembaca tertarik dengan peragraf pertama dan hangatkan mereka di kisahmu yang penuh petualangan yang menarik dan menantang.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara menyajikan teks cerita imajinasi dalam Bahasa Indonesia kelas 7 semester 1. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyajikan Teks Cerita Imajinasi : Bahasa Indonesia Kelas 7