Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Cara Menyimpulkan dan Meringkas Isi Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia SMP Revisi



ilmubindo.com_  Kali ini admin akan membagikan cara menyimpulkan dan meringkas isi teks tanggapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang bagaimana cara meringkas dan menyimpulkan sebuah teks, khususnya teks tanggapan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Cara Menyimpulkan dan Meringkas Isi Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia SMP Revisi
www.ilmubindo.com

Teks tanggapan terdiri atas beberapa paragraf. Teks tanggapan kritis dapat diringkas menjadi satu paragraf . Meringkas adalah kegiatan memperpendek teks atau mengambil inti sari teks. Ringkasan merupakan penyajian singkat suatu teks dengan kalimat sendiri. Kejelasan urutan teks dan pokok-pokok is teks perlu diperhatikan saat meringkas.

Berikut cara meringkas teks tanggapan:
1. Bacalah teks tanggapan secara menyeluruh.
2. Catatlah ide-ide pokok setiap paragraf teks tanggapan.
3. Kembangkan ide-ide pokok tersebut menjadi kalimat.
4. Kalimat disusun dalam bentuk baru dan berbeda dengan kalimat dalam teks sebelumnya.
5. Buatlah ringkasan teks tanggapan dimulai dengan pendapat berisi kelebihan atau kekurangan dari pokok bahasan, serta penilaian menyeluruh terhadap masalah dalam teks tanggapan.
 
Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian yang berupa informasi. Simpulan bisa didefinisikan sebagai ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. simpulan dapat diketahui berdasarkan gagasan pokok. Hal utama yang harus dilakukan untuk mengidentifikasi informasi penting dalam teks tanggapan adalah dengan membaca intensif. Setelah mendapatkan informasi dalam teks tanggapan, kalian dapat menyimpulkan teks tersebut secara keseluruhan dengan memahami gagasan pokok setiap paragraf.
 
Menyimpulkan isi teks tanggapan sangat mudah dilakukan jika kita mengetahui cara dan langkahnya. 
 
Berikut ini adalah cara menyimpulkan isi teks tanggapan.

1. Membaca Paragraf dengan Saksama
Jika kita akan menyimpulkan teks tanggapan, sebaiknya kita mengerti isi teks tersebut terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membaca seluruh teks dengan saksama dengan cermat.

2. Menentukan kalimat utama atau kalimat pokok setiap paragraf
Setelah membaca teks tanggapan tersebut, tentukanlah kalimat utamanya. Dengan menentukan kalimat utama, kita dapat menyimpulkan isi suatu paragraf.

3. Membuat simpulan
Setelah menentukan inti paragraf, susunlah kalimat dengan baik agar dapat menjadi sebuah simpulan yang benar. Untuk membuat suatu simpulan yang baik dan dapat dimengerti, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
- Simpulan merupakan hasil analisis dari paragraf yang sudah dibaca.
- Simpulan harus menggambarkan isi dari paragraf.
- Simpulan hanya berisi hal-hal yang terdapat dalam paragraf.
 
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara menyimpulkan dan meringkas isi teks tanggapan. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah, khususnya materi teks tanggapan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyimpulkan dan Meringkas Isi Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia SMP Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /