Contoh Soal Menentukan Bagian Teks - UNBK SMP 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal standar kompetensi menentukan bagian teks yang telah disesuaikan dengan kisi-kisi ujian nasional tahun 2019. Semoga soal kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari soal-soal referensi ujian nasional tentang menentukan bagian teks. Berikut adalah contoh soalnya.

1. Perhatikan teks berikut!
Banyuwangi memang fenomenal di bidang wisata. Banyak sekali destinasi wisata yang ditawarkan di kabupaten yang luasnya 5.782,50 km². Asal tahu saja, kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Pulau Jawa. Bahkan luasnya melebihi luas Pulau Bali. Letaknya yang berhadapan langsung dengan Pulau Bali menjadikan kota Banyuwangi merupakan pintu utama menuju Pulau Bali melalui Pelabuhan Ketapang. Banyuwangi memiliki bandara udara Belimbing  Sari yang memiliki jalur penerbangan Denpasar.

Struktur teks laporan tersebut adalah ....
A. deskripsi manfaat
B. deskripsi bagian
C. definisi bagian
D. definisi umum

Contoh Soal Menentukan Bagian Teks - UNBK SMP 2019
 www.ilmubindo.com

2.  Bacalah teks berikut!
Jika ketagihan akan sesuatu hal, seperti belanja, makan, games, menimbulkan masalah sesudahnya, Anda mulai perlu mengontrol diri. Kontrol pikiran menjadi solusi ampuh untuk mengatasi berbagai masalah ini. Pikiran menjadi sumber utama dan dengan berpuasa lima menit, Anda dapat menahan diri dari segala godaan yang datang.

Struktur teks eksposisi tersebut adalah ....
A. tesis
B. deksripsi
C. argumentasi
D. penegasan ulang

3. Bacalah teks berikut!
Film "Tiga Dara" yang diproduksi pada 1956, diputar lagi dibioskop sejak 11 Agustus 2016. Film lawas ini pantas menjadi kenangan sepanjang masa. Kita mau mengenang apa atau siapa? Sekian orang mengenang dan mengagumi para pemeran dalam film itu. Sanjungan kepada sutradara Usmar Ismail tentu tak lupa diberikan lewat tepuk tangan sejenak. Penonton mungkin terkesima melihat busana dan berbagai benda dari masa lalu di sana.

Struktur teks ulasan tersebut adalah ....
A. rangkuman
B. evaluasi
C. tafsiran
D. orientasi

4. Bacalah kutipan teks tersebut!
Bahan:
1 cup susu kental manis
1 cup susu cair UHT
4 cup air
2,5 gr bubuk agar-agar
Garam secukupnya
Selai cokelat
Kacang tanah sangrai, potong kecil

Struktur teks prosedur tersebut adalah ....
A. penutup
B. bahan-bahan dan alat
C. langkah-langkah
D. tujuan

5. Bacalah teks berikut!
Sebaiknya kita sebagai orang tua mengawasi atau memantau penggunaan ponsel pintar yang dipakai oleh anak-anak di bawah umur, sehingga tidak akan sampai terjadi hal-hal yang berdampak negatif pada anak-anak di bawah umur. Justru sebaliknya, penggunaan telepon genggam tersebut harus dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak di bawah umur tersebut.

Struktur teks tanggapan tersebut adalah ....
A. orientasi
B. evaluasi
C. deskripsi teks
D. Penegasan ulang

6. Bacalah teks berikut!
Aceh Singkil merupakan daerah yang kaya dengan potensi wisata. Apalagi, daerah ini memiliki tiga lokasi suaka alam yang potensial menjadi objek wisata alam, yakni Suaka Margasatwa Rawa Singkil, Taman Wisata Alam Laut Pulau Banyak, dan Taman Wisata Alam Pulau Banyak.

Struktur teks tersebut adalah ....
A. deskripsi manfaat
B. definisi umum
C. deskripsi penjelas
D. deskripsi bagian

7.  Bacalah teks berikut!
Kementerian Ketegakerjaan RI (Kemenaker) menandatangani kerja sama lintas kementerian dan pameran kesempatan kerja (job fair). Langkah tersebut dilakukan untuk mewujudkan terget dua juta penempatan tenaga kerja Indonesia setiap tahunnya.

Struktur teks eksposisi tersebut adalah ....
A. tesis
B. argumentasi
C. definisi umum
D. penegasan ulang

8. Bacalah teks berikut!
Sukarno (35) menghabiskan hari-harinya dengan baju basah dan naik turun Kali Senatah. Kali kecil di Kecematan Ngagoyoso, Karangganjar, Jawa Tengah, itu menjadi pusat perhatian Sukarno dalam enak tahun terakhir. Ayah dua putri itu mengurus Senatah setelah ada tantangan dari teman-temannya sesama penggiat lingkungan hidup. Karno, demikian ia disapa, memang bertahun-tahun aktif sebagai penggiat lingkungan hidup dengan konsentrasi pada ekosistem sungai.

Struktur teks biografi tersebut adalah ....
A. evaluasi
B. reorientasi
C. peristiwa dan masalah
D. orientasi

9. Bacalah teks berikut!
Ketika Anda merasa tubuh tidak sehat dan stamina berkurang, jangan langsung minum obat-obatan. Akan tetapi lebih baik jika Anda mencoba pengobatan herbal, yaitu dengan bahan-bahan alami, seperti sayur dan buah. Anda bisa mengonsumsinya dengan dibuat jus atau smoothie.

Struktur teks prosedur tersebut adalah ....
A. penutup
B. langkah-langkah
C. bahan-bahan dan alat
D. tujuan

10. Bacalah teks berikut!
Peneliti Jerman telah menemukan bahwa gula yang kita konsumsi sehari-hari memunyai efek yang kuat terhadap otak. Mereka menggungkapkan bahwa otak akan kembali aktif mengambil gula dari aliran darah. Ini sekaligus memutarbalikkan asumsi yang telah lama beredar bahwa ini proses yang murni pasif.

Struktur teks tanggapan tersebut adalah ....
A. orientasi
B. penegasan ulang
C. deksripsi teks
D. evaluasi

Kunci Jawaban:
  1. D
  2. A
  3. D
  4. C
  5. D
  6. B
  7. A
  8. D
  9. D
  10. D