Materi Dilengkapi Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 (Ringkasan Isi Teks)

ilmubindo.com_  Kali ini admin akan membagikan materi UNBK Bahasa Indonesia kelas 9 lengkap dengan contoh soalnya. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu rekan-rekan guru dan juga peserta didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 tahun 2019. Selamat belajar, semoga apa yang kalian pelajari saat ini dapat bermanfaat buat masa depan kalian. Good Luck.

Ringkasan adalah penyajian bacaan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi  dan sudut pandang pengarang bacaan asli. 

Langkah-langkah membuat ringkasan bacaan sebagai berikut.
  1. Membaca bacaan atau karangan asli untuk mengetahui kesan umum, maksud pengarang, dan sudut pandangnya.
  2. Mencatat gagasan utama setiap paragraf dalam bacaan
  3. Menyusun ringkasan dengan menyusun gagasan utama bacaan menjadi satu paragraf.
  4. Membaca paragraf ringkasan dan memperbaiki atau menyuntingnya jika terdapat kesalahan.
Contoh Soal UN:
1. Bacalah teks berikut!
Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang. Bunga ini mekar pada musim semi. Bunga sakuta dapat terlihat di berbagai tempat di Jepang. Masyarakat Jepang menganggap bunga sakura sebagai simbol penting. Gambar atau lukisan bunga sakura dapat ditemui hampir di semua barang yang ada di Jepang.

Materi Dilengkapi Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 (Ringkasan Isi Teks)
www.ilmubindo.com

Bunga sakura dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Bunga sakura dapat digunakan untuk membuat teh. Bunga sakura yang sudah direndam air garam di manfaatkan untuk acar. Bunga sakura bermanfaat untuk kecantikan kulit karena memiliki kandungan zat melatonin dan antioksidan.

Ringkasan yang tepat bacaan tersebut adalah ....
A. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang dan mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.
B. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang karena gambar atau lukisannya dapat ditemui hampir di semua tempat di Jepang.
C. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan
D. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang karena terlihat di berbagai tempat di Jepang pada musim semi.

Jawaban_ C

Bacaan tersebut membahas bunga sakura. Gagasan pokok paragraf pertama bacaan adalah bunga sakura sebagai bunga nasional Jepang. Gagasan pokok paragraf kedua bacaan adalah bunga sakura dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Jadi, ringkasan yang tepat bacaan tersebut terdapat pada pilihan jawaban C.

2. Bacalah teks berikut!
Karakter adalah kunci keberhasilan individu. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau perilaku manusia tersebut berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat-istiadat.

Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi di rumah dan lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena berguna untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Ringkasan yang tepat untuk teks di atas adalah ....
A. Karakter adalah kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar
B. Pendidikan karakter untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia
C. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial
D. Kunci keberhasilan individu adalah pendidikan karakter

Jawaban_ A

Ringkasan dalam bacaan tersebut dapat dirangkai dari gagasan pokok kedua paragraf. Gagasan pokok paragraf pertama adalah karakter sebagai kunci keberhasilan individu. Gagasan pokok paragraf kedua adalah karakter penting bagi pelajar. Jadi, kunci jawaban yang paling tepat adalah A

3. Perhatikan kutipan teks laporan berikut!
Kehilangan es multitahun ini merupakan masalah kronis di Arktik. Sebab, es di sini membentuk pusat es tahun depan dan merupakan habitat paus, singa laut, dan burung. "Juga berperan mengurangi panas," kata Moon. Jika hanya ada sedikit es yang mengapung di permukaan Arktik, laut berwarna gelap akan menyerap lebih banyak energi matahari.

Simpulan isi teks di atas adalah ....
A. Sedikit es mengapung membuat laut lebih banyak menyerap energi matahari
B. Kehilangan es merupakan masalah kronis di Arktik
C. Es di Arktik merupakan habitat paus, singa laut, dan burung
D. Es berparan mengurangi panas yang ditampung laut saat musim panas

Jawaban_ B

Simpulan isi teks diambil berdasarkan isi kalimat-kalimat dalam teks. Kalimat-kalimat dalam teks di atas bermuara kepada kesimpulan bahwa kehilangan es merupakan masalah kronis di Arktik.

Demikianlah yang dapat admin bagikan, semoga bermafaat. Terima kasih.