Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks - UNBK SMP 2019



ilmubindo.com_ Teks merupakan wacana tertulis atau bacaan yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Teks atau bacaan terdiri atas beberapa paragraf. Paragraf adalah seperangkat kalimat berkaitan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk mengutarakan atau mengemukakan satu gagasan pokok. Syarat-syarat sebuah paragraf yaitu koheren (berhubungan), kohesif, (padu), dan memiliki satu gagasan utama (pokok).

Setiap paragraf harus memiliki ide pokok. Ide pokok adalah topik yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Ide pokok dalam paragraf berfungsi sebagai pengendali informasi atau merupakan inti informasi. Ide pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama.

Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau diseluruh paragraf. Pada umumnya gagasan utama disampaikan dalam kalimat topik. Jadi, untuk menentukan ide pokok tentukan terlebih dahulu kalimat topik atau kalimat utamanya.


Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks - UNBK SMP 2019
www.ilmubindo.com

Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak ide pokok. Untuk memudahkan menyimpulkan paragraf, kalian harus mencari ide pokok tiap-tiap paragraf. kemudian, kalian merangkai ide pokok tersebut. Selanjutnya, kalian meringkas ide tersebut menjadi satu kalimat.

Contoh Soal UN:
1. Bacalah paragraf berikut!
Kesadaran pedagang terhadap pentingnya menjaga kebersihan di sembilan pasar tradisional di Kota Depok sangat rendah. Data Riset Kebersihan Pasar (RKP) Kota Depok 2017 menunjukkan bahwa tingkat kesadaran pedagang akan kebersihan hanya 20%. Sejumlah pedagang juga didapati sering berprilaku "aji mumpung" dengan membawa semua sampah rumah tangga mereka ke pasar untuk dibuang di sana. Kepala Unit Pelaksana Teknis Pasar Rakyat Cisalak (PRC), Nelson Da Siva Gomes, memaparkan bahwa data yang tengah dihimpun RKP menunjukkan sekira 205 kubik sampah rumah tangga senggaja dibuang di sembilan pasar tradisional di Kota Depok.
 
Gagasan utama  paragraf tersebut adalah ....
A. Kesadaran pedagang tradisional
B. Kesadaran menjaga kebersihan
C. Kebersihan pasar tradisional
D. Kebersihan pasar di Kota Depok

Pembahasan:
Paragraf tersebut membahas kesadaran menjaga kebersihan oleh pedagang pasar tradisional di Kota Depok masih rendah. Gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama paragraf. Jadi, gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada pilihan jawaban B.

Jawaban: B

2. Bacalah paragraf laporan berikut!
1) Kota Jambi hingga kinin masih sering mengalami krisis air bersih. 2) Krisis air bersih tersebut terutama memuncak ketika debit air Sungai Batanghari menurun pada musim kemarau. 3) Penurunan debit air Sungai Batanghari menurun berpengaruh terhadap produksi air bersih PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. 4) Penurunan debit air Sungai Batanghari pada musim kemarau bisa saja diatasi dengan memanfaatkan Danau Sipin Kota Jambi sebagai bahan baku PDAM Tirta Kota Jambi sebagai bahan baku PDAM Tirta Mayang. 5) Danau Sipin yang mempunyai luas sekira 42 ha bisa menjadi waduk alami yang mampu memasok bahan baku air bersih PDAM Tirta Mayang.
 
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

Pembahasan:
Paragraf tersebut membahas kondisi Kota Jambi yang sedang mengalami krisis air bersih. Jadi, kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada pilihan jawaban D.

Jawaban: D
 
3. Bacalah paragraf berikut!
Prestasi olahraga kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk sepanjang sejarah. Dengan perolehan emas terendah sepanjang sejarah keikutsertaannya, Indonesia hanya menempati urutan kelima di bawah tuan rumah, Thailand, Vietnam, dan Singapura. Aliran dana yang tersendat dan koordinasi antara Kempora dan KONI yang lemah dituding sebagai penyebab. Namun, persoalan prestasi olahraga kita lebih mendasar dari itu. Pembinaan atlet usia dini selama ini masih belum menjadi fokus utama. Kempora belum punya rancangan yang matang terhadap pembinaan olahraga di tanah air.
 
Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di SEA Games 2017 buruk karena menempati urutan kelima.
B. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk karena memperoleh emas terendah.
C. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk disebabkan tersendatnya aliran dana, lemahnya koordinasi, dan pembinaan.
D. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk karena Kempora belum punya rancangan yang matang pembinaan olahraga di tanah air.

Pembahasan:
Paragraf tersebut membahas prestasi olahraga kontigen Indonesia yang menurun di ajang SEA Games 2017 Malaysia. Penyebab prestasi yang menurun tersebut adalah aliran dana yang tersendat, lemahnya koordinasi, dan kurangnya pembinaan. Jadi, simpulan yang tepat paragraf tersebut terdapat pada pilihan jawaban C.

Jawaban: C 

4. Bacalah paragraf berikut!
Bagaimanakah cara mencukupi kebutuhan akan sayur-mayur dan variasi gizinya? Pekarangan dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan  tanaman sayur-mayur. Sementara itu, di sisa lahan pekarangan dapat dibuat kolam untuk budidaya ikan. Jadi, sebagian lahan pekarangan digunakan untuk menanam sayur-mayur dan sebagian lainnya digunakan sebagai kolam ikan.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. cara mencukupi kebutuhan akan sayur-mayur dan variasi gizi
B. pemanfaatan pekarangan untuk membudidayakan tanaman sayur-mayur
C. pembuatan kolam untuk budi daya ikan di sisa lahan pekarangan
D. penggunaan lahan pekarangan untuk sayur-mayur dan kolam ikan

Pembahasan:
Paragraf tersebut membahas pemanfaatan lahan pekarangan. Lahan pekarangan dapat digunakan untuk menanam sayur-mayur dan sebagai kolam ikan. Pernyataan tersebut terletak di akhir paragraf sebagai simpulan kalimat-kalimat sebelumnya. Oleh karena itu, gagasan utama paragraf tersebut terletak di akhir paragraf. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

Jawaban: D

5. Bacalah paragraf laporan berikut!
1) Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. 2) Lingkungan hidup ini mencakup benda hidup dan benda mati. 3) Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak, seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. 4) Benda mati, antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. 5) Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, serta tenteram lahir dan batin.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Kalimat 1) mengandung gagasan pokok dalam paragraf tersebut. Kalimat yang mengandung gagasan pokok merupakan kalimat utama. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B, C, dan D merupakan kalimat penjelas dalam paragraf tersebut.

Jawaban: A

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh soal terbaru seputar UN bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks - UNBK SMP 2019

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template