Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Laporan Percobaan dalam Bahasa Indonesia Kelas 9

ilmubindo.com_ Teks Laporan Percobaan adalah teks yang berisi paparan data secara terperinci hasil praktik, pengamatan, dan penelitian. Teks laporan percobaan ditulis berdasarkan percobaan data setelah pengamat selesai melakukan percobaan atau penelitian. Kegiatan percobaan atau penelitian ini digunakan untuk memperoleh pengetahuan dalam bidang ilmu alam, psikologi, dan sosial. Sehingga terbentuklah hasil yang disebut dengan teks laporan percobaan.

Teks laporan percobaan penting untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan dan data yang didapatkan. Teks laporan percobaan juga salah bentuk komunikasi ilmiah secara tidak langsung dengan orang lain. Penulisan teks laporan percobaan harus jelas, lengkap dan tidak bertele-tele atau terlalu banyak basa-basinya agar pembaca memahami isi teks dengan baik. Kejelasan teks laporan percobaan diperlukan dalam pemakaian bahasa, istilah, atau kata-kata mudah dipahami, dicerna, dan dimengerti bagi pembaca.

Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks  Laporan Percobaan dalam Bahasa Indonesia Kelas 9
 www.ilmubindo.com

Ciri-Ciri Laporan Percobaan Sebagai Berikut.
  1. Teks laporan percobaan disusun berdasarkan hasil percobaan, pengamatan, atau penelitian.
  2. Pembahasan masalah teks laporan percobaan dikemukakan secara objektif sesuai realitas yang dapat diuji.
  3. Teks laporan percobaan disusun berdasarkan struktur isi teks secara runtut dan sistematis.
  4. Teks laporan percobaan menggunakan bahasa ragam baku, jelas, komunikatif, dan logis.
  5. Teks laporan percobaan ditulis dengan data lengkap sebagai pendukung laporan.
  6. Teks laporan percobaan dibuat menarik.
  7. Teks laporan percobaan menuntaskan masalah yang dimunculkan secara lengkap.
Dalam melakukan kegiatan percobaan, kalian harus memiliki sikap ilmiah pastinya. Pola berpikir dan bersikap ilmiah akan bermanfaat dalam memecahkan masalah yang ditemui sehari-hari. Adapun sikap-sikap ilmiah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Mampu membedakan antara fakta dan opini.
  2. Memiliki sikap santun dalam mengajukan pertanyaan dan pendapat.
  3. Memiliki dan mengembangkan rasa keingintahuan.
  4. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
  5. Mampu berpendapat secara ilmiah dan kritis.
  6. Memiliki sikap berani mengusulkan perbaikan dan pertanggung jawab terhadap usulan.
  7. Mengembangkan sikap kerja sama, jujur, terhadap fakta, disiplin tekun, dan yang paling utama adalah semangat bekerja.
Teks laporan percobaan dapat disajikan dalam bentuk laporan dan deskripsi. Kedua jenis tersebut hampir memiliki kemiripan pastinya. Jika diperhatikan dengan teliti keduanya memiliki perbedaan dalam penyajianya. Teks laporan disajikan secara sistematis seperti karya ilmiah. Sedangkan teks deksripsi disajikan dengan penggambaran objek yang digambarkan.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Patricia melakukan percobaan terhadap air minum kemasan merek Asera. Percobaan dilakukan dilaboratorium SMP Advent. 1 November 2018. Patricia ingin mengetahui kandungan pemanis buatan pada minuman Asera. Bahan yang diperlukan, antara lain minuman kemasan merek Asera, CaCI₂, NaOH 10%, Kristal BaCI₂, HCL 10%, dan Kristal  NaNo₂. Alatb yang diperlukan yaitu tabung reaksi, corong, pipet tetes, dan kertas penyaring.

Langkah yang dilakukan Patricia yaitu pertama melarutkan minuman kemasan Asera sepucuk sendok CaCI₂. Kemudian, menambah NaOH 10% sampai keadaan larutan bersifat basa. Patricia menuangkan 10 ml larutan tersebut ke dalam tabung reaksi. Kemudian, Patricia menambahkan NaOH 10% sampai keadaan larutan bersifat basa.

Patricia menambahkan sepucuk sendok makan Kristal BaCI₂, lalu mengocoknya. Ia mendiamkan tawuran tersebut selama lima menit. Kemudian, Patricia menyiapkan dua tabung reaksi dan memberi nama A dan B.

Patricia menyaring larutan dan membagi ke dalam tabung reaksi A dan B. Hasil saringan (filtrate) dalam tabung reaksi A sebagai kontrol. Filtrate dalam tabung reaksi B ditambahkan HCI 10% sampai asam dengan pipet tetes. Patricia menambahkan sepucuk sendok kecil Kristal Nano₂ pada tabung reaksi B, lalu mencampurnya. Patricia mengamati perubahan reaksinya. Setelah melakukan percobaan, Patricia menarik simpulan bahwa air minum kemasan Asera mengandung zat pemanis sintetis yaitu siklamat.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan ciri teks laporan percobaan. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat peserta didik dalam mencari referensi pengertian dan ciri teks laporan percobaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 semester satu. Selamat belajar, dan semoga sukses.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Laporan Percobaan dalam Bahasa Indonesia Kelas 9