Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Bagian Teks (Teks Laporan, Eksposisi, Ulasan, Biografi, Prosedur, dan Teks Tanggapan)

ilmubindo.com_ Bahasa Indonesia mengenal beberapa jenis teks. Jenis teks tersebut, antara lain teks laporan, teks eksposisi, teks ulasan, teks biografi, teks prosedur, dan teks tanggapan. Teks-teks tersebut memiliki bagian-bagian tersendiri dalam menentukan ciri khasnya masing-masing. Supaya mempermudah kalian dalam memahani soal-soalnya dalam UNBK maka terlebih dahulu kalian  harus mengetahui pengertian dari teks ini.
  • Teks Laporan
Teks laporan adalah bentuk hasil pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh tersebut kepada pembaca. Oleh karena itu teks laporan dapat pula disamakan dengan teks hasil observasi. Kegiatan observasi atau pengamatan pada dasarnya merupakan kegiatan sehari-hari yang sering kita lakukan.

Teks hasil observasi memiliki struktur atau bagian-bagian. Struktur teks hasil observasi terdiri atas definisi umum (bagian pembuka), deskripsi bagian (bagian isi), dan deskripsi manfaat (bagian penutup). Bagian definisi umum berisi pengertian sesuatu yang yang dibahas. Deskripsi bagian berisi gambaran tentang sesuatu cara secara terperinci. Sementara itu, deksripsi manfaat merupakan bagian yang berisi manfaat atau kegunaan.

UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Bagian Teks (Teks Laporan, Eksposisi, Ulasan, Biografi, Prosedur, dan Teks Tanggapan)
www.ilmubindo.com
  • Teks Eksposisi
Teks eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan dalam karangan. Atau salah satu bentuk tulisan atau keterampilan berbahasa secara efektif yang berusaha menerangkan yang menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut. Pada umumnya teks eskposisi terdiri atas tiga bagian, yakni bagian tesis yang merupakan pendapat atau opini, bagian argumentasi atau alasan yang merupakan isi, dan bagian penegasan ulang yang merupakan bagian penutup.
  • Teks Ulasan
Teks ulasan adalah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai karya sastra. Analisis tersebut berisi tinjauan terhadap isi karya sastra baik buku, cepen, novel, film, drama, maupun puisi. Analisis atau tinjauan tersebut bertujuan mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki karya sastra tersebut. Hasil analisis tersebut ditujukan kepada pembaca atau khalayak ramai. Struktur teks ulasan terdir atas orientasi. tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
  • Teks Biografi
Teks biografi adalah riwayat hidup seseorang yang tulis oleh orang lain. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar  tanggal lahir atau data kematian dan data pekerjaan seseorang. Dalam biografi dijelaskan secara lengkap kehidupan tokoh sejak kanak-kanak sampai tua, bahkan hingga tokoh tersebut meninggal. Semua jasa, karya, dan segala aspek yang dilakukan atau dihasilkan oleh orang tokoh juga dijelaskan.

Teks biografi terdiri atas struktur-struktur utama. Struktur-struktur teks tersebut sebagai berikut.
  1. Orientasi/pengenalan tokoh
  2. Peristiwa dan Masalah
  3. Reorientasi
  • Teks Prosedur
Teks prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas atau metode langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan suatu masalah. Sementara itu, teks cerita prosedur adalah petunjuk yang berisi langkah-langkah dengan tujuan tertentu. Teks prosedur terdiri atas dua aspek, yaitu bentuk dan isi. Bentuk teks dapat diidentifikasi berdasarkan strukturnya. Dengan demikian, struktur merupakan salah satu aspek penting suatu teks, khususnya teks prosedur. Teks prosedur memiliki struktur atau bagian-bagian. Struktur teks prosedur terdir atas tujuan, bahan-bahan perlengkapan, dan langkah-langkah.
  • Teks Tanggapan Kritis
Teks tanggapan kritis adalah karangan berisi tanggapan kritis terhadap masalah. Tanggapan kritis merupakan tanggapan seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Dalam mengemukakan tanggapan kritis, seseorang harus tajam menganalisis masalah. Selain  itu, ia harus peka terhadap masalah yang ada. Tanggapan kritis tersebut dapat berupa kritik dukungan pernyataan atau setuju tidak setuju tentang baik buruknya suatu masalah.
 
Cara berpikir kritis merupakan proses penilaian atau pengambilan keputusan dilakukan secara mandiri dengan memperhatikan keadaan di lingkungan sekitar. Berpikir kritis dapat muncul kapan pun dalam proses penilaian, keputusan, atau penyelesaian masalah secara umum. Teks tanggapan kritis disusun dengan struktur yaitu, resume atau ringkasan dari isi teks yang hendak ditanggapi, deskripsi kelebihan\kekurangan teks, dan judgement berupa penilaian menyeluruh terhadap kualitas teks. 

Contoh Soal.
Bacalah teks berikut!
Setiap tokoh di film "3 Srikandi" mendapatkan porsi penceritaan yang berimbang, tidak ada yang benar-benar menonjol. Tokoh Yana sebagai tokoh yang paling senior dibandingkan dua rekannya berhasil menjadi kakak yang baik untuk adik-adiknya. Sebagai tokoh yang paling muda, tokoh Lilies yang usianya baru 21 tahun, ini sering mencuri perhatian dengan sifat kekanakan, juga logatnya yang medok. Tokoh Lilies pula yang sering membawa nuansa komedi yang mengundang tawa penonton. Penonton akan diajak menikmati latar tahun 1980-an yang ditampilkan dalam "3 Srikandi". Detail-detail, seperti barang-barang, kendaraan, dan pakaian benar-benar dipersiapkan dengan matang sehingga menyerupai keadaan zaman itu. Pengambilan sudut pandang gambar juga sangat mendukung nuansa klasik yang dibangun dalam film ini.

Kutipan teks ulasan tersebut merupakan bagian ....
A. Orientasi
B. Tafsiran
C. Evaluasi
D. Rangkuman

Jawaban: B
Pembahasan_ Kutipan tersebut berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Pengulasan film "3 Srikandi" menyebutkan kelebihan-kelebihan film. Pernyataan tersebut termasuk  ke dalam bagian evaluasi dalam bagian evaluasi dalam teks ulasan. Bagian orientasi berisi pengenalan tentang gambaran umum sebuah karya yang akan diulas, misalnya bagian-bagian dari hasil karya, keunikan, keunggulan, dan kualitas. Bagian rangkuman berisi simpulan dari ulasan terhadap suatu karya. Bagian rangkuman juga memuat komentar penulis tentang kelayakan sebuah karya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Bagian Teks (Teks Laporan, Eksposisi, Ulasan, Biografi, Prosedur, dan Teks Tanggapan)