Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Simpulan Pendapat Pro/Kontra - UNBK SMP 2019



ilmubindo.com_ Simpulan pendapat pro/kontra dapat berupa persetujuan penulis dan ketidaksetujuan penulis terhadap masalah yang dibahas. Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Untuk memudahkan menyimpulkan paragraf, kalian harus mencari ide-ide pokok tiap-tiap paragraf terlebih dahulu. Selanjutnya kalian meringkas ide tersebut menjadi satu kalimat.

Simpulan dapat berupa kalimat tanggapan kritis. Tanggapan kritis merupakan tanggapan (komentar) seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Dalam mengemukakan tanggapan, seseorang harus tajam menganalisis masalah. Selain itu, ia harus peka terhadap masalah yang ada Tanggapan kritis tersebut dapat berupa kritik dukungan pernyataan setuju atau tidak setuju tentang baik buruknya suatu masalah disertai alasan logis. Alasan tersebut harus memberi dukungan atau solusi permasalahan yang dibahas.

UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 (Simpulan Pendapat Pro/Kontra)
www.ilmubindo.com

Pendapat pro disebut tanggapan kritis positif. Pendapat pro berupa persetujuan, dukungan, optimistis, dan pujian. Sebaliknya, pendapat kontra disebut tanggapan kritis negatif. Pendapat kontra berupa penolakan, kritik, pesimistis, dan keprihatinan. Pendapat pro dan kontra dapat disimpulkan.

Contoh Soal UN:
1. Bacalah paragraf berikut.
1) Narkoba sudah ditetapkan sebagai kejahatan luar biasa. 2) Sayangnya, dukungan anggaran terhadap Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai ujung tombak perang terhadap narkoba justru dipotong. 3) Pemotongan ini beralasan untuk efisiensi anggaran. 4) Tahun ini anggaran APBN untuk BNN dipotong dari Rp1,9 triliun menjadi Rp1,3 triliun.

Simpulan berupa ketidaksetujuan penulis berdasarkan paragraf tersebut ditunjukkan angka ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

Pembahasan:
Paragraf tersebut membahas anggaran Badan Narkotika Nasional yang dipotong. Ketidaksetujuan penulis terhadap masalah tersebut terdapat pada kalimat 2). Penulis tidak menyetujui jika anggaran BNN dipotong karena narkoba sudah ditetapkan sebagai kejahatan luar biasa.

Jawaban: C
 
2. Bacalah paragraf berikut.
1) Uni Eropa (EU) dan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengundang mahasiswa di kawasan Asia Tenggara untuk mendaftar program beasiswa SHARE periode keempat. 2) Beasiswa tersebut ditawarkan untuk menempuh studi di perguruan tinggi di wilayah Asia Tenggara atau Eropa selama satu semester selama periode Desember 2017 sampai Agustus 2018. 3) Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama khusus ASEAN dan Uni Eropa. 4) Program beasiswa ini merupakan program yang tepat karena dapat membantu pelajar yang kurang mampu.

Simpulan yang berupa persetujuan penulis dalam paragraf tersebut ditunjukkan angka ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

Pembahasan:
Pernyataan yang menunjukkan persetujuan atau dukungan penulis terdapat pada kalimat 4). Kalimat 4) menunjukkan persetujuan penulis terhadap program beasiswa SHARE. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

Jawaban: A

3. Bacalah ilustrasi berikut!
Penetrasi pasar minuman ala luar negeri mengancam keberadaan minuman tradisional. Kemasan dan strategi pemasaran minuman ala luar negeri lebih manrik. Minuman tradisional kalah bersaing dengan minuman kemasan ala luar negeri. Minuman tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Minuman tradisional tanpa bahan pengawet. Minuman tradisional lebih sehat daripada minuman kemasan ala luar negeri. Sebaliknya, minuman kemasana luar negeri menggunakan bahan pengawet. Minuman tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada minuman kemasan ala luar negeri. Bahannya pun mudah didapatkan.

Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saya setuju mengonsumsi minuman tradisional karena dikemas menarik dan mudah didapatkan di toko-toko
B. Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri karena tidak perlu repot membuat sendiri
C. Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri karena kemasannya lebih menarik dan bergengsi
D. Saya lebih suka mengonsumsi minuman tradisional karena tanpa bahan pengawet dan lebih menyehatkan.

Pembahasan:
Tanggapan positif terdapat pada pilihan jawaban D. Sementara itu, kalimat tanggapan positif pada pilihan jawaban A, C, dan C tidak sesuai dengan ilustrasi tersebut.

Jawaban: D

4. Bacalah ilustrasi berikut!
Sebagian besar remaja selalu mengubah penampilan sereka sesuai dengan perkambangan zaman.Menurut mereka, penampilan adalah nomor satu. Jika kita lihat, remaja Indonesia cenderung mengenakan pakaian modern dan mengikuti gaya berpakaian orang barat. Sebagian besar dari mereka melupakan budaya kita. Bagi mereka berpakaian bukan melindungi tubuh dari panas, dingin, dan gigitan serangga, melainkan terkait dengan status sosial dan identitas.

Kalimat tanggapan negatif berdasarkan ilustrasi tersbut adalah ....
A. Menurut saya, remaja Indonesia dalam berpakaian sudah melupakan budaya kita
B. Menurut saya, remaja Indonesia saat ini suka memburu pakaian impor untuk penampilannya
C. Menurut saya, berpakaian modern sangat cocok untuk remaja Indonesia masa kini
D. Menurut saya, berpakaian modern merupakan salah satu pemborosan

Pembahasan:
Tanggapan negatif berisi keprihatinan dan penolakan. Tanggapan negatif terhadap teks terdapat pada pilihan jawaban A. Sementara itu, kalimat tanggapan negatif pada pilihan jawaban B, C dan D tidak sesuai dengan isi teks.

Jawaban: A

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Simpulan Pendapat Pro/Kontra dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 yang akan mengikuti UN tahun ini contoh soal terbaru seputar Ujian Nasional bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat membantu kalian dalam meraih nilai tertinggi UN bahasa Indonesia. Sukses selalu buat kalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Simpulan Pendapat Pro/Kontra - UNBK SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /