Permainan Bahasa Indonesia yang Menyenangkan (Kata Baku dan Tidak Baku)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh permainan Bahasa Indonesia tentang materi kata baku dan tidak baku. Semoga permainan yang admin bagikan ini dapat membantu rekan guru khususnya yang mengajar Bahasa Indonesia pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Permainan ini cukup sederhana saja, cukup siswa ditugaskan untuk mencari sembilan kata baku yang terdapat dalam kolom yang telah admin sediakan di bawah ini. Siswa yang paling cepat menemukan dan jawabannya benar adalah pemenangnya. Selebihnya admin serahkan sama rekan guru sekalian. Selamat bermain semoga menghibur. 

Pertanyaan:
Carilah sembilan kata baku dalam kotak asah-asuh berikut baik secara mendatar maupun menurun!

R
K
U
A
L
I
T
A
S
T
S
S
U
T
P
E
X
E
V
B
A
I
R
A
O
O
G
K
K
E
E
U
E
S
S
P
T
A
S
N
I
I
E
A
T
V
Q
E
L
A
I
A
A
A
O
M
N
T
K
I
I
K
A
T
U
P
Z
T
A
K
S
I
A
L
D
E
M
Y
L
G
H
A
N
A
R
K
I
H
E
M
N
P
S
I
S
T
E
M
I
A
X
Q
M
I
A
W
E
S
C
H

Jika kalian telah menemukan sembilan kata baku yang terdapat dalam kotak asah-asuh di atas, maka tugas kalian selanjutnya adalah membuat dalam kalimat kata yang telah kalian temukan tadi. 

Permainan Bahasa Indonesia yang Menyenangkan  (Kata Baku dan Tidak Baku)
 www.ilmubindo.com

Contoh Jawaban:
Aku di suruh ibu membelikan adik obat cacing di apotek Medika Farma dekat rumah kami.

Kata baku yang terdapat kalimat di atas adalah kata apotek.

Selamat bermain semoga menghibur dan menambah wawasan peserta didik dalam mengetahui kata baku dengan cara bermain dan menyenangkan. Salam sukses buat rekan guru semua, semoga peserta didik kita tetap bersemangat dan senang dengan apa yang kita ajarkan. Terima kasih.