Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Menentukan Informasi Tersurat Teks - UNBK SMP 2019



ilmubindo.com_ Teks mengandung informasi baik tersurat maupun tersirat. Makna tersurat adalah adalah makna tertulis, eksplisit, atau tampk jelas dalam teks bacaan. Dapat pula dikatakan bahwa makna tersurat adalah makna yang secara langsung dinyatakan dalam teks bacaan. Pada sebuah teks untuk menemukan makna dan informasi, kalian harus membacanya dengan saksama. Makna yang terkandung dari sebuah teks dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu makna tersurat dan makna tersirat. Makna tersurat adalah makna yang secara langsung dinyatakan dalam bacaan. Makna tersirat adalah makna yang secara tidak langsung dinyatakan dalam teks. Nah. berikut di bawah ini adalah contoh soal UNBK dengan materi informasi tersurat dalam teks. Semoga materi dan contoh soal yang admin bagikan ini dapat bermanfaat.

UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 (Informasi Tersurat Teks)
www.ilmubindo.com

Contoh Soal UN:
1. Bacalah teks berikut!
Indonesia harus mampu menentukan harga timah dunia. Pasalnya, Indonesia merupakan produsen terbesar timah kedua di dunia. Indonesia menjadi penyumbang ekspor timah terbesar kedua setelah Tiongkok, yakni sekira 70%. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM, Ignasius Jonan, mengatakan bahwa Pemerintah sangat sulit peduli terhadap perdagangan timah sebagai sumber daya alam yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya, menginginkan harga yang wajar, tidak semata-mata dikendalikan oleh perdagangan dunia.
Menteri Jonan menuturkan bahwa keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) sangat penting. Pasalnya, BKDI dapat menjadi acuan harga timah dunia. Tidak hanya itu, BKDI dapat mengurangi perdagangan serta transaksi timah secara ilegal. Keberadaan bursa ini maksimal mungkin dapat menekan kegiatan perdagangan dan transaksi timah secara ilegal.

Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi paragraf pertama bacaan adalah ....
A. Mengapa Indonesia menjadi penyumbang ekspor timah terbesar kedua setelah Tiongkok?
B. Bagaimana cara Pemerintah menurunkan harga timah agar menjadi harga yang wajar?
C. Mengapa Indonesia harus mampu menentukan harga timah dunia?
D. Bagaimana cara Menteri Ignasius Jonan menentukan harga timah dunia di Indonesia?

Pembahasan:
Paragraf pertama bacaan membahas keinginan Pemerintah Indonesia yang disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, untuk menentukan harga timah dunia karena Indonesia merupakan produsen terbesar timah kedua. Jadi, pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf pertama terdapat pada pilihan jawaban C. Kata tanya mengapa berfungsi untuk menanyakan alasan atau penyebab masalah.

Jawaban: C
 
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua bacaan adalah ....
A. Keberadaan Bursa Komoditas dan Deritafatif (BKDI) sangat penting karena lembaga tersebut dapat menentukan harga timah dunia.
B. Keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) sangat penting karena lembaga tersebut dapat menjadi acuan harga timah dunia.
C. Keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) tidak dapat mengurangi transaksi timah secara ilegal.
D. Keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) menimgkatkan transaksi timah secara ilegal.

Pembahasan:
Informasi-informasi yang terdapat dalam paragraf kedua bacaan sebagai berikut.
1) Menteri Jonan menuturkan bahwa keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) sangat penting. 2) Pasalnya, BKDI dapat menjadi acuan harga timah dunia. 3) Tidak hanya itu, BKDI juga dapat mengurangi perdagangan serta transaksi timah secara ilegal. 4) Keberadaan bursa ini semaksimal mungkin dapat menekan kegiatan perdagangan dan transaksi timah secara ilegal.

Jadi, pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua bacaan terdapat pada pilihan jawaban B. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi informasi 2.

Jawaban: B

3.Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!
Sekeping medali emas dari cabang bulu tangkis merupakan oasis menyengarkan di tengah seretnya prestasi atlet Indonesia di arena Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Medali emas yang direbut pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir itu telah mengembalikan tradisi emas cabang bulu tangkis setelah gagal meraih medali pada Olimpiade 2012 London.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Hanya satu emas yang diraih oleh atlet Indonesia di ajang Olimpiade 2016 di Rio Indonesia de Janeiro, yaitu dari cabang bulu tangkis
B. Medali emas yang diperoleh oleh Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir sebagai pengganti medali emas yang gagal di raih pada Olimpiade di London
C. Atlet Indonesia banyak yang gagal meraih medali emas saat Olimpiade 2016 yang diselenggarakan di Rio de Janeiro
D. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memerolah medali emas di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro

Pembahasan:
Jawaban D merupakan informasi tersurat yang terdapat pada kalimat ketiga, sedangkan jawaban A, B, dan C berupa informasi tersirat.

Jawaban: D

4. Bacalah kutipan teks berikut!
Film Tiga Dara, yang diproduksi pada 1956, diputar lagi di bioskop-bioskop sejak 11 Agustus 2016. Film lawas ini pantas menjadi kenangan sepanjang masa. Kita mau mengenang apa atau siapa? Sekian orang mengenang dan mengagumi para pemeran dalam fil itu. Sanjungan kepada sutradara Usmar Ismail tentu tak lupa diberikan lewat tepuk tangan sejenak. Penonton mungkin terkesima melihat busana dan berbagai benda dari masa lalu di sana.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Film Tiga Dara menjadi kenangan sepanjang masa
B. Film Tiga Dara dikagumi oleh banyak penonton
C. Film Tiga Dara disutradarai oleh orang hebat
D. Film Tiga Dara diperankan oleh artis yang terkenal

Pembahasan:
Jawaban A merupakan informasi tersurat yang terdapat pada kalimat pertama

Jawaban: A

5. Bacalah kutipan teks berikut!
Selama ini, masyarakat mengenal sosok Rossa Roslaina Handayani alias Rossa sebagai penyanyi. Namun, siapa sangka ibunda dari Rizky Langit Ramadhan ini juga jago berbisnis. Rossa memilih berinvestasi pada bidang properti. Ia menekuni bisnis jual-beli rumah sejak 2002. Guna melipatgandakan asetnya, Rossa membli rumah di pasar sekunder untuk investasi. Lalu, penyanyi bersuara sopran ini akan menjualnya kembali.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Rossa sekarang beralih profesi menjadi penjual rumah
B. Selain jago menyanyi, Rossa juga jago berbisnis
C. Rossa mempunyai suara yang merdu
D. Rossa seorang penyanyi yang mempunyai anak tunggal

Pembahasan:
Jawaban B merupakan informasi tersurat yang terdapat pada kalimat ketiga, sedangkan jawaban A, C, dan D berupa informasi tersirat.

Jawaban: B

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal menentukan informasi tersurat dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih jelas tentang contoh soal ini. Selama belajar dan semoga apa yang kalian pelajari ini dapat mengantarkan kalian dalam meraih nilai terbaik di UN bahasa Indonesia tahun ini. Selamat belajar dan sukses selalu buat kalian semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Menentukan Informasi Tersurat Teks - UNBK SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /