Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Jenis-Jenis Kalimat Tanggapan | Bahasa Indonesia SMP 2019



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi jenis-jenis kalimat tanggapan dalam Bahasa Indonesia teks tanggapan. Semoga materi kali ini dapat membantu rekan guru dan juga peserta didik dalam memahami lebih dalam mengenai jenis-jenis kalimat dalam teks tanggapan. Kalimat tanggapan dapat dibagi dalam beberapa jenis. Jenis-jenis kalimat tanggapan yaitu kritik, pujian, sanggahan, penolakan, dan persetujuan. Paparan lebih lanjut tentang materi tersebut sebagai berikut.

Jenis-Jenis Kalimat Tanggapan | Bahasa Indonesia SMP 2019
 www.ilmubindo.com
Kritik adalah suatu pernyataan kecaman atau tanggapan, yang sering diuraikan dengan uraian dan pertimbangan baik dan buruknya suatu kebijakan, karya, pendapat, atau penampilan seseorang.
Contoh:
Orang tua hendaknya jangan melepas begitu saja anak-anak mereka. Orang tua harus mendampingi putra-putrinya dalam menonton acara televisi. Saat ini banyak tanyangan televisi yang tidak patut ditonton apalagi dicontoh oleh generasi muda.
 
Pujian adalah suatu pernyataan pengakuan dan penghargaan yang diutarakan suatu kebaikan atau keunggulan atau hasil yang spektakuler terhadap sesuatu.
Contoh:
Kami bangga padamu. Meskipun memiliki keterbatasan ekonomi, kamu berhasil lulus dengan predikat baik. Kamu contoh perjuangan anak bangsa. Jika kita berusaha, semuanya bisa dicapai.
Sanggahan adalah suatu pengungkapan ketidaksetujuan terhadap suatu masalah atau pembicaraan.
Contoh:
Pada dasarnya saya setuju dengan pendapat saudara. Lebih bijaksana jika kenaikan harga BBM ditunda terlebih dahulu hingga ditemukan waktu pas untuk menaikkan harganya.
Penolakan adalah suatu pernyataan yang menunjukkan ketidaksetujuan, kurang setuju, kurang sependapat, atau membantah dalam suatu hal.
Contoh:
Saya kurang sependapat dengan yang Anda sampaikan karena wirausaha memerlukan modal, bukan hanya kemauan.
Persetujuan adalah suatu pernyataan yang menunjukkan kesetujuan dalam suatu hal.
Contoh:
Saya sependapat bahwa motivasi berasal dari diri sendiri dan didukung oleh dorongan orang-orang sekitar.
Demikianlah yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis-Jenis Kalimat Tanggapan | Bahasa Indonesia SMP 2019

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template