Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Cara Menyimpulkan Isi Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan cara menyimpulkan isi teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang cara menyimpulkan isi teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami cara menyimpulkan isi teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Cara Menyimpulkan Isi Teks Diskusi
www.ilmubindo.com

Teks diskusi hampir sama dengan laporan diskusi. Perbedaannya, teks diskusi hanya berisi struktur pokok diskusi yang terdiri atas isu, argumen atau pendapat, dan simpulan atau konklusi. Laporan diskusi lebih lengkap karena memuat masalah yang dibahas dalam diskusi, waktu, dan tempat diskusi, peserta dan pemimpin diskusi, serta hasil diskusi.

Teks diskusi merupakan teks yang mengemukakan sebuah masalah atau isu atau memberikan paling tidak dua sudut pandang isu tersebut. Terakhir, teks diskusi memberikan kesimpulan atau rekomendasi terhadap isu yang dikemukakan. Pengertian lain teks diskusi adalah teks yang memaparkan dua pendapat bertolak belakang dalam menanggapi masalah. Teks diskusi disampaikan secara argumentatif pemikiran logis dan bahasa efektif.

Dalam diskusi muncul pendapat dan tanggapan dari peserta diskusi. Tanggapan tersebut dapat berupa sanggahan atau pun persetujuan. Sanggahan tersebut harus dikemukakan dengan sopan dan disertai dengan alasan logis (masuk akal).

Aspek-aspek yang harus diperhatikan untuk mengemukakan tanggapan berupa penolakan seperti berikut.
  1. Mengemukakan pendapat dengan bahasa baik dan dilandasi dengan alasan logis.
  2. Jika menolak suatu pendapat, yang ditolak adalah pendapat bukan orang yang mengemukakan pendapat.
  3. Menghilangkan rasa sentimen, rasa kurang senang, dan rasa jengkel terhadap orang yang mengemukakan pendapat.
  4. Tidak mencemooh, menghina, atau menyinggung perasaan.
  5. Menunjukkan bagian yang terdapat kelemahan atau kesalahan sehingga peserta diskusi puas.
  6. Mengemukakan penolakan pendapat melalui moderator.
Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam mengemukakan pendapat berupa persetujuan pendapat sebagai berikut.
  1. Persetujuan dikemukakan dengan menggunakan bahasa baik dan benar.
  2. Persetujuan didukung dengan bukti atau keterangan logis dan jelas.
  3. Komentar yang melengkapi persetujuan hendaknya tidak berlebihan.
  4. Persetujuan diberikan secara objektif disertai dengan fakta konkret.
  5. Kalimat yang digunakan harus mudah diterima dan tidak berbelit-belit.
Contoh Teks Diskusi
Pengaruh Teknologi

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan bermunculannya alat elektronik seperti smartphone, tablet, hingga music player. Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini, terjadi beberapa pengaruh dan dampak yang dirasakan oleh banyak orang khususnya remaja.

Contoh teknologi yang sekarang ini menjadi primadona di kalangan remaja adalah smartphone. Remaja umumnya menyukai smarphone karena penggunaannya yang praktis dan multifungsi, penggunaan smartphone juga dapat memudahkan aktivitas para remaja. Selain itu smartphone memiliki bentuk dan ukuran yang relatif kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Namun, teknologi yang kita kenal dan tengah akrab di sekitar kita ternyata juga memiliki pengaruh positif dan pengaruh negatif. Sebagai contoh jika para remaja terlalu sering menggunakan teknologi maka hal ini akan menimbulkan rasa ketergantungan dan kecanduan seolah mereka tidak bisa hidup tanpa teknologi.

Akhirnya mereka akan jauh lebih mementingkan teknologi yang mereka miliki dibandingkan belajar dan menutut ilmu ilmu. Namun, disamping dampak negatif, terseliplah dampak positif teknologi, yakni dengan menggunakan teknologi seperti smartphone untuk mengerjakan tugas, mencari materi di internet, dan saling berkomunikasi yang ada untuk hal-hal yang positif dan baik.

Hasil Simpulan

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan bermunculannya alat elektronik seperti smartphone, tablet, hingga music player. Contoh teknologi yang sekarang ini menjadi primadona di kalangan remaja adalah smartphone. Namun, teknologi yang kita kenal dan tengah akrab di sekitar kita ternyata juga memiliki pengaruh positif dan pengaruh negatif. Akhirnya mereka akan jauh lebih mementingkan teknologi yang mereka miliki dibandingkan belajar dan menutut ilmu ilmu.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang ara menyimpulkan isi teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menyimpulkan Isi Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /